Harmony » Blog » 

Green Marketing, Apa Itu dan Pengaruhnya Dalam Bisnis?

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 21, 2021

Apakah Anda pernah mendengar istilah green marketing? Pada intinya, meski setiap pelaku pasar berhak menjalankan usahanya. Namun, dibutuhkan strategi marketing yang tepat dan selaras dengan lingkungan. Inilah yang saat ini dikenal sebagai green marketing.

Di era pasar bebas, semua pihak yang terlibat dalam ekonomi memiliki kebebasan dalam menjual dan menawarkan produknya. Meski begitu, pemerintah selaku pengawas dan pelaksana ekonomi, tetap memonitoring agar keseimbangan pasar agar sesuai Undang-undang dan Pancasila.

Green marketing adalah konsep usaha yang melibatkan promosi produk atau layanan selaras dengan keramahan lingkungan hidup.Click to Tweet

Konsep pemasaran lingkungan atau konsep green marketing adalah sebuah konsep yang saat ini begitu digaungkan berbagai pihak. Mengingat lingkungan dan alam yang mulai terancam. Produk dan layanan yang dihasilkan juga sudah seharusnya lebih ramah terhadap alam. Lalu, apa itu konsep pemasaran lingkungan? Dan benarkah konsep pemasaran lingkungan bisa berkontribusi penting terhadap bisnis Anda? Mari simak pembahasannya di bawah ini, ya!

Apa Itu Green Marketing Concept (Konsep Green Marketing)?

Green marketing adalah konsep usaha yang melibatkan promosi produk atau layanan selaras dengan keramahan lingkungan hidup. Karena ditujukan sebagai promosi produk atau jasa, maka sudah bisa dipastikan bahwa green marketing concept atau konsep pemasaran lingkungan adalah termasuk strategi marketing bisnis.

Apa Itu Green Marketing

Perusahaan yang mengadopsi konsep pemasaran lingkungan adalah perusahaan dengan karakteristik atau ciri-ciri khusus. Antara lain:

  • Produk dibuat dengan konsep daur ulang atau berkelanjutan.
  • Produk tidak mengandung bahan beracun atau merusak ozon.
  • Produk dibuat dari bahan-bahan ramah lingkungan atau bisa diurai tanah.
  • Produk terbuat dari bahan terbarukan.
  • Produk tidak memakai kemasan yang berlebihan.
  • Produk dirancang untuk bisa diperbaiki dan tidak dibuang.

Bagaimana Green Marketing Concept (Cara Kerja Konsep Green Marketing)?

Green marketing concept atau konsep pemasaran lingkungan bekerja dimulai dengan praktik bisnis yang menerapkan metode produk atau jasa berkelanjutan. Apa itu maksudnya? Perusahaan membuat produk yang ramah lingkungan, meliputi bagaimana proses pembuatan produk, kemasan produk, serta menggunakan produk organik.

Sebagai contoh, perusahaan membuat produk dari bahan daur ulang. Atau membuat produk yang bisa didaur ulang atau dipakai lagi. Serta, kemasannya biodegradable atau kombinasi dari ketiganya. Perusahaan di seluruh dunia saat ini berpartisipasi dalam program daur ulang untuk mengurangi limbah dan mendukung inisiatif masyarakat.

Contoh lainnya, restoran yang memakai konsep pemasaran lingkungan hanya memakai bahan baku sayuran organik, bebas pestisida, dan produksi lokal/ petani lokal.

[elementor-template id="26379"]

Pengaruh Green Marketing Dalam Bisnis

Green marketing concept atau konsep pemasaran lingkungan adalah strategi marketing yang biasanya dilakukan perusahaan dengan komitmen tinggi. Terutama komitmen dalam hal pembangunan berkelanjutan serta tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR (Corporate Social Responsibility).

Saat ini, banyak perusahaan yang berupaya menerapkan praktik bisnis dengan konsep pemasaran lingkungan. Sebab, perusahaan tahu, mereka bisa membuat produk lebih menarik bagi konsumen, sekaligus mengurangi biaya pengemasan, efisiensi biaya transportasi, penggunaan energi dan air, serta masih banyak lagi.

Selain itu, bisnis mendapatkan keuntungan dengan menerapkan green marketing concept atau konsep pemasaran lingkungan sebagai tanggung jawab sosial tingkat tinggi. Hal ini mampu mendorong loyalitas merek di antara konsumen yang sadar sosial.

Konsep pemasaran lingkungan dapat menjadi strategi marketing yang kuat, ketika dilakukan dengan efektif. Pertimbangkan hal ini:

  • Hampir 48% konsumen di Amerika mengatakan mereka pasti atau mungkin mengubah kebiasaan konsumsi untuk mengurangi dampak lingkungan.
  • Produk dengan atribut berkelanjutan semakin meningkatkan pangsa penjualan toko. Dari 19,7% pada tahun 2014 menjadi 22,3% pada tahun 2017, menjadi 25% yang diantisipasi pada tahun 2021.
  • Sekitar 90% milenial mengatakan bersedia membayar lebih untuk produk yang mengandung bahan-bahan ramah lingkungan atau berkelanjutan.

Perlu diketahui, agar green marketing berjalan sukses, Anda juga perlu mempersiapkan anggaran dan pencatatan laporan keuangan yang lancar. Manfaatkan Software Akuntansi Online dari Harmony untuk pembukuan yang modern, rapi, dan otomatis.

Perhitungan pengeluaran dan pemasukan transaksi, laporan stok barang, invoicing, rekonsiliasi bank, hingga pembuatan 20 jenis laporan keuangan instan. Semakin praktis, cepat, dan bebas ribet. Pakai Software Akuntansi Harmony sekarang GRATIS 30 hari, klik di sini. Temukan fitur-fitur terbaik untuk menyederhanakan tugas akunting bisnis Anda, dengan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram