Harmony » Blog » 

Ingin Merdeka Finansial? Lakukan 5 Cara Ini Untuk Membantu Anda

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Agustus 16, 2021

Siapa sih yang gak mau kebebasan finansial? Pastinya, hampir semua orang ingin merdeka finansial. Ini berarti Anda punya kebebasan untuk membeli kebutuhan tanpa khawatir uang habis. Merdeka finansial atau financial freedom adalah suatu istilah yang memiliki makna berbeda bagi setiap orang.

Akan tetapi, secara umum, kebebasan finansial atau merdeka finansial adalah ketika pendapatan Anda sudah jauh melampaui pengeluaran. Jadi, memungkinkan Anda untuk bebas belanja atau memenuhi kebutuhan ideal Anda tanpa perlu bekerja sebagai karyawan.

Merdeka finansial merupakan kurangnya kekhawatiran dalam memikirkan finansial kedepannya.Click to Tweet

Contoh yang paling nyata dari merdeka finansial adalah Zhang Yiming, CEO sekaligus pendiri TikTok. Ia membuktikan bahwa memiliki merdeka finansial atau kebebasan finansial itu tidak harus di usia tua. Zhang Yiming menikmati merdeka finansial dan pensiun di usia 38 tahun dengan total kekayaan mencapai triliun-an rupiah.

Cara Mencapai Merdeka Finansial

Berikut adalah beberapa langkah untuk mencapai kebebasan finansial atau financial freedom.

Mencapai Merdeka Financial

Langkah 1 – Tentukan Tujuan

Cobalah untuk memperjelas tujuan, motivasi, serta berpikir positif bahwa Anda bisa mencapai merdeka finansial. Miliki sistem arus kas dan pengelolaan keuangan usaha yang sistematis untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran, serta tabungan.

Bersyukur dengan kehidupan personal serta nikmati pekerjaan Anda. Sebab, ini bisa membantu Anda tetap bersemangat dan mencegah pemborosan emosional yang impulsif.

Langkah 2 – Membuat Rencana Cadangan

Perjalanan menuju merdeka finansial atau kebebasan finansial tidak selalu mulus. Hal-hal tak terduga bisa saja terjadi seperti sakit, kecelakaan, dan biaya darurat lainnya.

Alokasikan sebagian dana tabungan untuk dana cadangan minimal 3 bulan pengeluaran. Bila perlu, ikut asuransi jiwa atau asuransi kesehatan yang tepat untuk Anda.

Langkah 3 – Investasikan Penghasilan

Kunci merdeka finansial atau financial freedom adalah gaji diri Anda sendiri terlebih dulu. Setiap ada pemasukan, transfer sebagian pendapatan ke rekening investasi. Lalu, baru alokasikan untuk kebutuhan lainnya seperti membayar tagihan atau hutang jangka pendek.

Menurut kalangan ekonomi, strategi investasi berkala dapat meningkatkan penghasilan. Misalnya, Anda bisa membeli lebih banyak saham ketika harganya murah. Dan beli saham sedikit saja, ketika harganya naik.

Dengan begitu, Anda bisa menutup biaya per saham yang lebih rendah. Seiring waktu, nilai investasi Anda akan semakin meningkat. Jika mungkin, sisihkan 20% penghasilan. Semakin banyak semakin bagus. Jika tidak bisa, sisihkan 3% dari pendapatan dan naikkan persentasenya secara bertahap.

[elementor-template id="26379"]

Langkah 4 – Gaya Hidup Sesuai Kemampuan

Terkadang ekspektasi tidak sesuai kemampuan finansial. Tetapi, ketimbang hanya mengutamakan gaya hidup yang tak ada puasnya, lebih baik sesuaikan saja gaya hidup dengan batas kemampuan finansial.

Kebebasan finansial bisa diraih jika kita memahami kalau kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup. Misalnya, kurangi perjalanan liburan, beli rumah atau mobil sesuai budget, tidak terlalu mementingkan trend fashion, dan lainnya.

Pada gilirannya, orang yang sukses menemukan kebebasan finansial atau financial freedom adalah mereka yang konsisten menabung, tak peduli apapun yang terjadi, seperti diungkap oleh Aron Levine, kepala Merrill Edge di Bank of America.

Langkah 5 – Kelola Aset Anda

Kelola aset dan anggaran keuangan Anda secara sederhana. Tanpa harus menghambur-hamburkan uang atau sebaliknya, terlalu pelit mengeluarkan uang. Kuncinya adalah tetap melacak dan mengelola finansial Anda, bila perlu tambah lagi beberapa investasi baru.

Pastikan strategi keuangan Anda tetap mengikuti perkembangan teknologi modern, sebab hidup dan tujuan merdeka finansial Anda akan berubah seiring waktu.

Di era modern saat ini, sudah sepatutnya sebagai pelaku UMKM dan pebisnis, Anda membutuhkan Software Akuntansi Online dari Harmony untuk mengelola aset dan anggaran keuangan. Aplikasi Harmony adalah software yang dirancang khusus untuk menyelesaikan urusan pembukuan bisnis.

Mulai dari pembelian, aset tetap, persediaan, penagihan, rekonsiliasi bank, hingga otomasi laporan keuangan secara instan, cepat, dan akurat.

Kalau bisa membuat laporan keuangan dan pembukuan bebas ribet, kenapa Anda masih mempertahankan cara pembukuan tradisional berbasis kertas? Yuk, segera beralih ke Software Akuntansi Harmony yang didukung teknologi Cloud. Bisa diakses kapan saja dan di mana saja, melalui smartphone atau komputer/ laptop.

Coba GRATIS 30 hari sekarang juga, klik tautan ini untuk membuktikan kecanggihan fiturnya. Info lebih detail, silakan like dan follow InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony hari ini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram