Ingin Menggunakan Jasa Konsultan Keuangan? Perhatikan Hal Ini
Harmony Blog
Finance
Ingin Menggunakan Jasa Konsultan Keuangan? Perhatikan Hal Ini
May 5, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Uang adalah salah satu kebutuhan utama yang dimana uang adalah sebagai alat tukar untuk kehidupan manusia. Peran uang akan semakin bertambah dengan adanya pula kebutuhan manusia. Untuk mengatur uang tersebut menjadi hal yang bermanfaat untuk kelangsungan hidup selanjutnya, perlu adanya ilmu perencanaan keuangan yang mumpuni agar dapat bisa bertahan hidup, apalagi ditengah krisis keuangan seperti saat ini. Anda dapat berkonsultasi dengan konsultan keuangan untuk memastikan keuangan Anda masih dalam tahap yang aman atau tidak.

Begitu juga dalam sebuah perusahaan Anda membutuhkan seorang professional yang dapat membantu anda didalam bidang keuangan diperusahaan anda seperti membuat laporan keuangan, dan juga menjadi advisor dalam kondisi kesehatan keuangan perusahaan Anda, yang bisa disebut adalah seorang akuntan atau jasa konsultan keuangan.

Jasa Konsultan Keuangan hingga saat ini masih menjadi pilihan yang tepat bagi para pebsinis, namun tetap perlu diperhatikan beberapa hal jika ingin menggunakannya.

Pengertian Konsultan Keuangan

Konsultan keuangan seseorang yang  bertugas dan ahli di bidang ekonomi dalam mengurus arus kas masuk dan keluar (cashflow) guna mencapai tujuan-tujuan tertentu. Tidak hanya itu, selayaknya seorang dokter yang memeriksa pasiennya, seorang konsultan keuangan juga akan membantu mengecek kesehatan keuangan para kliennya, termasuk memberikan solusi mengenai masalah keuangan yang dialami. Oleh sebab itu, fungsi pekerjaan ini adalah untuk membantu mencapai target yang diharapkan oleh klien, baik berupa saran pembelian aset investasi, memberikan gambaran situasi makro pada klien, mempersiapkan masa tua yang bebas dari utang, hidup sejahtera, dan mengajari pengelolaan keuangan yang baik.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Penggunaan Jasa Konsultan Keuangan

Setelah mengetahui definisi dan tugas dari seorang professional konsultan keuangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda berniat untuk menggunakannya, dan berikut adalah 5 hal yang harus diperhatikan jika menggunakan jasa konsultan keuangan.

1. Mengenal Apa yang menjadi Kebutuhan Perusahaan Anda

Perhatikan dan cek terlebih dahulu progress laporan keuangan Anda, apakah ada yang harus diperhatikan, apakah ada kekurangan yang ada di didalamnya, bagaimana cara agar kondisi keuangan perusahaan Anda menjadi sehat. Hal-hal tersebut yang bisa menjadi acuan untuk bisa mengenal apa yang menjadi kebutuhan perusahaan Anda di dalam kondisi keuangan perusahaan Anda tersebut.

2. Komunikasikan dan Sharing terlebih Dahulu

Anda bisa bertanya dan berkonsultasi kepada keluarga Anda, relasi Anda atau mungkin orang terdekat Anda yang sudah pernah menggunakan jasa ini sebelumnya. Apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari hal tersebut, bisa menjadi referensi Anda di dalam penggunaan jasa konsultasi keuangan itu selanjutnya.

3. Perhatikan Bibit, Bebet dan Bobot Konsultan Keuangan

Anda dapat mencari beberapa referensi jasa konsultan keuangan yang ada di Indonesia, dan anda bisa melihat sertifikat keabsahannya, melihat etika profesi akuntansi yang diterapkan oleh konsultan keuangan tersebut, dan keahliannya di dalam dunia keuangan dan menjadikannya sebagai referensi sebelum anda memilih jasa konsultan keuangan tersebut.

4. Tanyakan Apa yang Ingin Anda Tanyakan

Sebelum memutuskan menggunakan jasa konsultan keuangan tersebut anda bisa menanyakan apa yang menjadi kebutuhan dan kondisi keuangan perusahaan anda. Jika terdapat sebuah masalah dalam keuangan perusahaan Anda, jangan sungkan untuk menceritakannya dan menanyakan solusinya agar anda mengetahui sejauh mana dia bisa mengatasi masalah keuangan perusahaan anda tersebut.

5. Lakukan Negoisasi Harga dan Pembayarannya

Setelah anda merasa cocok dengan jasa konsultan keuangan tersebut, anda bisa menanyakan metode pembayarannya, dan bernegoisasi harga serta apakah jasa konsultan tersebut bisa melakukan pembayaran bertahap guna meringankan budget yang Anda harus keluarkan nantinya.

Tentunya, setelah anda mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk menggunakan jasa konsultan keuangan tersebut, Anda bisa menjadikannya sebagai bahan pertimbangan. Namun tetap perlu adanya tindakan lebih lanjut dengan tetap mengamati kondisi keuangan Anda, dengan melihat setiap laporan keuangannya tersebut. Dan ada pilihan yang lebih menarik juga yang bisa menjadi referensi buat Anda dalam memantau kondisi keuangan perusahaan Anda saat ini.

Di era teknologi saat ini, anda bisa menggunakan sistem pembukuan keuangan yang berbasis cloud technology sebagai alat dalam membantu anda membuat laporan keuangan anda lebih rapi dan bebas ribet. Harmony Smart Accounting  Solution adalah solusi yang terbaik saat ini di dalam pembukuan keuangan semua jenis perusahaan yang ada di Indonesia. Dengan memiliki lebih dari 20 jenis laporan keuangan, Harmony dapat membantu Anda dengan mudah memantau laporan keuangan perusahaan Anda. Sudah saatnya anda beralih ke teknologi dengan mendaftarkan diri Anda disini dan nikmati GRATIS 30 Hari, dan rasakan perbedaannya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/