Harmony Blog

Ingin Miliki Rekening Bersama (Escrow Account)? Pelajari Cara Kerja dan Manfaatnya

Diposting Sep 7th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Rekening BersamaPin

Ketimbang istilah escrow account, mungkin kebanyakan orang di Indonesia lebih familiar dengan rekening bersama atau rekber. Dulu di era belanja online masih belum begitu populer, rekber adalah salah satu solusi agar uang yang dibayarkan ke penjual tetap aman.

Seringkali, pemilik escrow account atau rekber adalah pihak ketiga yang memegang uang pembayaran atas nama dua pihak yang sedang bertransaksi. Dalam informasi akuntansi, rekening bersama atau pemilik rekber adalah penengah yang menjaga transaksi berjalan lancar.

Istilah escrow account berasal dari istilah Perancis “escroue” yang berarti secarik kertas atau bukti yang dipegang oleh pihak ketiga.Click to Tweet

Uang yang dipegang escrow account baru diberikan apabila transaksi sudah disetujui atau sesuai jadwal yang ditentukan. Escrow account atau rekber adalah rekening pihak ketiga yang menyimpan uang pembayaran sampai waktu ditentukan.

Pengertian Rekber Adalah

Istilah escrow account berasal dari istilah Perancis “escroue” yang berarti secarik kertas atau bukti yang dipegang oleh pihak ketiga. Dalam bahasa sederhana, escrow account atau rekber adalah rekening pihak ketiga.

Bisa berupa rekening bank tempat nilai aset disimpan sampai terpenuhinya kondisi tertentu dari transaksi. Pemegang escrow account atau rekening bersama memastikan jumlah uang sesuai kondisi dan melindungi penjual dari risiko keuangan seperti gagal bayar.

Cara Kerja Escrow Account Atau Rekening Bersama

Transaksi menggunakan escrow account memiliki alur kerja sebagai berikut:

  • Pembeli dan penjual menyetujui syarat dan ketentuan.
  • Pembeli membayar jumlah ke rekening escrow atau rekening bersama.
  • Penjual melakukan layanan atau mengirimkan barang yang dibeli.
  • Pembeli menerima barang sesuai kesepakatan.
  • Escrow account atau rekening bersama melepaskan uang sejumlah yang disepakati.

Manfaat Rekening Bersama Atau Rekber Adalah

Rekber adalah metode ideal untuk transaksi online. Sebab, terkadang membeli barang secara online seringkali dianggap berisiko penipuan, terutama jika barang tersebut mahal. Prosedur audit akan lebih mudah dan bebas risiko.

Apa itu rekening bersamaPin

Misalnya, saat membeli karya seni mahal, perhiasan, jam tangan, tas, dan sebagainya. Anda ingin uang tetap aman dipegang escrow account atau escrow account, sampai produk benar-benar diterima dalam kondisi yang disepakati.

  1. Manfaat Bagi Pembeli

    Pembeli akan merasa lebih yakin dan percaya apabila uang mereka terjamin keamanannya. Terutama, setelah barang yang dipesan sudah diterima dengan baik. Pembeli akan merasa lebih terlindungi dari keterlambatan pengiriman, kerusakan, atau penipuan.

    Sebab, uang baru akan ditransfer ke penjual apabila mengikuti perjanjian escrow account yang disepakati. Jika penjual wanprestasi atau menyalahi perjanjian, maka uang pembeli tetap terlindungi.

  2. Manfaat Bagi Penjual

    Katakanlah Anda sebagai penjual. Dalam hal ini, penjual bisa merasa aman bahwa pembeli akan membayar tepat waktu. Sebab, transaksi dalam escrow account atau rekening bersama terjadi ketika pembeli mentransfer uang terlebih dahulu.

    Baru, kemudian setelah uang diterima pihak escrow account, Anda bisa mengirimkan produk atau barangnya.

  3. Memastikan Transaksi Dan Transfer Online Terjamin

    Banyak pelaku UMKM dan pebisnis memilih layanan escrow account atau rekening bersama untuk transaksi online. Baik, untuk transaksi bernilai tinggi maupun transaksi nilai kecil.

    Jika Anda belum pernah bertemu dengan orang yang berbisnis dengan Anda, sebaiknya hati-hati dan lakukan transaksi aman dengan rekening bersama tanpa khawatir.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Cara Membuat Rekening Bersama Atau Rekber Adalah

Pertama, cara membuat rekening bersama atau rekber adalah si penerima membuat permintaan atau pengajuan. Tujuan dan syarat transaksi escrow account atau rekening bersama akan disebutkan dalam pengajuan ini.

Termasuk penjelasan tentang peran escrow account atau rekening bersama, biaya administrasi pembukaan rekber, dan biaya tahunan. Nantinya, agen escrow account atau rekening bersama bertindak sebagai pihak netral yang mengkoordinasi antara dua pihak dan melakukan proses penyelesaian sengketa yang diperlukan.

Jika ada barang atau jasa yang ditolak atau reject, misalnya. Kedua belah pihak bisa melakukan arbitrase dalam jangka waktu tertentu. Setelah itu, pembayaran dilepaskan oleh agen escrow account atau rekening bersama sesuai hasil persentase penyelesaian sengketa.

Untuk bisnis apapun, rekber bisa menjadi solusi yang mengatasi masalah pembayaran dengan aman dan bebas khawatir. Sama halnya dalam hal manajemen keuangan, Software Akuntansi Harmony juga menghadirkan solusi pembukuan yang bebas ribet, cepat, dan real time.

Cocok untuk bisnis apapun di berbagai bidang industri, Software Akuntansi Harmony sudah terbukti diakui membantu klien menangani urusan akuntansi. Yuk, buktikan sendiri fitur Harmony yang modern, klik tautan ini.

Suka dengan informasi terkait finansial dan bisnis? Jangan lupa, follow InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony hari ini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK