Harmony Blog

Jenis Jenis e-Katalog, Manfaat dan Kelebihannya Untuk Bisnis Digital

Diposting Apr 28th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

e-KatalogPin

Sekarang ini e-katalog memang terkenal ya karena cukup banyak perusahaan yang menggunakan e-katalog ini. Tapi, apakah sebenarnya Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan e-katalog? Jenis-jenisnya, apa saja manfaatnya dan juga kelebihannya untuk bisnis digital? Nah, jika Anda ingin mengetahui semuanya itu maka bisa membaca penjelasan kali ini hingga selesai ya.

Jejaring sosial memang lebih banyak dipilih oleh masyarakat karena memang jangkauannya yang lebih luas ke masyarakat, termasuk untuk katalog. Yang dimana orang-orang lebih memilih untuk menggunakan e-katalog sebagai salah satu media promosi dan juga strategi pemasaran produk yang digunakan oleh bisnis online marketplace.

Dengan e-katalog, barang, harga dan promo akan selalu update sehingga memberikan informasi terkini untuk para konsumen.Click to Tweet

Pengertian e-Katalog

e-katalog adalah daftar berbagai produk atau barang dan bahkan jasa yang umumnya diperjualbelikan oleh suatu perusahaan ke para pembeli, perusahaan lain ataupun end user. Katalog digital ini merupakan salah satu strategi promosi marketplace yang memiliki beragam jenis.

Pada mulanya, daftar produk digital ini digunakan untuk media promosi saja atau memberikan informasi kepada masyarakat luas mengenai suatu toko yang menjual berbagai macam barang-barang. Namun, kini media promosi digital ini juga digunakan sebagai media pemberitahuan ke masyarakat luas jika toko sedang memberikan berbagai promosi.

Jenis-Jenis e-Katalog

Jenis-jenis dari e-katalog adalah:

  1. Katalog Digital Nasional

    Jenis katalog ini disusun dan juga dikelola oleh Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Jenis katalog digital ini biasanya berisi tentang pengadaan berbagai barang untuk fasilitas negara. Contoh e-katalog nasional yaitu jasa pengerjaan konstruksi, seragam sekolah, buku-buku sekolah dan lain sebagainya.

  2. Katalog Digital Sektoral

    Ruang lingkupnya lebih kecil dari daftar produk digital secara nasional dan disusun oleh Kementerian. Contoh e-katalog sektoral yaitu alat perkebunan, alat pertanian, alat nelayan dan lain sebagainya.

  3. Katalog Digital Daerah

    Katalog yang menyediakan berbagai barang dan jasa dengan ruang lingkup yang tentunya lebih kecil lagi.

  4. Katalog Digital Swasta

    Ada 2 kelompok dari media promosi digital swasta ini, yaitu untuk konsumen dan untuk bisnis sebagai media promosi karena berisikan berbagai informasi mengenai barang yang dijualnya.

    Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis dan contoh e-katalog.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Manfaat dan Kelebihannya Untuk Bisnis Digital

Media promosi digital ini bukanlah semata-mata hanya untuk pamer kemajuan perusahaan, tapi kegunaan e-katalog adalah salah satu media yang banyak menguntungkan perusahaan mengingat biaya pembuatannya yang cenderung lebih sedikit jika dibandingkan dengan katalog konvensional. Berikut ini manfaat dari media promosi digital yaitu:

Jenis-jenis e-katalogPin

  1. Lebih Mudah Diakses Berbagai Pihak

    e-katalog lebih mudah untuk diakses karena bisa menghemat waktu konsumen dalam menentukan manakah barang yang memang konsumen butuhkan sehingga konsumen pun akan melakukan pembelian.

    Konsumen juga dapat membandingkan harga dari toko yang satu ke toko yang lainnya, ini terjadi karena media promosi digital ini dapat diakses hanya dengan menggunakan gadget yang dimiliki konsumen.

  2. Selalu Update

    Katalog yang menggunakan kertas memang hanya berlaku pada waktu yang tertera di katalog saja. Tapi dengan media promosi digital ini, barang, harga dan promo akan selalu update sehingga memberikan informasi terkini untuk para konsumen.

  3. Informasi Barang dan Jasa Lebih Transparan

    Karena media promosi digital ini akan selalu update mengenai informasi, sehingga berbagai informasi mengenai barang pun akan jauh lebih transparan. Karena di katalog cetak kemungkinan kesalahan cetak mengenai harga juga akan lebih tinggi.

  4. Lebih Efektif Meningkatkan Performa Pengadaan Barang

    Pengadaan barang akan jauh lebih cepat karena media promosi digital ini bisa lebih menghemat waktu. Dengan itu, menjadikan produktivitas juga meningkat.

Demikian penjelasan mengenai e-katalog, mulai dari jenis-jenis, manfaat dan kelebihannya. Tingkatkan pengelolaan e-commerce produk Anda dengan Software Akuntansi Harmony berbasis cloud. Software Akuntansi Harmony didukung fitur manajemen e-commerce yang relevan dengan bisnis retail dan toko online di era digital.

Membuat laporan keuangan dan pembukuan e-commerce semakin mudah, praktis, dan sistematis. Pembukuan dan siklus keuangan bisnis Anda menjadi lebih terkontrol dan mudah dimonitoring kapan saja dan di mana saja. Ayo, apalagi yang Anda tunggu, coba buktikan kemudahannya klik di sini sekarang GRATIS trial 30 Hari.

Untuk info lebih lengkap, silakan ikuti terus akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony