Harmony Blog

Inilah Pembayaran Digital Yang Populer dan Alasan Konsumen Menggunakannya

Diposting Mei 27th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pin

Di era digitalisasi ini sudah banyak teknologi yang berkembang untuk mempermudah kehidupan. Salah satunya ialah terdapat pada sistem pembayaran digital.

Digital payment atau yang sering disebut sebagai pembayaran digital adalah salah satu teknik pembayaran yang menggunakan media elektronik.Click to Tweet

Selain sistem pembayaran dilakukan dengan menggunakan uang giral, kini pembayaran juga bisa dilakukan secara digital atau dengan secara online di mana saja dan kapan saja.

Salah satu alasan yang membuat sistem pembayaran digital banyak menarik perhatian adalah karena kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkannya.

Anda tidak lagi harus repot membawa uang atau singgah ke ATM untuk melakukan tarik tunai.

Selain itu banyaknya penawaran berupa diskon atau cashback, dan undian berhadiah yang disediakan layanan pembayaran digital tersebut.

Jenis Pembayaran Digital

Jika membahas digital payment, maka perlu Anda ketahui beberapa tipe atau jenis pembayaran digital yang berlaku saat ini. Diantaranya adalah M- Banking, Internet Banking, SMS Banking dan Uang Elektronik.

  • M-Banking

    Jenis ini biasa disebut juga mobile banking. Hampir semua lembaga keuangan khususnya bank memberikan layanan ini. Nyatanya ini membuat konsumen lebih mudah dalam melakukan transaksi bank.

    Secara umum, fitur ini merupakan fitur tambahan yang bisa dipakai optional oleh nasabah. Semua fitur yang diberikan bisa digunakan dengan mudah dan nyaman di mana saja melalui handphone.

  • Internet Banking

    Pembayaran digital dengan tipe internet banking ini, merupakan layanan perbankan yang diberikan ke nasabah melalui jaringan internet.

    Biasanya nasabah akan mendaftarkan dahulu dan akan diproses oleh pihak perbankan, nantinya akan mendapatkan token untuk melakukan transaksi.

    Cukup kunjungi website perbankan, Anda sudah bisa melakukan kegiatan perbankan seperti transfer, pembelian secara virtual account dan lainnya.

  • SMS Banking

    Layanan atau tipe pembayaran ini hampir sama, hanya saja menggunakan fasilitas SMS yang terdapat dalam handphone Anda. Pihak perbankan merasa bahwa SMS menjadi salah satu fitur utama di setiap handphone. Maka transaksi bank juga bisa dilakukan dengan mudah.

  • Uang Elektronik

    Berkembangnya era digital, layanan perbankan semakin baik. Contohnya hadir uang elektronik yang sangat membantu konsumen atau nasabah dalam melakukan transaksi.

    Tipe ini sangat diminati khususnya kaum milenial, cukup “Tab and Swipe” semua transaksi bisa terjadi. Pastinya demi keamanan, perbankan yang mengeluarkan uang elektronik wajib terdaftar resmi di Bank Indonesia.

Aplikasi Digital Payment

Terdapat beberapa aplikasi pembayaran digital yang perlu Anda ketahui yaitu sebagai berikut:

  1. OVO

    Ovo merupakan salah satu penyedia jasa pembayaran digital terbaik saat ini. Melalui aplikasi pembayaran online ini, Anda juga bisa melakukan berbagai jenis pembayaran seperti langganan internet, listrik, isi pulsa, dan lain-lain.

     

    Jenis pembayaran digitalPin

    Top up saldo OVO dapat dilakukan melalui ATM, m-Banking, Internet Banking, Debit Card atau melalui merchant tertentu.

    Namun bagi Anda yang ingin melakukan pembayaran offline, maka aplikasi pembayaran digital satu ini dapat Anda gunakan dengan cara scan QR Code.

  2. Dana

    Aplikasi dana ini dapat memudahkan Anda untuk bertransaksi tanpa uang cash dan tanpa kartu. Bisa melakukan berbagai jenis pembayaran dengan aplikasi Dana berupa cicilan, asuransi, air, serta BPJS.

    Anda juga dapat dengan mudah melakukan kirim-kirim uang dengan aplikasi ini. Cukup dengan memasukkan nomor ponsel penerima, Anda bisa mengirim uang lebih cepat.

    Anda juga bisa meminta uang kepada teman-teman Anda dengan membagikan kode QR kepada mereka, agar mereka bisa langsung mengirimkannya ke akun dana Anda.

  1. Go-Pay

    Go-pay adalah sebuah aplikasi pembayaran online berbentuk financial teknologi atau fintech yang dimiliki oleh gojek. Apabila Anda memiliki aplikasi gojek tentu Anda tidak asing lagi pada jenis pembayaran digital ini.

    Selain itu aplikasi pembayaran digital juga bisa digunakan untuk membayar berbagai keperluan misalnya belanja online, isi ulang pulsa, bayar tagihan dan lainnya

  1. Sakuku

    Sakuku adalah jenis aplikasi pembayaran online yang sering juga digunakan, sistem pembayaran digital ini dikeluarkan oleh bank BCA.

    Aplikasi ini digunakan dengan nomor ponsel, yang mana nomor tersebut nantinya akan dijadikan akun nomor Anda tanpa terbebani adanya biaya bulanan.

    Banyak terdapat jenis transaksi perbankan yang bisa Anda lakukan dengan pembayaran digital ini yaitu seperti top up, cash di ATM BCA, KlikBCA individual dan BCA mobile, mengirim uang ke rekening BCA, penarikan uang tunai dan lainnya.

  2. Link Aja

    Link Aja adalah salah satu layanan keuangan elektronik yang juga tidak kalah sering digunakan oleh semua orang, yang mana aplikasi tersebut juga digunakan sebagai media transaksi keuangan.

    Untuk prosesnya juga sangat mudah dan cepat. Anda bisa langsung menginstal serta melakukan registrasi.

Baca Juga: Valuta Asing : Pengertian, Fungsi, Dan Perhitungannya

Apa Alasan Konsumen Menggunakan Pembayaran Digital?

Adapun beberapa alasan konsumen menggunakan pembayaran digital yaitu sebagai berikut:

Apa alasan konsumen menggunakan pembayaran digitalPin

  • Lebih Aman Digunakan

    Tentu ada risiko tinggi apabila Anda membawa uang tunai dalam jumlah yang besar.  Apa lagi jika Anda berapa dalam keadaan tempat yang ramai, tentu hal tersebut akan berpotensi mengundang perhatian pelaku tindak kriminal seperti copet atau pencuri.

    Sedangkan apabila Anda melakukan pembayaran digital tentu jauh lebih aman. Apabila kartu kredit pembayaran Anda hilang  atau dicuri, Anda hanya perlu menelpon pihak bank untuk melakukan pemblokiran.

    Dengan begitu dana akan tetap aman dari tangan yang tidak bertanggung jawab.

  • Memudahkan Anda dalam Mengelola Keuangan

    Dengan adanya transaksi digital pada saat ini, tentu semakin memudahkan Anda dalam mengelola keuangan. Untuk semua nominal belanja dapat dengan mudah Anda langsung dilacak melalui laporan tagihan.

    Berbeda dengan transaksi konvensional yang menggunakan pembayaran tunai. Apalagi jika Anda lupa jumlah tagihan yang baru Anda bayarkan, bisa jadi rencana keuangan yang sudah Anda rencanakan yang sudah disusun rapi jadi berantakan.

  • Mengurangi Kerugian

    Bayangkan jika Anda membawa uang tunai dalam jumlah besar saat pergi liburan dan tiba-tiba uang tersebut hilang.

    Maka seluruh rencana perjalanan yang sudah Anda rencanakan sebelumnya akan berantakan dan fokus serta tenaga akan terkuras untuk mencari uang hilang tersebut.

    Namun apabila Anda membawa alat pembayaran digital seperti kartu kredit atau debit tentu risiko keuangan tersebut masih bisa untuk diminimalisir, dan Anda pun terhindar dari kerugian.

  • Sangat Mudah dan Praktis

    Mudah dan juga praktis adalah salah satu keunggulan utama dari pembayaran digital. Anda hanya perlu gesek kartu atau scan QR dan masukan nomor PIN, maka transaksi akan terbayar dalam hitungan detik.

    Hal tersebut juga tidak perlu memakan waktu yang begitu lama. Bandingkan saja jika Anda membawa uang tunai dalam jumlah banyak, selain dapat membuat dompet Anda terlihat tebal, nantinya juga akan terasa lebih repot ketika Anda melakukan transaksi.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  • Dapat Dilakukan Kapan Saja

    Sistem pembayaran digital ini cocok untuk digunakan bagi orang-orang yang sibuk dan tidak sempat untuk melakukan transaksi. Namun dengan adanya pembayaran digital ini, setiap transaksi dapat Anda lakukan dimana saja dan kapan saja. Jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk datang ke tempat pembayaran tertentu.

Itulah beberapa contoh dari pembayaran digital, gunakan alat pembayaran non tunai agar bisnis Anda semakin praktis dijalankan dan bisa terus berkembang.

Selain itu, bisnis akan berkembang dengan baik jika Anda bisa mengelola keuangannya dengan optimal.

Untuk itu agar laporan keuangan usaha bisa dibuat dengan cepat dan mudah, sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi dalam mengerjakannya.

Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha.

Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony