Apakah Anda pernah mendengar istilah green marketing? Pada intinya, meski setiap pelaku pasar berhak menjalankan usahanya. Namun, dibutuhkan strategi marketing yang tepat dan selaras dengan lingkungan. Inilah yang saat ini dikenal sebagai green marketing.
Di era pasar bebas, semua pihak yang terlibat dalam ekonomi memiliki kebebasan dalam menjual dan menawarkan produknya. Meski begitu, pemerintah selaku pengawas dan pelaksana ekonomi, tetap memonitoring agar keseimbangan pasar agar sesuai Undang-undang dan Pancasila.
Konsep pemasaran lingkungan atau konsep green marketing adalah sebuah konsep yang saat ini begitu digaungkan berbagai pihak. Mengingat lingkungan dan alam yang mulai terancam. Produk dan layanan yang dihasilkan juga sudah seharusnya lebih ramah terhadap alam. Lalu, apa itu konsep pemasaran lingkungan? Dan benarkah konsep pemasaran lingkungan bisa berkontribusi penting terhadap bisnis Anda? Mari simak pembahasannya di bawah ini, ya!
Table of Contents
Green marketing adalah konsep usaha yang melibatkan promosi produk atau layanan selaras dengan keramahan lingkungan hidup. Karena ditujukan sebagai promosi produk atau jasa, maka sudah bisa dipastikan bahwa green marketing concept atau konsep pemasaran lingkungan adalah termasuk strategi marketing bisnis.
Perusahaan yang mengadopsi konsep pemasaran lingkungan adalah perusahaan dengan karakteristik atau ciri-ciri khusus. Antara lain:
Green marketing concept atau konsep pemasaran lingkungan bekerja dimulai dengan praktik bisnis yang menerapkan metode produk atau jasa berkelanjutan. Apa itu maksudnya? Perusahaan membuat produk yang ramah lingkungan, meliputi bagaimana proses pembuatan produk, kemasan produk, serta menggunakan produk organik.
Sebagai contoh, perusahaan membuat produk dari bahan daur ulang. Atau membuat produk yang bisa didaur ulang atau dipakai lagi. Serta, kemasannya biodegradable atau kombinasi dari ketiganya. Perusahaan di seluruh dunia saat ini berpartisipasi dalam program daur ulang untuk mengurangi limbah dan mendukung inisiatif masyarakat.
Contoh lainnya, restoran yang memakai konsep pemasaran lingkungan hanya memakai bahan baku sayuran organik, bebas pestisida, dan produksi lokal/ petani lokal.
[elementor-template id="26379"]
Green marketing concept atau konsep pemasaran lingkungan adalah strategi marketing yang biasanya dilakukan perusahaan dengan komitmen tinggi. Terutama komitmen dalam hal pembangunan berkelanjutan serta tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR (Corporate Social Responsibility).
Saat ini, banyak perusahaan yang berupaya menerapkan praktik bisnis dengan konsep pemasaran lingkungan. Sebab, perusahaan tahu, mereka bisa membuat produk lebih menarik bagi konsumen, sekaligus mengurangi biaya pengemasan, efisiensi biaya transportasi, penggunaan energi dan air, serta masih banyak lagi.
Selain itu, bisnis mendapatkan keuntungan dengan menerapkan green marketing concept atau konsep pemasaran lingkungan sebagai tanggung jawab sosial tingkat tinggi. Hal ini mampu mendorong loyalitas merek di antara konsumen yang sadar sosial.
Konsep pemasaran lingkungan dapat menjadi strategi marketing yang kuat, ketika dilakukan dengan efektif. Pertimbangkan hal ini:
Perlu diketahui, agar green marketing berjalan sukses, Anda juga perlu mempersiapkan anggaran dan pencatatan laporan keuangan yang lancar. Manfaatkan Software Akuntansi Online dari Harmony untuk pembukuan yang modern, rapi, dan otomatis.
Perhitungan pengeluaran dan pemasukan transaksi, laporan stok barang, invoicing, rekonsiliasi bank, hingga pembuatan 20 jenis laporan keuangan instan. Semakin praktis, cepat, dan bebas ribet. Pakai Software Akuntansi Harmony sekarang GRATIS 30 hari, klik di sini. Temukan fitur-fitur terbaik untuk menyederhanakan tugas akunting bisnis Anda, dengan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.