Harmony Blog

Ingin UMKM Naik Kelas? Ikutilah Cara Praktis Ini

Diposting Agu 18th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

UMKM Naik KelasPin

Sebutan UMKM naik kelas, akan lebih terasa saat usaha Anda semakin luas bukan? Akan tetapi kebanyakan pebisnis masih belum siap untuk naik kelas atau mengikuti era go digital secara UMKM go online.

UMKM naik kelas adalah gerakan perubahan yang dilakukan oleh pebisnis dengan cara lama, menjadi go digital atau digitalisasi UMKM.Click to Tweet

Nyatanya program UMKM naik kelas ini didukung oleh beberapa pihak salah satunya BUMN, di mana sebagai pebisnis yang ingin naik kelas bisa mendapatkan kebutuhan finansial melalui koperasi dan menikmati kemudahan dalam daftar UMKM secara online.

Lantas, mengapa penting sekali UMKM naik kelas? dikarenakan perannya yang begitu besar bagi negara seperti mampu meningkatkan ekonomi Indonesia di masa depan. Bahkan UMKM itu sendiri bisa berkembang dan naik kelas secara mendunia.

Mengenal UMKM Naik Kelas

Seperti yang Anda ketahui bahwa UMKM di Indonesia masih banyak yang belum menerapkan sistem digitalisasi UMKM. Di mana gerakan go digital ini berkaitan dengan smartphone, internet, dan berbagai aplikasi yang membantu operasional bisnis.

UMKM naik kelas adalah sebuah upaya yang dibuat pemerintah untuk menjaga daya tahan UMKM dan mendorong instrumen fiskal agar UMKM bisa bangkit dari ekonomi sulit. Harapannya bisnis tersebut bisa mencapai tingkatan lebih tinggi dari sebelumnya.

Apa itu umkm naik kelasPin

Banyak dari mereka bahkan masih sangat tradisional, sehingga tidak dapat meningkatkan efisiensi penggunaan biaya bisnis. Tentunya akan sulit dalam bersaing dan kedepannya program UMKM naik kelas ini masih belum dapat bekerja secara efisien.

Bukan hanya itu UMKM yang belum go digital, biasanya terlihat dengan kegiatan pemasaran yang masih konvensional. Dengan begitu akan lebih terasa berat dalam mengikuti persaingan bisnis yang terjadi jika belum menjadi UMKM go online.

Baca Juga: Pengertian Studi Kelayakan Usaha Dan Tahapan Penerapannya

Jika Anda sebagai UMKM bisa mengetahui potensi yang Anda punya dengan menciptakan produk terbaru, serta mengembangkan produk yang lama maka bisnis Anda memiliki nilai tambah.

Karena cara menaikkan kelas bisnis UMKM ini bisa dengan menghasilkan produk yang baru dan kreatif, bahkan produk tersebut sebaiknya lebih murah, efisien, dan memiliki fungsi untuk mengubah perilaku konsumen menjadi lebih minat terhadap produk Anda.

Cara Praktis Agar UMKM Naik Kelas

Adapun beberapa cara yang dapat membantu Anda dalam mencapai UMKM naik kelas yaitu:

  1. Memprioritaskan Tugas Penting

    Melalui cara ini Anda sebaiknya memprioritaskan tugas penting Anda, supaya nantinya kinerja Anda bisa lebih produktif dan efisien.

    Di masa yang akan datang Anda bisa menghadapi perubahan dan terbiasa memprioritaskan tugas penting dalam meningkatkan bisnis yang go digital. Sehingga prioritas tugas inilah yang membuat Anda bisa bekerja secara normal.

    Untuk itu Anda tentukan dahulu apa yang harus dikerjakan pada proses bisnis Anda. Demi mengembangkan UMKM naik kelas Anda juga sebaiknya tidak hanya puas diri saja.

    Tetapi juga kembangkan bisnis Anda melalui teknologi atau gadget untuk mencatat daftar-daftar penting pada bisnis dalam membantu meningkatkan usaha dan kinerja Anda.

  2. Mendapatkan Dukungan Dari Konsultan (Mentor)

    Menjadi pebisnis UMKM naik kelas yang sukses biasanya membutuhkan rasa rendah hati dan tidak mempunyai pemikiran pebisnis paling hebat atau paling baik.

    Bahkan dalam mencapai UMKM naik kelas ini Anda perlu rasa tidak cepat puas, sehingga pebisnis akan mendapatkan mentor untuk belajar mengembangkan bisnis.

    Baca Juga: Apa Sih Arti Prospek? Berikut Pengertian Dan Cara Melakukannya Agar Maksimal

    Melakukan pembicaraan dengan mentor dalam bisnis, juga bisa dijadikan sebagai motivator untuk Anda yang mau melakukan inovasi atau mengembangkan diri sendiri.

    Selain itu tidak hanya ide saja yang dikembangkan tetapi juga solusi dan dukungan dari sebuah masalah yang Anda hadapi nantinya. Kemudian Anda juga sebaiknya mengikuti komunitas wirausaha demi mendapatkan informasi lebih luas.

  3. Kembangkan Tim Secara Solid

    Jika Anda tidak mengubah perilaku serta mendapatkan bantuan dari setiap orang dalam tim, tentunya usaha Anda tidak akan dapat berkembang dan mencapai tahap UMKM naik kelas.

    Team solid umkmPin

    Cara ini merupakan salah satu dari etika bisnis, karena yakinlah Anda juga tidak bisa membangun bisnis ini sendirian. Maka dari itu sebaiknya Anda juga memuji tim Anda atas hasil yang didapatkan.

    Dengan demikian keberhasilan dan kesuksesan bisnis Anda tidak hanya didapat dari diri sendiri tetapi juga didukung oleh tim Anda sendiri.

  4. Mengubah Pola Pikir Untuk Mencapai UMKM Naik Kelas

    Bagi Anda yang masih memiliki pola pikir bahwa bisnis Anda kecil, lebih baik rubah pemikiran Anda dengan menjawab bahwa Anda bisa meningkatkan bisnis dan penjualan perusahaan.

    Mungkin bagi Anda bisnis memang masih kecil, namun Anda juga harus paham bahwa jika ingin naik kelas maka Anda harus memiliki pola pikir dan cara pandang yang besar dahulu.

    Selain itu tidak hanya mengubah pola pikir saja, tetap juga mengubah kebiasaan kinerja Anda. Karena jika Anda hanya puas saja maka Anda tidak akan meraih kesuksesan yang lebih besar.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  5. Memanfaatkan Digitalisasi UMKM

    Berdasarkan istilah Internet of Things merupakan teknologi UMKM online yang menghubungkan mesin dan peralatan menjadi sensor jaringan dalam memperoleh data serta memudahkan kinerja perusahaan.

    Di mana hasilnya, mesin dapat bekerja dan memproses informasi yang baru diperoleh secara mandiri. Untuk menghadapi digitalisasi UMKM sebaiknya Anda menyiapkan diri dengan mengembangkan inovasi terbaru secara efektif dan efisien.

    Sehingga kecanggihan teknologi UMKM go online ini bisa membantu Anda menangani kebutuhan usaha. Dengan begitu bisa menjadi alat untuk membuat kegiatan bisnis menjadi lebih praktis.

    Bahkan di masa depan teknologi digital ini terus berkaitan dengan pekerjaan dan memudahkan sumber informasi terbaru seputar bisnis atau berita lainnya masuk dalam kehidupan Anda.

  6. Mengelola Keuangan Perusahaan

    Faktanya, tidak semua orang peka terhadap istilah keuangan. Memang benar bahwa keuangan bisa membuat orang pusing. Tetapi pebisnis yang sukses biasanya sering mengontrol keuangan secara teratur.

    Bahkan contohnya pebisnis tidak segan-segan bertanya kepada pihak bank tentang masalah aset dan kepemilikan. Di mana kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi keuangan sedang bangkrut atau tidak.

    Di sisi lain pebisnis pun juga belum mengerti soal keuangan termasuk dengan aset serta kondisi perusahaan. Sehingga biasanya pebisnis mencari dahulu informasi mengenai berapa saldo rekening yang mereka miliki.

    Dari rekening bank ini Anda bisa melihat seberapa banyak pengeluaran yang dihabiskan dalam sebulan. Agar nantinya Anda mengetahui berapa pendapatan dan pengeluaran yang diterima.

    Dengan mengetahui kondisi keuangan inilah Anda bisa menekan biaya pengeluaran apabila mengalami kerugian, bahkan Anda bisa menerima konsultan sebagai cara terbaik untuk menerima saran dalam mengelola usaha.

Seperti itulah pembahasan mengenai UMKM naik kelas, serta cara praktisnya yang bisa Anda ketahui. Sebagai pebisnis yang ingin melakukan perkembangan untuk bisnis tentunya akan mengeluarkan biaya bukan?

Biaya tersebut tentu perlu masuk pada pembukuan bisnis Anda. Nah, untuk membantu Anda mencapai UMKM naik kelas, Anda bisa memanfaatkan teknologi pembukuan seperti Harmony.

Apa sih itu Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Anda bisa mendapatkan laporan keuangan dengan cepat bahkan secara realtime. Akses nya pun mudah, kapan saja dan di mana saja Anda bisa melihat perkembangan bisnis Anda.

Selain itu, Harmony juga memudahkan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset. Penasaran seperti apa? Anda bisa mendapatkan software secara Gratis selama 30 Hari di sini.

Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!