Harmony Blog

Jenis Jenis Pasar dalam Bisnis yang Perlu Anda Ketahui

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

jenis jenis pasarPin

Jika merujuk pengertian pasar secara umum, yaitu sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli, maka Anda akan tahu jenis jenis pasar seperti tradisional dan pasar modern. Jenis jenis pasar memang bisa diklasifikasikan dari sudut pandang yang berbeda.

Misalnya dari jenis produk yang dijual, keberadaan toko, lokasi, persaingan bisnis, dan lain sebagainya. Dalam persaingan bisnis, jenis jenis pasar bisa diklasifikasikan menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Berikut ini, akan dibahas mengenai jenis jenis pasar tersebut.

Pasar adalah sebuah situasi yang memungkinkan agar penjual dan pembeli bisa bertemu dan melakukan transaksi.

Pasar Persaingan Sempurna

Jenis jenis pasar pertama yang perlu Anda tahu dalam persaingan bisnis adalah pasar persaingan sempurna. Secara umum, pasar adalah sebuah situasi yang memungkinkan agar penjual dan pembeli bisa bertemu dan melakukan transaksi.

Namun, untuk jenis pasar persaingan sempurna, tidak hanya terdapat satu penjual yang menjual produk dengan merek tertentu. Artinya, di pasar ini ada banyak pedagang yang menjual produk dengan merek yang sama.

Ciri dari pasar persaingan sempurna, antara lain keberadaan beberapa pedagang yang menjual produk dengan merek sama, serta adanya harga jual produk yang sama dari setiap pedagang. Harga telah ditentukan sesuai kesepakatan sehingga para pedagang akan menjual produk serupa dengan harga yang sama. Dengan demikian, maka tidak akan kecemburuan yang terjadi di antara para pedagang.

Baca Juga : Pemasaran Langsung dan Contohnya

Dari keberadaan tersebut, maka bisa dipastikan kualitas pelayanan sangat diperlukan dalam konsep penjualan dan konsep pemasaran. Pasar persaingan sempurna tidak hanya ada dalam pasar nyata dalam satu lokasi saja. Dalam pasar tidak nyata seperti perdagangan secara online, pasar perdagangan sempurna mungkin terjadi ketika para pedagang menjual produk dari distributor atau produsen yang sama. Biasanya, produsen telah mematok harga yang harus dijual, sehingga meskipun dijual oleh pedagang dari lokasi yang berbeda, harga jual akan tetap sama.

Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Selain pasar persaingan sempurna, ada juga jenis jenis pasar persaingan tidak sempurna. Pasar ini merupakan kondisi pasar ketika hanya ada satu penjual dan banyak pembeli. Perbedaaan pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna yang paling mencolok bisa Anda lihat dari jenis barang dan harga jualnya. Pada pasar ini, para penjual dapat dengan bebas menentukan harga produk dan produk-produk yang diperjualbelikan oleh seorang pedagang bisa sangat beragam.

Pasar persaingan tidak sempurna memiliki 2 bentuk, jika ditinjau dari keberadaan pedagang dan produk yang dijual. Kedua bentuk pasar persaingan tidak sempurna tersebut antara lain pasar monopoli dan pasar oligopoli.

1. Jenis Pasar Monopoli

Pasar monopoli merupakan jenis pasar persaingan tidak sempurna yang terjadi ketika kondisi suatu pasar memungkinkan seluruh penawaran terhadap sebuah barang pada pasar yang telah dikuasai oleh salah seorang penjual atau sejumlah penjual tertentu. Ciri-ciri dari pasar monopoli adalah keputusan harga ditentukan oleh 1 penjual, tidak ada penjual lain sebagai kompetitor, dan tidak ada campur tangan pemerintah atau undang-undang yang mengatur praktik pasar ini.

Adanya praktik pasar monopoli memungkinkan keuntungan yang diperoleh penjual relatif tinggi. Namun, di Indonesia saat ini telah mengatur dengan tegas praktik pasar monopoli, bahkan untuk produk yang menguasai hajat hidup masyarakat umum telah diatur tersendiri oleh pemerintah. Beberapa perusahaan yang terjun dalam praktik pasar monopoli misalnya PT. KAI, PLN, PDAM, dan Pertamina yang telah diatur secara khusus oleh negara.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

2. Jenis Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli merupakan jenis pasar persaingan tidak sempurna yang terjadi ketika beberapa penjual yang menjual suatu barang produk serupa. Dampak dari kondisi tersebut adalah penjual yang satu dengan yang lainnya dapat memengaruhi harga. Beberapa contoh praktik pasar oligopoli yaitu perusahaan rokok, perusahaan menjual mobil, perusahaan semen, dan industri telekomunikasi.

Secara umum ciri-ciri dari pasar oligopoli adalah hanya terdapat sedikit penjual saja dan keputusan salah satu penjual dapat mempengaruhi penjual lainnya. Berbeda dengan pasar monopoli yang memungkinkan tidak ada peluang untuk masuk dan bersaing, pada pasar oligopoli kemungkinan untuk bersaing masih terbuka meskipun sangat sulit untuk menggeser para pendahulu.

Informasi dari jenis jenis pasar tersebut sangat penting bagi Anda yang ingin bergelut untuk persaingan pasar. Untuk keberhasilan usaha Anda, pastikan Anda menggunakan software akuntansi Harmony yang akan sangat berguna dalam mengelola dan memonitoring siklus keuangan usaha Anda. Software Akuntansi Harmony bisa Anda nikmati GRATIS selama 30 Hari, dengan klik di sini.  Dapatkan juga beragam info terupdate dan menarik seputar finansial lewat akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony. 

Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK