Harmony Blog

Gunakan Partnership Dalam Bisnis Agar Semakin Luas Target Pasar Anda

Diposting Jun 14th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

PartnershipPin

Dalam dunia bisnis, partnership merupakan kata yang seringkali kita dengar. Partnership adalah salah satu karakter pemimpin handal dan sangat diperlukan untuk memperluas target pasar perusahaan sehingga keuntungan juga semakin meningkat. Namun, tahukah Anda apa itu partnership dan apa saja jenis-jenisnya? Simak pada pembahasan kali ini.

Partnership artinya dalam menjalankan kerja sama kedua belah pihak memiliki prinsip saling membutuhkan dan saling mengisi sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujui.Click to Tweet

Apa Itu Partnership?

Dalam positioning bisnis, istilah partnership business bukan menjadi konsep baru. Namun, tahukah Anda apa itu kerjasama bisnis? Secara umum, kerjasama business merupakan sebuah perjanjian kerja sama antara dua pihak atau lebih dalam menjalankan sebuah bisnis.

Secara sederhana partnership artinya suatu strategi yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih dengan tujuan untuk meraih manfaat ataupun keuntungan bersama dalam jangka waktu tertentu.

Apa itu partnershipPin

Partnership artinya dalam menjalankan kerja sama kedua belah pihak memiliki prinsip saling membutuhkan dan menguntungkan sesuai kesepakatan. Hal ini berarti, kerjasama business muncul karena keinginan masing-masing pihak tanpa adanya unsur paksaan.

Benar-benar murni menjalin kerja sama karena saling membutuhkan dan memenuhi kebutuhan satu dengan yang lain.

Dari pengertian tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa perjanjian kerjasama rtinya suatu jalan untuk mendapatkan tujuan secara kerja sama yang dilakukan dua pihak atau lebih dalam rangka saling meningkatkan keuntungan usaha.

Dengan kata lain, kerjasama artinya adalah sebuah kesepakatan dengan tujuan atas dasar saling membutuhkan dalam waktu tertentu. Di mana kerjasama ini merupakan perjanjian formal yang dilakukan dua belah pihak atau lebih dengan tujuan untuk mengelola bisnis bersama dan membagi keuntungan.

Secara sederhana, kita bisa menyebut perjanjian kerjasama ini sebagai jalan melaksanakan kegiatan untuk memperoleh keuntungan.

Apa Saja Jenis-Jenis Partnership?

Menurut etika bisnis, sebelum memutuskan untuk menjalankan sebuah kerja sama (partnership) maka sebaiknya Anda mengetahui jenis kerja sama seperti apa yang akan dijalankan.

Oleh karena itu, sebagai seorang pebisnis sangat perlu untuk mengetahui jenis-jenis partnership. Adapun, jenis-jenis partnership, antara lain sebagai berikut.

  1. General Partnership (GP)

    Jenis kerjasama yang pertama yaitu General Partner (GP). General Partner merupakan salah satu jenis kerjasama dalam bisnis yang di mana kerja sama antara masing-masing pihak dibagi secara merata.

    Artinya masing-masing pihak turut aktif dalam kegiatan operasional sehari-harinya dan bertanggung jawab penuh terhadap permasalahan apapun yang menimpa bisnis.

  2. Limited Partnership (LP)

    Jenis kerjasama yang kedua yaitu Limited Partner (LP). Limited Partner merupakan salah satu jenis kerjasama berbisnis yang di mana salah satu atau lebih pihak yang melakukan perjanjian atau melakukan kerjasama yang tidak turut aktif mengelola kegiatan operasional sehari-harinya. Pihak yang pasif seperti ini biasa disebut silent partner.

    Dalam menjalankan kerjasama bisnis ini, keuntungan akan dibagi sesuai dengan porsi masing-masing. Namun, silent partner tidak bertanggung jawab penuh terhadap permasalahan yang menimpa bisnis.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  3. Limited Liability Partnership (LLP)

    Jenis kerjasama yang ketiga yaitu Limited Liability Partner (LP). Limited Liability Partner merupakan salah satu jenis kerjasama di mana terdapat perlindungan hukum terhadap semua pihak, baik yang aktif maupun pasif. Sebagai contoh, jika salah satu pihak terkena masalah secara hukum dalam menjalankan bisnisnya, maka pihak yang lain akan terlindungi dari hal tersebut.

Jenis kerjasama seperti ini biasanya diterapkan apabila pihak yang terlibat perjanjian kerjasama akan bekerja dalam satu bidang yang sama, seperti akuntan, pengacara, dan sebagainya.

Untuk memperluas target pasar, selain partnership, Anda juga membutuhkan pengelolaan keuangan dan pembukuan yang sistematis. Pakai Software Akuntansi Harmony untuk mendukung kelancaran pembukuan bisnis sebagai solusi akuntansi online berbasis Cloud.

Software Akuntansi Harmony didukung fitur-fitur akunting yang dapat membantu menangani urusan pembukuan secara lebih cepat, akurat, dan otomatis. Tim finance akan lebih produktif dan bekerja efisien untuk menyajikan laporan keuangan maupun rekonsiliasi bank, pengiriman invoice otomatis, dan urusan akuntansi lainnya.

Jika dulu laporan pembukuan masih berbasis kertas atau spreadsheet yang rumit, kini dengan Software Akuntansi Harmony, Anda bisa membuat 20 jenis laporan keuangan dalam hitungan menit secara instan. Masih ragu? Silahkan buktikan dengan daftar di tautan ini untuk memakai Aplikasi Harmony GRATIS 30 hari.

Follow juga akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk info terupdate lainnya hari ini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony