Inilah 10 Jenis Bidang Akuntansi Untuk Anda yang Ingin Mendalaminya
Harmony Blog
Accounting
Inilah 10 Jenis Bidang Akuntansi Untuk Anda yang Ingin Mendalaminya
September 6, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Pada masa kini ilmu bidang akuntansi sudah sering didengar oleh masyarakat, tentunya untuk mengambil ilmu bidang akuntansi tidaklah mudah. Dari beberapa ilmu akuntansi yang menggunakan sistem akrual basis dan kas, mungkin Anda pernah mendengar akuntansi keuangan dan akuntansi biaya yang cukup diketahui oleh banyak orang.

Dengan memahami ilmu akuntansi, sebaiknya Anda harus memilih bidang akuntansi apa yang Anda pilih. Untuk memilih bidang akuntansi sebagai profesi Anda dimasa mendatang, supaya tidak salah mengambil profesi untuk itu Anda harus mengetahui apa saja jenis-jenisnya.

Pada pembahasan artikel kali ini akan memberikan Anda pengetahuan dan ilmu mengenai jenis bidang akuntansi sebagai profesi Anda. Supaya Anda dapat mendalami profesi tersebut dan tidak menyesal di kemudian hari berikut penjelasannya untuk Anda.

Dengan memilih bidang akuntansi sebagai profesi Anda, sebaiknya Anda juga mengambil sertifikasi untuk keahlian profesi bidang akuntansi Anda yang sesuai Anda minati.

Profesi Akuntansi

Sebelum menjelaskan mengenai apa saja bidang dalam dunia akuntansi. Terdapat beberapa jenis dalam karir profesi akuntansi ini yang dapat ditekuni. Beberapa pilihan keahlian akuntansi seperti Account Payable, Account Receivable, Akuntan Publik, Auditor, Perencana Keuangan, akuntan yang bekerja di pemerintah, akuntan pendidikan dan banyak lainnya.

Definisi profesi akuntan merupakan suatu profesi yang dilakukan oleh akuntan. Pekerjaan sebagai akuntan publik biasanya akan terdiri dari beberapa pekerjaan seperti pekerjaan audit, akuntansi, pajak dan konsultan manajemen.

Salah satu bidang profesi seperti organisasi lainnya, dapat dikatakan Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). Untuk memiliki profesi keahlian ada beberapa syarat sehingga masyarakat dapat memilih profesi apa yang akan diminati dan memiliki hasil kemampuan kerjanya. Berikut beberapa ciri profesi yaitu :

• Sudah mempunyai bidang ilmu yang ditekuninya yaitu pedoman dalam melaksanakan keprofesiannya.

• Memiliki aturan profesi secara tertulis bagai pedoman yang mengatur tingkah laku anggotanya dalam profesi itu.

• Memiliki kumpulan suatu organisasi resmi yang diakui oleh masyarakat atau pemerintah.

• Bekerja secara profesional sesuai standar profesional dengan meraih kepercayaan masyarakat.

• Persyaratan diatas harus dimiliki oleh profesi Akuntan sehingga berhak disebut sebagai salah satu profesi.

Prinsip Dasar Akuntansi

Prinsip standar akuntansi merupakan konsep dasar yang dijadikan sebagai acuan dalam melakukan kegiatan sesuai dengan profesi yang diraih. Sebagai salah satu contoh kegiatan bidang akuntansi yang sering dilakukan yaitu penyajian dan penyusunan laporan keuangan pada perusahaan. Sehingga memiliki hasil laporan keuangan pembukuan secara akurat dan sesuai dengan informasi.

Prinsip standar akuntansi di Indonesia sudah diatur oleh ikatan akuntansi indonesia (IAI). Pada ikatan akuntansi indonesia merupakan suatu badan yang mengatur kebijakan dan peraturan akuntansi sesuai yang berlaku di Indonesia. Berikut beberapa prinsip standar akuntansi yang sudah tertera dalam peraturan akuntansi yang harus Anda ketahui yaitu :

• Prinsip entitas ekonomi

• Prinsip periode akuntansi

• Prinsip satuan moneter

• Prinsip biaya historis

• Prinsip kesinambungan usaha

• Prinsip pengungkapan penuh

• Prinsip pengakuan pendapatan

• Prinsip mempertemukan

• Prinsip konsistensi

• Prinsip materialitas

Untuk memiliki laporan keuangan yang baik sesuai dengan prinsip standar akuntansi di Indonesia, manfaatkan layanan profesional untuk menyewa jasa pembukuan Anda walaupun tidak memiliki akuntan sekalipun. Dengan menggunakan jasa pembukuan, juga dapat membantu perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu para pengusaha yang sibuk setiap harinya.

Inilah 10 Jenis Bidang Akuntansi

Sebagai profesi khusus akuntansi, tidak hanya pada keahlian profesi dibidang akuntansi keuangan saja. Akan tetapi jenis pada akuntansi juga memiliki 10 jenis bidang akuntansi lainnya untuk meraih peminatan keahlian Anda sebagai profesi akuntansi yaitu seperti :

1. Bidang Akuntansi Keuangan

Bidang akuntansi keuangan akan melakukan kegiatan pencatatan dan mengklasifikasikan transaksi bisnis, dan menghitung cashflow akuntansi keuangan juga akan menyiapkan serta menyajikan laporan keuangan yang berguna oleh para pemakai pihak internal perusahaan dan pihak eksternal.

2. Bidang Akuntansi Manajemen

Bidang akuntansi manajemen akan melakukan kegiatan sebagai penyediaan informasi yang akan digunakan oleh pihak internal atau manajemen dimasa yang akan datang. Sebagai akuntansi manajemen juga akan melakukan kegiatan analisis keuangan, penganggaran dan pengukuran laba ditahan, analisis biaya, evaluasi keputusan bisnis, dan sebagainya untuk perencanaan perusahaan.

3. Bidang Akuntansi Biaya

Bidang akuntansi biaya akan memiliki rekaman sebagai bukti, presentasi, dan analisis biaya produksi. Pekerjaan akuntansi biaya sangat berguna pada bisnis manufaktur atau industri karena laporan akuntansi biaya yang paling rumit. Tugas sebagai akuntan biaya juga menganalisis biaya aktual dan standar untuk membantu para manajer menentukan tindakan di masa mendatang mengenai operasi produk perusahaan.

Baca Juga : Perbedaan Kas Kecil dan Kas Besar Dalam Perusahaan

custom-form-newsletter


4. Bidang Akuntansi Audit

Pada bidang akuntansi audit dibagi menjadi 2 bidang seperti audit eksternal dan audit internal. Pekerjaan audit eksternal mengacu pada pemeriksaan laporan keuangan oleh pihak independen, dan berguna sebagai pendapat mengenai kewajaran penyajian dan kepatuhan terhadap prinsip standar akuntansi keuangan keuangan umum yang berlaku.

Namun, pada audit internal pekerjaan tersebut berfokus pada evaluasi kecukupan struktur pengendalian internal perusahaan dengan menguji klasifikasi pembagian tugas, kebijakan dan prosedur, tingkat otorisasi, dan kontrol lain yang dilaksanakan oleh pihak manajemen perusahaan.

5. Bidang Akuntansi Pajak

Bidang akuntansi pajak bertujuan untuk membantu klien dalam mengikuti aturan yang ditetapkan oleh otoritas pajak. Pekerjaan akuntansi pajak yaitu kegiatannya melakukan penghitungan pajak dan persiapan pengembalian pajak.

Penyajian laporan pajak berfungsi untuk menentukan besarnya pajak penghasilan dan pajak lainnya dan dapat memberikan layanan konsultasi pajak sebagai cara meminimalkan pajak secara hukum, evaluasi konsekuensi keputusan pajak, dan sebagainya yang berkaitan dengan pajak.

6. Bidang Akuntansi Pemerintahan

Akuntansi pada pemerintahan penyajian dan pelaporan tidak mengikuti standard akuntansi keuangan. Akan tetapi untuk standar akuntansi pemerintahan mengikuti pada kebijakan standar akuntansi pemerintahan (SAP).

Pekerjaan akuntansi pemerintahan yaitu menyajikan informasi berupa data akuntansi dari berbagai aspek pengelolaan administrasi keuangan pemerintah. Setelah itu, melakukan pengendalian pengeluaran anggaran pemerintah.

7. Bidang Akuntansi Sistem Informasi

Bidang akuntansi sistem informasi berfungsi sebagai pengembangan, instalasi, implementasi, dan pemantauan prosedur yang digunakan dalam penentuan proses kedepannya pada perusahaan. Pekerjaan akuntansi sistem informasi akan mengumpulkan data serta penyajian laporan keuangan. Fungsinya sistem informasi dapat memudahkan perusahaan dalam mengambil keputusan.

8. Bidang Akuntansi Fidusia

Bidang akuntansi fidusia mencakup penanganan aset yang dikelola oleh orang yang telah ditunjuk dan berhak atas pengelolaan properti atau untuk kepentingan orang lain. Siapa pengguna akuntansi fidusia yaitu masyarakat dibidang kurator yang menangani kepailitan suatu badan usaha.

9. Bidang Akuntansi Syariah

Bidang Akuntansi syariah merupakan proses pencatatan akuntansi yang berdasarkan pada prinsip-prinsip syariah, baik dalam siklus akuntansinya maupun penyajiannya. Umumnya bank-bank syariah harus menerapkan kebijakan akuntansi syariah, sifat transaksi mereka juga berbeda dari standar bank konvensional.

10. Bidang Akuntansi Forensik

Bidang akuntansi forensik biasanya memiliki kemampuan investigatif untuk memecahkan suatu masalah sengketa keuangan atau dugaan fraud yang pada akhirnya akan diputuskan oleh pengadilan tempat penyelesaian perkara.

Misalnya : menangani kasus korupsi yang pada dasarnya merupakan sengketa keuangan antara pemerintahan menghadapi warganya yang secara resmi telah ditunjuk untuk mengelola pemerintahan. Permasalahan itu harus diselidiki kebenarannya oleh lembaga negara seperti KPK dan diputuskan oleh hakim di pengadilan. Dengan melakukan investigasi yang dilakukan oleh para Akuntan di BPKP, BPK, KPK dan instansi penegak hukum lainnya pada dasarnya bidang tersebut merupakan bagian dalam akuntansi forensik.

Salah satu kegagalan Anda dalam berbisnis yaitu dalam menyajikan laporan keuangan yang tidak sesuai standar dan bagaimana Anda dapat memantau arus kas Anda ketika sedang sibuk tanpa perlu menggunakan laporan keuangan.

Cobalah harmony software yang sudah dipakai banyak entitas bisnis di Indonesia seperti harmony yang terintegrasi dengan kegiatan bisnis Anda atas transksi hingga pembukuan laporan keuangan secara akurat dan mudah walaupun Anda tidak memiliki background akuntan sekalipun buat akun Anda dan dapatkan pemakaian Gratis 30 Hari.

Jangan lupa untuk kunjungi sosial media harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya? sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/