Harmony Blog

Inilah Faktor Penting Dalam Desain Produk Untuk Menarik Pelanggan

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

desain produkPin

Di era globalisasi saat ini, kondisi perekonomian dan persaingan pasar yang semakin ketat menuntut masyarakat ataupun pemilik usaha untuk mampu memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki secara optimal, termasuk berusaha menciptakan produk baru.

Membuat desain dan kemasan produk ada baiknya Anda harus tahu dulu apa saja yang mestinya harus Anda siapkan dalam proses pembuatan desain kemasan produk yang unik sehingga dapat menarik minat konsumen.

Di mana pemilik usaha harus mampu untuk mempengaruhi konsumen agar konsumen tertarik dengan adanya suatu produk dan jasa yang baru. Di tambah dengan desain produk kemasan yang menarik dan unik sehingga konsumen akan tertarik dan loyal dengan produk tersebut.

Dengan banyaknya jumlah produk yang telah Anda buat, maka Anda harus memastikan bahwa produk yang Anda buat dan yang akan Anda tawarkan memiliki kelebihan.

Adapun faktor-faktor yang menjadikan produk Anda unggul adalah nama, kemasan, harga, konten, dan banyak faktor lainnya.

Melakukan desain produk bukan hanya hiasan bagi produk itu saja, melainkan desainnya mampu memengaruhi apakah produk Anda diterima atau tidak oleh konsumen.

Apa Itu Desain Produk ?

Menurut ahli Franklin G Moore dan Thomas E Hendrick (1999), desain dari hasil produksi merupakan hal yang sangat penting, karena hasil produksi baru dapat menaikkan dua kali atau tiga kali omset suatu organisasi pada suatu waktu.

Dapat diartikan bahwa desain pada produk disebut juga sebuah ide dan hasil kreasi manusia yang memiliki nilai manfaat serta nilai tambah bagi khalayak luas. Spesifikasi dari sebuah desain pada produk mempertimbangkan adanya proses produksi, harapan khalayak serta keputusan final yang telah dianalisa.

Maka dari itu sangat penting bagi Anda setiap pebisnis dalam menciptakan desain produk untuk barang dan jasa kita agar meningkatkan konversi awareness dan penjualan secara signifikan.

Baca Juga : Strategi UKM Dalam Menghadapi Era New Normal

Manfaat Desain Produk

Berikut beberapa manfaat yang terdapat dalam membuat desain produk pada usaha Anda :

• Memberikan pelayanan yang Dapat Memuaskan Konsumen

Ketika konsumen ingin membeli sebuah produk, maka hal pertama yang akan dilihat oleh konsumen adalah desain ataupun tampilan dari sebuah produk yang bisnis Anda miliki.

Sebab apabila desain yang Anda miliki berkualitas, memiliki penampilan yang menarik pada produk dan memberikan kemudahan penggunaan serta tidak memiliki kendala dalam menggunakan produk usaha Anda, maka konsumen akan menilai dan mengambil keputusan pada produk yang Anda miliki.

• Dapat Meningkatkan Penjualan

Apabila Anda ingin menjangkau pasar yang lebih luas, maka Anda dapat membuat desain dengan hasil yang inovatif dan kreatif. Sebab fungsi desain pada produk merupakan faktor penentu sebuah kesuksesan suatu produk yang Anda miliki. Tentunya sangat memberikan pengaruh yang besar bagi penjualan serta meningkatnya pengembalian investasi pada bisnis Anda.

• Dapat Meningkatkan Perkembangan Bisnis

Dalam melakukan desain produk baik yang baru maupun desain yang sudah ada atau sudah lama tentu akan berpengaruh pada proses penjualan barang yang sudah di produksi.

Adapun produk ataupun jasa apabila estetika produknya terlihat tinggi tentunya hal ini sangat berpengaruh besar bagi perkembangan bisnis Anda. Sehingga Anda mendapatkan penjualan produk itu sendiri akan meningkat.

Maka oleh karena itu, dalam membuat desain produk merupakan hal yang sangat berpengaruh besar bagi kelangsungan dan perkembangan yang bisnis Anda miliki.

Baca Juga : 5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Harus Anda Coba

Faktor Penting Dalam Desain Produk Untuk Menarik Pelanggan

Berikut hal yang perlu Anda ketahui mengenai apa saja faktor penting dalam desain produk menarik pelanggan :

1. Faktor Keamanan Kemasan Produk

Faktor yang perlu diperhatikan ketika mendesain kemasan produk ialah faktor keamanan produk. Keamanan ini merupakan faktor yang sangat diutamakan pada saat memilih atau menentukan jenis desain kemasan dan cara pengemasannya. Cara mengemas yang kurang baik juga dapat menimbulkan kerusakan pada produk yang Anda dikemas.

2. Kemudahan Kemasan

Desain yang dimaksud dalam kemudahan kemasan di atas adalah berupa desain yang kemasan produknya mudah dalam segala hal, misalnya mudah mudah dibuka, mudah disimpan, mudah dituang, mudah untuk dibawa kemana-mana, mudah diambil dan berbagai kemudahan lainnya.

Desain ini bertujuan untuk tidak membuat repot para konsumen dengan kemasan produk yang Anda buat. Sebab semakin banyak kemudahan yang dimiliki, akan semakin banyak pula minat konsumen untuk membeli.

3. Mudah dalam Pengangkutan dan Pengiriman

Hal yang harus diperhatikan dalam menentukan desain sebuah produk adalah faktor kemudahan pada  proses pengiriman dan distribusinya. Jangan sampai desain kemasan produk sulit untuk diangkut atau dibawa.

Sebab apabila  jika hal ini terjadi, maka omzet penjualan dari produk Anda akan sulit untuk berkembang. Cara paling mudah untuk menentukan kemasan yang mudah untuk di distribusikan adalah dengan berkonsultasi pada penyedia jasa desain kemasan produk yang memang ahli di bidangnya.

4. Produk Mudah Dikenal

Pada saat mengeluarkan sebuah produk tentunya tiap pebisnis berharap dan ingin agar produknya tersebut dikenal, populer dan memiliki ciri tersendiri dari setiap produk pesaing lainnya. Satu yang menjadi kunci produk mudah dikenali adalah dari desain kemasan produknya.

Desain produk harus dirancang sedemikian rupa agar mudah dikenal dan diingat oleh konsumen. Selain itu desain kemasan produk juga harus dibuat unik agar terlihat berbeda dari produk lain khususnya untuk jenis produk serupa dari para kompetitor.

Untuk membuat desain kemasan produk yang mudah dikenali, Anda bisa bekerjasama dengan jasa desain kemasan produk yang profesional. Faktor ini juga merupakan salah satu strategi pemasaran produk yang efektif dan efisein bagi setiap kalangan pebisnis.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

5. Faktor Informasi dan Promosi

Desain produk yang baik dapat menjadi media informasi awal sebelum konsumen menentukan keputusannya apakah ingin membeli produk tersebut atau tidak.

Maka dari itu manfaatkan bagian tertentu pada bagian kemasan untuk menjelaskan detail produk yang Anda buat, sehingga konsumen tidak merasa tertipu. Informasi jelas yang konsumen dapatkan dari kemasan produk Anda akan menjadi alat untuk media promosi yang akan dilakukan oleh para konsumen dari mulut ke mulut.

6. Faktor Ekonomi

Anda harus mampu memilih bahan untuk Anda desain agar perhitungan biaya ataupun pengeluaran produksi dapat berjalan secara efektif, sehingga biaya tidak melebihi proporsi manfaatnya. Seperti contoh, produk-produk susu atau makanan bayi dalam karton, produk-produk refill atau isi ulang dan lain-lain.

7. Faktor Keindahan Desain Produk

Apabila bentuk kemasan indah dan dapat menarik perhatian para konsumen, maka konsumen akan tertarik untuk membelinya. Seperti contoh, bagian strategi pemasaran produk makanan, bagian industri ini sangat penting untuk menampilkan gambar kemasan yang dapat menggugah selera bagi konsumen yang melihatnya.

Artinya, hanya dengan melihat gambar pada kemasannya, orang akan membayangkan kelezatan atau kesegaran produk tersebut.

Namun dalam hal ini, perpaduan warna, pemilihan logo, pilihan huruf, tagline dan antribut lain sangat berpengaruh pada terciptanya suatu kemasan produk yang menarik.

8. Faktor Ramah Lingkungan

Kemasan ramah lingkungan merupakan kemasan yang dibuat menggunakan bahan-bahan yang mudah terurai tanah, bisa di daur ulang, dan tidak berbahaya bagi lingkungan serta manusia.

Bahkan, kini kemasan ramah lingkungan tidak hanya digunakan untuk menjaga lingkungan, tapi juga sebagai tren baru di kalangan penjual. Sebagai bentuk kepedulian, kini banyak pelaku industri makanan, minuman, fashion, dan lainnya, ikut menggunakan kemasan ramah lingkungan.

Desain produk memang sangat mempunyai pengaruh yang besar terhadap minat konsumen. Sebab dengan memiliki desain produk yang menarik dan kreatif, diharapkan penjualan bisnis Anda akan meningkat. Selain menentukan desain produk yang menarik, Anda juga perlu memerhatikan pencatatan keuangan bagar bisnis dapat terus berkembang.

Agar keuangan bisnis dapat dikelola dengan tepat, Anda dapat menggunakan software akuntansi Harmony. Dengan Harmony Anda dapat membuat laporan keuangan secara real time dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang sebagai akuntan sekalipun. Daftar Harmony sekarang juga dan dapatkan 30 Hari Gratis disini.

Jika Anda adalah pebisnis yang sibuk, maka Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan menggunakan aplikasi Harmony dengan harga terjangkau. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony