Harmony Blog

Gugus Kendali Mutu (GKM), Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Diupdate Jun 2nd, 2021
155

SHARES

PEMBACA

Gugus Kendali MutuPin

Tahukah Anda istilah gugus kendali mutu? Seringkali ditemukan di dalam sebuah manajemen operasi perusahaan, yang mana pengendali mutu ini sangat berguna dalam menjaga dan mengendalikan kualitas perusahaan.

Tujuan gugus kendali mutu untuk membahas permasalahan perusahaan dan memberikan rekomendasi solusi terhadap pemecahan masalah tersebut kepada pihak manajemen.Click to Tweet

Dengan adanya kegiatan gugus kendali mutu ini, perusahaan juga dapat memotivasi karyawan, meningkatkan kemampuan karyawan dalam pemecahan masalah, meningkatkan keterlibatan karyawan serta menanamkan kesadaran karyawan tentang pentingnya pencegahan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lengkap mengenai contoh gugus kendali mutu dan bagaimana cara kerjanya dalam sebuah perusahaan. Berikut dalam artikel ini akan kami bahas untuk Anda, maka simak penjelasanya dibawah ini.

Apa itu Gugus Kendali Mutu?

Gugus kendali mutu atau GKM adalah suatu aktivitas yang didalamnya terdapat sekelompok karyawan yang saling bekerjasama dalam upaya mengendalikan kualitas dengan cara melakukan identifikasi, analisis, dan berbagai tindakan lainnya dalam sebuah organisasi.

Dalam pembentukan contoh gugus kendali mutu ini juga harus memiliki persetujuan dari pihak manajemen dan melaporkan gugus kendali mutu serta rencana apa yang akan diterapkan pada pihak manajemen perusahaan.

Apa itu gugus kendali mutuPin

Kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang fasilitator GKM adalah memberikan sebuah pelatihan pada pemimpin tim dan juga setiap anggota, serta mengkoordinasi jalannya sebuah kegiatan GKM.

Sedangkan tugas dari pemimpin tim GKM adalah memimpin timnya secara aktif, dan harus bertanggung jawab penuh pada kegiatan gugus kendali mutu.

Sebagai pemimpin tim juga harus dapat mendorong setiap anggotanya untuk berperan aktif, menjadwalkan dan juga mengelola jalannya pertemuan, serta memberikan pelatihan pada anggota gugus kendali mutu bersama dengan fasilitator.

Baca Juga: Manajemen Proyek: Pengertian, Tujuan Dan Contohnya

Apa Saja Alat yang Digunakan GKM Untuk Mengukur?

Berikut ini terdapat 7 alat pengendali mutu atau QC Tools atau yang umumnya disebut sebagai C7 Tools yaitu:

  1. Fishbone Diagram

    Fishbone diagram atau disebut sebagai cause-and-effect sering digunakan untuk mengidentifikasi kemungkinan penyebab adanya masalah yang terjadi, khususnya pada tim yang cenderung jatuh berpikir saat rutinitasnya.

  2. Control Chart (Peta Kendali)

    Peta kendali ini memiliki bentuk grafik yang mana berfungsi memantau stabilitas dari suatu proses dan digunakan untuk mempelajari perubahan proses dari waktu ke waktunya.

  3. Pareto Chart

    Jenis alat sering digunakan dalam mengendalikan sebuah kualitas. Diagram ini berupa grafik barang yang akan menunjukkan masalah berdasarkan adanya urutan jumlah kejadian yang terjadi.

  4. Scatter Diagram

    Khusus diagram ini merupakan grafis yang berisikan sekumpulan point dari sepasang variabel yaitu X dan Y.

    Baca Juga: Pentingnya Mempelajari Ilmu Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

  5. Check Sheet (Lembar Periksa)

    Alat ini digunakan sebagai alat pertama dalam hal mengumpulkan sebelum nantinya dijadikan dalam bentuk grafik.

    Dengan menggunakan alat lembar periksa yang terstruktur maka Anda bisa meminimalisir perbedaan cara pengambilan data berdasarkan setiap orang.

  6. Flow Chart

    Flow chart adalah gambar yang menunjukkan adanya urutan dan juga hubungan antara suatu proses yang mana dilengkapi dengan instruksinya.

    Gambar ini terdapat berbagai simbol, di setiap simbol tersebut nantinya akan menggambarkan proses tertentu. Untuk hubungan antar tiap proses akan dinyatakan dengan garis penghubung.

  7. Histogram

    Tampilan histogram ini adalah berupa bentuk garis yang digunakan untuk menunjukkan distribusi data secara visual dan juga seberapa sering suatu nilai yang berbeda tersebut bisa terjadi dalam suatu kumpulan data.

Cara Kerja Pemecahan Masalah dalam GKM

Setelah mengetahui apa saja alat yang digunakan dalam melakukan pengendalian mutu, selanjutnya Anda perlu mengetahui bagaimana cara kerja pemecahan masalah dalam GKM.

Cara kerja pemecahan masalah dalam gkmPin

  • Memilih Masalah yang Ingin Diselesaikan

    Cara ini dilakukan agar menentukan durasi waktu yang diperlukan dalam mencapai target yang ingin diinginkan. Namun untuk menentukan target tersebut, Anda dapat menggunakan metode SMART, yaitu Spesifik, Measurable, Achievable, Reasonable, dan Time Base.

  • Mengumpulkan Masalah

    Beberapa kejadian atau masalah yang perlu ditanggulangi oleh pengendalian mutu yang diambil dari masalah yang berkembang di lingkungan kerja GKM. Adapun terdapat 2 cara yang dilakukan yaitu:

    • Ambil salah satu masalah yang terjadi dalam lingkungan kerja. Hal-hal yang menjadi latar belakang prioritas ini misalnya masalah tersebut seberapa besar peluang kontribusinya terhadap mutu usaha (cost, kualitas produk, safety, dan lainnya).
    • Ambil sampel masalah yang ada di lokasi kerja gugus yang menjadi kesepakatan dari semua anggota gugus.
  • Tetapkanlah Target Masalah

    Dalam tahap ini Anda perlu melakukan analisa langsung ke lapangan, dengan begitu Anda dapat mengetahui masalah apa yang sedang terjadi.

    Nah, nantinya akan menjelaskan tabel analisa 4M, yakni method, machine, man dan juga material.

  • Memberikan Rekomendasi Solusi

    Cara ini bertujuan mencari pemecahan untuk menghilangkan semua penyebab yang sudah ditentukan sebelumnya.

    Rencana perbaikan tersebut bisa ditentukan dengan menggunakan teknik sumbang saran dari anggota GKM.

    Agar dapat lebih memudahkan penjabarannya, cobalah untuk merencanakan perbaikan dengan menggunakan rumus 1H-5W yaitu How, What, Why, Where, Who, dan When.

  • Pelaksanaan Solusi

    Langkah ini adalah melaksanakan semua rencana perbaikan yang sudah disepakati dan dibahas dengan matang oleh semua anggota gugus kendali mutu.

    Namun dalam melaksanakan perbaikan ini perlu dijelaskan juga mengenai pentingnya kesungguhan dan partisipasi secara penuh dari seluruh anggota gugus kendali mutu.

    Perlu disesuaikan dengan tugas yang sudah diberikan dan diharapkan rencana perbaikan mampu diselesaikan secara tepat waktu.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  • Teruslah Evaluasi Hasil Pelaksanaan

    Apabila rencana sudah dilakukan dengan benar sesuai dengan yang sudah disepakati, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa hasil dari perbaikan tersebut.

    Hal tersebut dilakukan untuk mengukur seluruh perbaikan yang sudah dilakukan oleh gugus kendali mutu bisa menanggulangi penyebab yang mempengaruhi suatu masalah.

  • Mengikuti Standarisasi

    Apabila Anda sudah memeriksa dan mengatasi semua penyebab masalah dalam perusahaan. Maka langkah selanjutnya adalah melakukan standarisasi yang bisa dijadikan sebagai acuan kerja di lingkungan kerja gugus dan mencegah masalah yang sama terulang kembali.

    Jenis standarisasi yang dibuat bisa mencakup standar untuk metode kerja, operator, material, mesin dan juga lingkungan kerja.

Itulah beberapa penjelasan mengenai gugus kendali mutu. Jadi dapat disimpulkan bahwa gugus kendali mutu adalah suatu aktivitas yang mana terdapat sekelompok karyawan yang saling bekerjasama.

Hal ini terjadi dalam upaya mengendalikan kualitas dengan cara melakukan identifikasi, analisis, dan berbagai tindakan guna menyelesaikan masalah.

Namun selain itu adapun yang harus diperhatikan juga oleh pihak manajemen perusahaan adalah tentang mengatur mengelola keuangan dengan cara mencatat setiap arus kas yang masuk dan mengelola anggaran keuangan pada tiap pos yang dibutuhkan.

Namun dalam melakukan hal tersebut tentu melakukan kegiatan tersebut tidak mudah dan perlu ketelitian yang tinggi, untuk itu gunakanlah software akuntansi dari Harmony.

Sebab, Software Akuntansi Harmony dilengkapi berbagai fitur dan modul akuntansi yang fungsional dan memudahkan sistem pembukuan bisnis menjadi lebih modern, cepat, dan reliable.

Segera yuk, pakai GRATIS 30 hari Software Akuntansi Harmony untuk membuktikan keunggulannya. Daftar melalui tautan ini atau follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk info terupdate aktivitas media sosial kami.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony