Harmony Blog

Intrapreneurship : Kenali Karakteristik dan Alasan Pentingnya Untuk Perusahaan

Diposting Jun 29th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

IntrapreneurshipPin

Di era digital pengelola bisnis harus mampu menciptakan keunggulan kompetitif, dan harus dapat berinovasi. Intrapreneurship adalah sebuah strategi untuk menstimulasi inovasi dengan memanfaatkan bakat-bakat kewirausahaan dengan lebih baik.

Intrapreneurship merupakan suatu strategi bisnis yang efektif untuk diterapkan, bukan hanya mengembangkan perusahaan, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas karyawan.Click to Tweet

Intrapreneurship ini akan memotivasi setiap pekerja untuk berinovasi dan menjadi proaktif untuk mencapai suatu hal yang diinginkan.

Maka perlu bagi Anda sebagai pebisnis untuk memahami pengertian intrapreneurship di dalam sebuah organisasi Anda. Berikut akan kami jelaskan dalam artikel ini mengenai apa itu intrapreneurship, kenali karakteristik dan alasan pentingnya intrapreneurship bagi sebuah perusahaan.

Apa itu Intrapreneurship?

Dengan adanya intrapreneurship tentu mampu memotivasi karyawan agar dapat berinovasi dan juga menjadi lebih proaktif dalam mencapai hal yang ingin tuju.

Apa itu intrapreneurshipPin

Menurut Business News Daily, pengertian intrapreneur adalah suatu sistem yang mana terdapat dalam sebuah perusahaan yang dapat mendorong para karyawan agar bisa menjadi entrepreneur di dalam ruang lingkup pekerjaanya.

Dengan menerapkan intrapreneurship di dalam sebuah perusahaan Anda, maka pihak manajemen operasi sebuah perusahaan sudah tidak perlu khawatir dengan adanya kegagalan. Sebab semuanya akan ditanggung oleh perusahaan itu sendiri.

Hal tersebut tentunya akan membuat setiap karyawan akan merasa termotivasi dalam melakukan inovasi baru dan meningkatkan kualitas produk maupun pelayanan di dalam sebuah perusahaannya.

Apa Alasan Pentingnya Bagi Perusahaan?

Bagi seorang pebisnis, tentu Anda harus mengetahui apa pentingnya intrapreneurship dalam sebuah perusahaan. Berikut akan dijelaskan pada poin di bawah ini:

  1. Meningkatkan Hubungan dengan Karyawan

    Dengan Anda menerapkan intrapreneurship maka dapat memungkinkan manajemen perusahaan untuk meningkatkan kekuatan hubungan dengan karyawan.
    Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Hal tersebut dapat terjadi karena sistem ini mampu memberikan kebebasan pada setiap karyawan untuk lebih berinisiatif dan juga bertanggung jawab atas suatu proyek yang dikerjakannya.

  2. Dapat Memaksimalkan SDM

    Jika Anda melakukan hal tersebut, maka para karyawan Anda akan memiliki kesempatan kerja yang lebih maksimal dan juga terdorong untuk mampu memberikan yang terbaik pada sebuah tempat kerja nya.

  3. Semakin Tumbuhnya Inovasi Baru

    Agar bisnis dapat terus berkembang, tentunya Anda harus memulai langkah tersebut dengan memiliki sebuah ide dan inovasi.

    Dengan adanya sebuah intrapreneurship tentu akan membuat dan membantu Anda dalam memperoleh ide yang lebih banyak dan juga bisa semakin berkembang dan memperbaiki banyak hal.

  4. Adanya Penetrasi Pasar Baru

    Ide yang Anda miliki sebagai intrapreneurship tentu akan menjadi solusi bagi sebuah perusahaan agar mampu produk yang lebih jauh lagi dan dapat membuka kesempatan bisnis baru.

Baca Juga: Apa Saja Perkembangan Revolusi Industri Hingga Saat Ini?

Pelajari Karakteristiknya

Adapun karakteristik yang terdapat dari intrapreneurship, berikut beberapa karakteristiknya yaitu:

  • Pendekatan Inovatif

    Intrapreneurship merupakan inisiatif dan juga kreatif yang mana mampu mendorong setiap perkembangan perusahaan serta karyawan yang terlibat.

  • Bebas Modal

    Intrapreneurship di dalam sebuah perusahaan tentu memiliki kebebasan dalam memberikan ide untuk setiap proyek yang akan dilakukan. Dan untuk menerapkan setiap ide tersebut juga tidak perlu mengeluarkan modal sedikitpun, sebab semuanya sudah ditanggung oleh manajemen perusahaan.

  • Adanya Bagi Hasil

    Jika ide yang dikeluarkan oleh seorang intrapreneurship ternyata sukses dan berhasil, maka seharusnya ada perjanjian yang sebelumnya sudah dilakukan yang mana akan dilakukan bagi hasil yang ditandatangani oleh pihak perusahaan dan juga pihak karyawan.

  • Memiliki Dampak Positif Bagi Seluruh Pihak Organisasi

    Dengan melakukan contoh intrapreneur di dalam perusahaan, maka setiap karyawan akan memperoleh pemberdayaan dan juga aktualisasi diri. Tak hanya itu saja, perusahaan juga akan selalu bisa berkembang dan juga diuntungkan.

  • Adanya Diversifikasi

    Bagi yang bergabung di dalam suatu organisasi yang sudah menerapkan contoh intrapreneur ini, maka akan sangat disarankan untuk mampu memberikan kontribusi, terlepas dari usia, jenis kelamin, keahlian dan lain nya.

  • Terjadi Perbaikan Kualitas

    Menjadi seorang intrapreneurship, tentu Anda akan memiliki keterampilan untuk mampu memberikan nilai lebih perusahaan dengan cara meningkatkan pelayanan, produk, metode dan juga persepsi.

Bagaimana Proses Intrapreneurship Ini Dilakukan?

Berikut terdapat beberapa proses yang perlu dilakukan dalam intrapreneurship.

Proses intrapreneurshipPin

  1. Mengumpulkan Ide

    Proses pertama yang perlu Anda lakukan dalam menerapkan intrapreneur adalah dengan memotivasi karyawan untuk mampu memberikan ide dan juga opininya terkait suatu permasalahan di dalam perusahaan.
    Dalam proses ini, maka seluruh pihak yang terlibat juga harus mengetahui bagaimana cara dalam menerapkan ide yang dimilikinya.

  2. Menganalisi Ide

    Apabila Anda sudah mengumpulkan ide tersebut, maka langkah selanjutnya intrapreneur adalah dengan menganalisis kesesuaian ide dan karyawan lain dengan melihat kebutuhan, visi, misi, permintaan konsumen, dan juga tujuan utama dari perusahaan tersebut.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  3. Memiliki Persetujuan dari Seluruh Pihak

    Ide yang sudah di analisis dan sudah dipertimbangkan, maka selanjutnya ide tersebut akan diajukan pada berbagai pihak yang terkait. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah pihak yang terkait setuju atau tidak akan ide yang ingin diterapkan.

  4. Tes Kelayakan

    Apabila ide yang sudah dipilih disetujui oleh seluruh pihak, maka proses selanjutnya adalah dengan melakukan feasibility atau tes keyakinan. Tes ini dapat dilakukan dengan cara melakukan analisis SWOT untuk ide dan karyawan yang sudah memberikan ide tersebut.

  5. Lakukan Pengawasan dan Perbaikan

    Apabila setiap proses tersebut dinilai layak dan juga sudah sesuai, maka rencana proyek yang dibuat dapat diperbaiki dan ditingkatkan setelah tes kelayakan agar dapat diterapkan secara maksimal dan juga lancar.

    Apabila sudah diimplementasikan dengan baik, tentunya proses tersebut juga harus tetap diawasi dan juga dikembangkan sesuai dengan permasalahan yang terjadi.

Itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai intrapreneurship. Dengan adanya artikel ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan Anda tentang bisnis dan berbagai hal dalam dunia kewirausahaan bisa lebih meningkat.

Namun, hal paling penting yang harus Anda perhatikan dalam berwirausaha adalah mencatat setiap kegiatan keuangan perusahaan di dalam laporan keuangan secara rapi, tepat dan juga akurat, bila perlu gunakanlah software akuntansi seperti Harmony.

Harmony membantu Anda membersihkan pembukuan dimana Anda hanya perlu memasukkan transaksi yang terjadi sehingga semua Laporan keuangan akan disajikan secara real time.

Mulailah sekarang juga dengan Harmony, Anda dapat membuat laporan keuangan yang rapi secara real time di mana pun dan kapan pun. Untuk menggunakan Software Harmony, segera daftarkan bisnis Anda dan dapatkan Gratis 30 Hari di sini.

Selain itu Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK