Harmony Blog

Ini Alasan Pentingnya Memantau Bisnis Anda

Diposting Sep 7th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Memantau BisnisPin

Bagi pengusaha yang memiliki agenda padat, memantau bisnis bisa jadi sedikit menantang. Terlebih, saat harus memantau bisnis atau monitoring bisnis langsung ke lapangan. Akan tetapi, memantau bisnis adalah salah satu kegiatan penting dilakukan untuk memastikan semua rencana bisnis berjalan sesuai rencana.

Laporan keuangan yang rapi dan terorganisir dapat dijadikan referensi memantau bisnis dan keuangan usaha agar bisnis tampil lebih menarik di mata investor.Click to Tweet

Cara terbaik untuk memahami apa yang sedang terjadi dalam operasional bisnis adalah memonitoring bisnis secara langsung atau monitoring bisnis. Cara mengelola bisnis digital, misalnya. Anda bisa memulai dengan memakai sistem informasi manajemen, software, atau teknologi aplikasi, agar dapat memonitoring bisnis lewat perangkat seluler atau desktop dari waktu ke waktu.

Apa Pentingnya Memantau Bisnis Atau Monitoring Bisnis?

Bisnis digital saat ini memungkinkan pelaku usaha melakukan monitoring bisnis, monitoring tim penjualan atau sales force, hingga distribusi barang, kapan saja dan di mana saja, tanpa keluar rumah berbekal aplikasi. Berikut adalah pentingnya upaya untuk memonitoring bisnis Anda:

Apa itu memantau bisnisPin

  1. Meminimalisir Kesalahan

    Cara mengelola bisnis digital di era modern saat ini yang pertama adalah meminimalisir kesalahan. Katakanlah, model bisnis Anda adalah layanan Software as a Service. Maka, saat membuat software atau menulis kode, monitoring bisnis digital penting dilakukan.

    Memonitoring bisnis dan menguji kode dapat memastikan semuanya berjalan sebagaimana mestinya. Setelah software dibuat, kebutuhan monitoring bisnis harus berlanjut.

    Memantau bisnis secara manual atau datang langsung memang bisa dilakukan. Tetapi, akan sangat menyita waktu dan tenaga. Maka itu, gunakan teknologi secara otomatis untuk memonitoring bisnis atau software tertentu. Sehingga, jika terjadi kesalahan, Anda bisa cepat mendeteksi dan memperbaikinya.

  2. Membantu Membuat Keputusan Bisnis Penting

    Selanjutnya, cara mengelola bisnis digital adalah membuat keputusan penting secara bijak. Bagaimana Anda memasarkan produk/ jasa? Siapa yang menjadi target pemasaran? Saluran pemasaran apa yang dipakai? Bagaimana strategi pengembangan SDM yang tepat? Dan banyak lagi.

    Di masa lalu, sulit membuat keputusan seperti ini tanpa data atau angka. Tetapi, kini sebagian besar bisnis digital dan website perusahaan memiliki metrik dan analitik untuk memantau bisnis.

    Dari website atau aplikasi, pelaku usaha bisa memantau bisnis dan monitoring bisnisnya. Mulai dari melihat berapa jumlah pengunjung website setiap hari? Di mana pelanggan secara fisik berada? Produk/ jasa apa yang paling disukai pelanggan? Dll.

    Memantau bisnis jadi lebih mudah dengan data yang dikumpulkan dan dianalisis dari website perusahaan. Selanjutnya, dipakai sebagai bahan pertimbangan mengambil keputusan bisnis yang tepat.

  3. Melacak Kinerja Bisnis Digital

    Dari hasil memantau bisnis, akan dapat diperoleh kesimpulan bagaimana kinerja bisnis. Tanpa memantau bisnis dan monitoring bisnis, sulit mendapatkan info akurat tentang kinerja bisnis Anda.

    Apakah organisasi bisnis terus tumbuh, menurun, atau tetap stagnan. Tanpa memantau bisnis, Anda tidak memiliki data akurat sebagai referensi menilai kesehatan dan kondisi perusahaan.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  4. Transparansi

    Memantau bisnis digital maupun bisnis pada umumnya, bisa dilihat dari laporan tahunan. Hampir semua perusahaan menjadikan laporan keuangan atau informasi akuntansi sebagai referensi menilai valuasi atau nilai perusahaan.

    Biasanya, laporan tahunan ini diberikan kepada pemegang saham, pemerintah, dan pihak lainnya yang membutuhkan data keuangan atau informasi kepemilikan bisnis tersebut.

    Laporan keuangan yang rapi dan teratur dapat menawarkan transparansi ekstra yang membuat bisnis tampil lebih menarik bagi calon investor. Selain memudahkan pemantauan bisnis, hal ini membuat bisnis mudah meraih kepercayaan calon investor, klien, maupun pelanggan.

Semoga pembahasan kali ini dapat membantu menunjukkan betapa pentingnya memantau bisnis dan monitoring bisnis Anda. Jika Anda belum memantau bisnis secara serius, sekaranglah saatnya memulai.

Software Akuntansi Harmony menawarkan kemudahan dalam memantau keuangan bisnis, dimanapun dan kapanpun, berbasis teknologi Cloud. Pencatatan transaksi, penagihan, rekonsiliasi bank, hingga otomasi pembuatan laporan keuangan yang rapi dan sistematis.

Siap dibuat secara sistematis lewat smartphone maupun desktop. Info selengkapnya mengenai fitur Harmony, follow akun medsos: InstagramLinkedIn, dan  Facebook.

Aplikasi Harmony ideal bagi pelaku UMKM, pebisnis, maupun klien individu yang ingin menyajikan laporan keuangan dan pembukuan usaha tanpa ribet. Yuk, tingkatkan kinerja pembukuan bisnis yang lebih baik bersama Software Akuntansi Harmony. Klik tautan ini untuk daftar FREE Trial 30 hari sekarang.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK