Harmony Blog

Inovasi Produk? Apa Itu, Fungsi, Manfaat dan Tips Memaksimalkannya

Diupdate Mar 11th, 2021
4

SHARES

PEMBACA

Inovasi-Produk-HarmonyPin

Inovasi produk dapat dikatakan sebagai ide terbaru yang menambah nilai serta memberikan dampak yang baik bagi kehidupan manusia, sehingga biasanya inovasi produk ini juga dapat berkaitan dengan teknologi.

Secara umum inovasi produk adalah sebuah cara untuk menciptakan produk yang baru, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Sehingga pembeli berkeinginan untuk membeli produk tersebut sesuai dengan yang diharapkan.

Akan tetapi inovasi produk ini tidak selamanya berkaitan dengan barang. Namun ada pula seperti jenis inovasi produk makanan, minuman, pertanian, peternakan dan sebagainya. Sehingga sebagai pebisnis Anda perlu mengetahui apa saja tips memulai bisnis dengan modal terjangkau.

Inovasi produk adalah ketika Anda berusaha untuk menjaga eksistensi perusahaan bahkan produk Anda di pasaran, dengan menjaga kepuasan dan loyalitas konsumen.

Dengan demikian inovasi produk tersebut akan selalu eksis di pasaran, bahkan Anda juga akan memiliki pelanggan setia atau baru yang sering berdatangan. Untuk itu inovasi ini merupakan cara persaingan dengan pebisnis lainnya secara sehat.

Apa Itu Inovasi Produk Dalam Bisnis?

Istilah inovasi produk adalah upaya yang harus dilakukan oleh pebisnis untuk membuat, memperbaiki, mengembangkan, dan meningkatkan produk tersebut. Namun secara luas produk yang dikembangkan tidak hanya berbentuk barang saja, tetapi inovasi produk makanan, minuman, pertanian dan peternakan yang dapat meningkatkan pelayanan.

Berdasarkan UU nomor 19 tahun 2002, bahwa inovasi produk adalah suatu rangkaian untu mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan teknologi ke dalam sebuah produk tersebut.

Dampak positif yang terjadi pada inovasi produk di antaranya merupakan adanya feedback dari konsumen, perubahan kombinasi produk dari sebelumnya yang sudah ada, hingga penemuan produk terbaru.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menentukan Harga Jual Sebuah Produk?

Apa Saja Fungsi Inovasi Produk?

Sebagai pebisnis tentu akan selalu melakukan inovasi produknya, hal ini karena inovasi juga berfungsi sebagai strategi pemasaran untuk menarik peminat konsumen untuk mencoba menggunakan produk tersebut.

Selain itu inovasi ini berfungsi supaya pebisnis dapat mengikuti perkembangan zaman saat ini, yang menuntut pemilik usaha agar terus berinovasi. Sehingga nantinya pebisnis dapat terus bertahan dengan kondisi ekonomi yang dihadapi.

Beberapa macam produk yang tidak berkembang ataupun berinovasi mengikuti zaman, perlahan akan ditinggalkan oleh masyarakat. Seperti contoh inovasi produk dari telepon rumah menjadi handphone yang dinikmati oleh masyarakat.

Inovasi produk1 harmonyPin

Adanya inovasi tentunya diperlukan pengeluaran biaya ataupun perencanaan anggaran perbaikan produk. Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu melihat arus kas yang terjadi melalui laporan keuangan. Ingin terima beres saja laporan keuangan setiap bulannya?

Cobalah manfaatkan layanan profesional untuk  jasa pembukuan Anda walaupun tidak memiliki akuntan sekalipun. Dengan menggunakan jasa pembukuan, Anda akan mendapatkan laporan keuangan secara realtime, buat invoice, mengurus unsur-unsur perhitungan pajak, serta payroll.

Apa Saja Manfaat Melakukan Inovasi Produk?

Menciptakan produk yang terbaru akan membuat bisnis tersebut semakin unggul dalam bersaing, sehingga secara tidak langsung manfaat yang diterima akan menambaj nilai perusahaan.

Perusahaan yang mampu berinovasi secara terus menerus juga dapat mengalahkan setiap pesaingnya, sehingga manfaat yang diterima yaitu perusahaan dapat terus berkembang dan produk juga semakin dikenal oleh seluruh masyarakat.

Misalnya contoh inovasi produk yaitu perusahaan handphone melakukan inovasi dengan menambahkan atau meningkatkan kualitas kamera. Karena kamera merupakan hal yang penting di era sekarang terutama pada media sosial yang semakin terus berkembang.

Baca Juga : Inilah Tujuan dan Manfaat BEP (Break Even Point) Bagi Bisnis Anda

Apa Saja Tujuan Untuk Melakukan Inovasi Produk?

Pada perkembangan zaman inovasi bertujuan untuk membuat manusia memiliki peningkatan kualitas hidup, sehingga masyarakat juga memiliki banyak kemampuan yang baru dari ide sebelumnya.

Inovasi produk3 harmonyPin

Terutama pada inovasi produk yang memiliki tujuan tertentu, adapun beberapa alasan adanya tujuan inovasi tersebut yaitu :

Menciptakan Pasar Baru di Tengah Masyarakat

Meningkatkan Kualitas

Memenuhi Keinginan dan Kebutuhan Pelanggan

Mengembangkan dan Mengaplikasikan Wawasan Produk

Memperbarui Produk dan Pelayanan

Meningkatkan Efisiensi Produk

Bagaimana Tips Memaksimalkan Inovasi Produk?

Adapun beberapa tips memaksimalkan inovasi sebagai cara bisnis sukses dalam perusahaan yaitu :

1. Berfokuslah Pada Tujuan

Adanya ide baru ini muncul di mana saja dan kapan saja, bahkan ketika Anda melakukan kegiatan juga dapat terjadi. Carilah ide baru dan catatlah dengan rapi, setelah itu berinovasilah.

Ide ini memungkinkan orang dapat menolak ide Anda, namun fokuslah pada tujuan Anda dan perhatikan juga norma yang berlaku. Karena ide ini juga dapat ditinggalkan jika bertentangan dengan norma yang berlaku.

2. Inovasi Produk Yang Unik

Selain tampilan produk Anda juga bisa berinovasi produk yang unik terhadap rasa, seperti cara menyajikan yang sangat penting dalam perkembangan inovasi produk makanan ataupun minuman.

Namun jika rasa ini berupa barang atau jasa, maka rasa ini berarti dilihat dari servis, konten, ataupun kualitas pelayanan yang bisa konsumen nikmati.

3. Carilah Sudut Pandang Berbeda

Mencari ide produk bisa dilihat dari sudut pandang yang berbeda, contoh inovasi produk makan seperti donat yang berbentuk melingkar dan tengahnya kosong. Tetapi sekarang donat dapat dibuat tidak dengan bentuk bulat saja bisa bentuk lain.

Inovasi produk2 harmony 2Pin

4. Meningkatkan Tampilan Produk

Dengan berinovasi berarti memfokuskan tampilan produk itu sendiri, di mana produk tersebut bisa melalui bentuk, warna, aksesoris dan sebagainya. Oleh karena itu adanya peningkatan tampilan produk yang menarik akan lebih mudah mempengaruhi minat konsumen.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

5. Inovasi Pelayanan dan Penyajian

Adanya inovasi pelayanan dan penyajian produk tersebut yang diberikan kepada konsumen tentu akan terasa unik walaupun produk tersebut biasa saja.

Misalnya secangkir kopi yang pelayanannya diberikan oleh robot, maka hal ini dapat menarik konsumen untuk datang kembali serta mencoba kopi tersebut.

6. Memperbarui Inovasi Produk

Dalam membuat inovasi ternyata tidak harus dengan sesuatu yang baru, namun hanya butuh perbaruan saja. Sehingga ketika produk Anda masih tetap laku dipasaran, maka Anda tidak perlu melakukan banyak perubahan produk.

Sedikit perbaruan inovasi memang diperlukan, seperti contoh inovasi produk yaitu perusahaan mobil yang memiliki jenis tertentu ternyata laku di pasaran. Sehingga mobil tersebut melakukan perbaruan dengan menjaga kualitas produk untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

Setelah pembahasan di atas dapat Anda terapkan ke dalam bisnis supaya tidak salah memilih barang atau kualitas barang yang sangat dibutuhkan oleh masayarakat.

Sehingga ketika Anda menjual produk dengan berkualitas serta pelayanan yang ramah tentunya konsumen akan tertarik dan membeli kembali.

Dengan melakukan inovasi produk tentunya Anda juga membutuhkan pencatatan biaya, serta membutuhkan pencatatan stock barang dalam menjalankan bisnis. Apalagi ketika Anda juga mengeluarkan biaya untuk inovasi, tentu saja Anda membutuhkan pembukuan yang rapi bukan?

Sehingga nantinya Anda dapat menyusun strategi pemasaran yang berjalan secara lancar. Nah, untuk membantu Anda dalam membuat catatan keuangan yang baik, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Harmony. Apa sih itu Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Harmony juga mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Agar lebih optimal cobalah gunakan Harmony software secara gratis selama 30 hari di sini.

Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK