Harmony Blog

7 Ide Pemasaran Video Yang Mudah Dan Berdampak Untuk Bisnis Kecil Anda

Diupdate Jan 18th, 2022
0

SHARES

PEMBACA

Pemasaran VideoPin

Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa pemasaran video adalah hal besar berikutnya di dunia internet. Ini telah muncul sebagai pilihan pemasaran yang menarik dan terfokus untuk pengusaha generasi baru dan usaha kecil.

Pemasaran video menjadi sarana yang mudah dan cocok untuk memperkenalkan produk atau layanan Anda kepada audiens.Click to Tweet

Penelitian menunjukkan bahwa video akan menempati sekitar 82% ruang digital pada tahun 2022. Dan 72% konsumen mengakui bahwa video adalah media terbaik untuk mempelajari suatu produk atau layanan.

Dan kenapa tidak? Masyarakat pada umumnya menyimpan lebih dari 90% pesan yang mereka tangkap dari video sementara 10% didapatkan ketika membaca teks. Inilah alasan mengapa 86% bisnis di seluruh dunia menggunakan video sebagai bagian penting dari strategi pemasaran.

Jadi, saat ini Anda menyadari bahwa pemasaran video adalah cara ampuh untuk menarik pelanggan nyata, bukan? Tetapi apakah Anda memiliki sumber daya yang dibutuhkan untuk bersaing dengan perusahaan besar? Misalnya, perusahaan besar memiliki peralatan profesional atau pengetahuan untuk menghasilkan video kelas dunia. Tapi bisakah Anda membeli kemewahan yang sama saat merancang kampanye pemasaran video?

Jika jawaban Anda adalah ‘Tidak’, jangan khawatir, karena kami menyajikan tujuh cara mudah dan menarik tanpa anggaran besar untuk menarik pelanggan dengan video Anda.

Membangun Hubungan Emosional Kepada Audiens Dengan Memperkenalkan Merek Anda

Anda bisa melihat merek terbaik yang ada di pasar dan Anda akan menemukan satu kesamaan yaitu mereka telah menciptakan basis penggemar setia yang akan selalu membeli produk dan layanan merek. Bahkan jika Anda menawarkan produk berkualitas lebih baik dengan harga lebih rendah, masyarakat akan dengan mudah mempercayai bisnis Anda.

Ingat, pelanggan akan mengingat merek Anda karena dua alasan yaitu kualitas produk dan hubungan emosional. Sementara, sebagai usaha kecil, kualitas produk Anda masih harus dianalisis lebih lanjut, tentunya Anda dapat memanfaatkan hubungan emosional.

Untuk membuat iklan, coba buat video online yang memanfaatkan visual, momen, dan suara secara kreatif untuk membuat audiens Anda tetap berada di luar tiga puluh (30) detik pertama. Kebetulan, para ahli percaya bahwa penonton akan meninggalkan video Anda dalam tiga puluh detik pertama jika mereka merasa bahwa kontennya tidak menarik.

Cara terbaik untuk mengatur agar konsep pemasaran video ini berjalan terus menerus adalah dengan merekam video pengenalan merek. Situs web seperti Invideo memungkinkan Anda menelusuri gudang gambar dan musik yang luas untuk ditambahkan ke video marketing Anda dan membuat video intro merek yang mengagumkan. Tunjukkan nilai kemanusiaan dari merek Anda untuk memenangkan penghargaan atas merek dan klik dari audiens.

Strategi pemasaran videoPin

Sebelum membuat video intro, pastikan Anda telah mengidentifikasi bagaimana produk atau layanan Anda mengatasi masalah pelanggan. Setelah audiens menemukan bagaimana merek Anda memecahkan masalah mereka, mereka akan menjadi penggemar Anda.
Selanjutnya Anda dapat masukkan ke halaman beranda situs web Anda (jika ada) dan unggah di berbagai situs web media sosial seperti YouTube, Facebook, LinkedIn, Instagram, dan sejenisnya.

Perkenalkan Produk dan Layanan Dengan Video Explainer

Seperti namanya, video explainer paling cocok untuk menjelaskan produk atau layanan. Terdapat cara yang mirip dengan video intro merek. Namun, video pengenalan merek hanya berfokus untuk memperkenalkan merek secara keseluruhan, sementara video penjelasan lebih mengutamakan kegiatan memperkenalkan produk atau layanan tertentu.

Penelitian menunjukkan bahwa 91% konsumen telah belajar tentang produk dan layanan melalui video penjelasan, dan 97% bisnis mengakui bahwa video penjelasan membantu audiens lebih memahami produk atau layanan mereka. Terlebih juga, 62% perusahaan telah mengaku membuat video penjelasan.
Video explainer umumnya membutuhkan waktu kurang dari enam puluh (60) detik dan memiliki elevator pitch yang kuat menjelang akhir. Pastikan video marketing Anda tidak mengandung banyak jargon dan kata-kata teknis sehingga audiens mudah memahami setiap pesan yang disampaikan.

Tunjukkan Diri Terbaik Anda Dalam Pemasaran Video

Video adalah ruang yang ideal untuk memperkenalkan bakat dan keahlian Anda. Dalam pemasaran video UKM, Anda akan menampilkan gambar dan fitur terbaik Anda atas merek/ produk/ layanan Anda di depan publik. Misalnya, selain berbagi wawasan tentang utilitas produk dan di balik layar, Anda juga dapat mengunggah video petunjuk, panduan sederhana, tutorial, webinar, dan sejenisnya.

Untuk membuat video marketing yang luar biasa, Anda harus mengidentifikasi USP (Unique Selling Proposition) Anda atau hal-hal yang membuat Anda berbeda dari yang lain. Penting juga untuk membuat video Anda berbeda dan menonjol di antara yang lain atau tidak seperti video konvensional lainnya.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Minta Pelanggan Anda untuk Berbagi Ulasan Jujur

Audiens dengan tipe modern lebih suka membaca dan memeriksa ulasan sebelum membeli produk atau layanan. Testimonial video adalah cara yang sangat mudah bagi usaha kecil untuk tampil lebih kredibel. Tentunya Anda bisa membuat video testimoni yang sederhana dan mudah diproduksi serta sesuai dengan strategi pemasaran Anda.

Sementara ulasan online juga merupakan pilihan menarik yang dipertimbangkan konsumen sebelum membeli. Tidak hanya pelanggan, Anda juga dapat meminta karyawan Anda untuk meninjau produk atau layanan. Semakin banyak orang yang memberikan ulasan atas produk dan layanan Anda, semakin baik visibilitas video marketing Anda.

Mengumumkan Peluncuran Produk Baru

Kita hidup di masa ketika preferensi konsumen yang dapat berubah setiap saat. Mereka menginginkan sesuatu yang baru dan tampil trendi. Nah, jika perusahaan Anda tidak memberi mereka sesuatu yang baru, audiens mungkin akan pindah ke perusahaan lain untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Jadi, jika Anda ingin mempertahankan pelanggan setia Anda sambil menarik pelanggan baru, pertimbangkan untuk meluncurkan produk baru dengan visual yang memukau. Kombinasi yang tepat antara visual dan audio yang menarik dapat membuat audiens Anda terpesona dan bersedia membeli produk atau layanan Anda.

Video marketingPin

Tayangkan dan Jawab FAQ

Sisihkan waktu untuk menghadapi pelanggan Anda dan menjawab pertanyaan umum mereka. Orang biasanya memilih bisnis kecil untuk mendapatkan pengalaman yang dipersonalisasi. Siaran langsung dapat menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda peduli. Sesi langsung juga bisa menjadi aksi publisitas yang sangat baik.

Publikasikan tanggal siaran langsung Anda jauh-jauh hari dan patuhi waktunya. Juga, dorong audiens Anda untuk mengajukan pertanyaan. Semakin banyak pertanyaan yang Anda jawab, semakin baik kesempatan untuk menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda peduli akan kebutuhan konsumen.

Edit Video Anda Untuk Mencapai Kesempurnaan

Terlepas dari anggaran Anda, Anda harus membuat video marketing yang terlihat profesional. Untungnya, membuat video profesional tidak memerlukan peralatan atau perangkat lunak yang mahal. Situs web pengeditan video gratis memungkinkan untuk membuat video secara online. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih template, menambahkan video Anda, menambahkan efek & transisi, memasukkan musik, dan mengekspor video Anda ke platform media sosial seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan banyak lainnya.

Membuat video online adalah cara yang berdampak untuk mengembangkan bisnis Anda. Periksalah beberapa video yang ada di internet untuk mendapatkan ide untuk melakukannya dengan baik. Setelah Anda yakin tentang prosesnya, lanjutkan dan coba langsung. Selanjutnya Anda akan merasakan dampak yang berarti bagi bisnis Anda.

Untuk mencapai kesuksesan bisnis tentulah membutuhkan proses yang panjang dan tidak mudah. Anda dapat memulainya dari pemasaran melalui video atau konten lainnya, memperhatikan kualitas produk dan layanan, meninjau kebutuhan konsumen di pasar serta mempersiapkan sistem keuangan yang baik.

Kini semua transaksi dilakukan serba online dan cepat, tentunya Anda juga akan repot jika harus mencatatnya dengan manual. Untuk mengatasinya, coba gunakan teknologi seperti software akuntansi yang membantu Anda membereskan semua transaksi dengan mudah dan cepat.

Melalui Harmony, Anda akan mendapatkan laporan keuangan realtime dan memudahkan Anda untuk menganalisa bisnis kedepannya agar lebih berkembang. Sistem cloud ini bisa digunakan kapan saja dan di mana saja, efektif untuk monitoring bisnis dengan berbagai fitur yang ada. Yuk, gunakan fasilitas Trial 30 Hari dan dapatkan berbagai informasi menarik lainnya melalui sosial media seperti Instagram, LinkedIn, dan Facebook.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony