Harmony Blog

Go Digital, Kunci Sukses UMKM Untuk Bertahan Dalam Persaingan Bisnis

Diposting Agu 17th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Go DigitalPin

Pandemi COVID-19 telah mengubah perilaku konsumen secara online. Saat pembatasan aktivitas, bisnis perlu go digital. Maka itu, bisnis online atau UMKM go digital menggema di mana-mana. Syukur-syukur bisa menambah omset dan tidak merugi, bisnis bisa mencapai titik impas atau Break Even Point sudah lebih dari cukup.

Di era digital saat ini, konsumen mengandalkan bisnis online dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Seperti berbelanja bahan makanan, membayar tagihan bulanan, serta kebutuhan lainnya semuanya serba lewat smartphone dan go digital.

Lalu, apa manfaat UMKM go digital di Indonesia? UMKM go digital harus menjadi langkah awal digitalisasi sebagai solusi keberlangsungan bisnis online. Pemerintah telah berupaya keras dan memberikan kebijakan yang mendukung UMKM go digital. Termasuk menyediakan fasilitas daftar UMKM online memanfaatkan teknologi.

Cara UMKM Go Digital Untuk Bertahan Dalam Persaingan Bisnis

Era digital memaksa bisnis menggunakan teknologi seiring zaman. Berikut adalah beberapa cara yang bisa diikuti agar UMKM go digital dan bertahan dalam persaingan bisnis.

  1. Gunakan Pembayaran Digital Untuk Menjaga Arus Kas

    Perubahan perilaku konsumen yang mendambakan kepraktisan, kemudahan, dan kecepatan transaksi, membuat UMKM go digital harus secepatnya terwujud. Pelaku UMKM perlu mengadopsi pembayaran digital, contactless, dan modern.

    Cara umkm go digital untuk bertahPin

    UMKM go digital termasuk dalam hal pembayaran cashless akan memastikan bisnis tetap mendapatkan pemasukan dan mempertahankan arus kas yang lancar.

    UMKM go digital yang didukung teknologi pembayaran cashless berpotensi mengubah cara bisnis online beroperasi. Digitalisasi pembayaran memperkenalkan kesederhanaan yang sangat dibutuhkan masyarakat era digital. Jadi, kalau ingin bisnis bertahan, segera terapkan UMKM go digital dalam berbagai aspek, termasuk pembayaran era digital.

  2. Bisnis Online Metode Direct-To-Consumer (D2C)

    Dalam bisnis konvensional, distributor dan retailer hadir di antara penjual dan pembeli. Tapi, dalam bisnis model D2C, perantara ini dihilangkan, sehingga penjual bisa langsung berbisnis online dengan pembeli lewat smartphone, website, toko online, marketplace, dan lainnya.

    Di tengah pandemi COVID-19, model D2C bisa menjangkau pelanggan secara langsung, di mana pun berada. Tidak perlu ada perantara atau distributor, sehingga harga barang dan jasa juga lebih murah.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  3. Bermigrasi Ke Solusi Cloud Untuk Bertahan Dalam Persaingan Bisnis

    UMKM go digital sudah pasti harus meminimalisir pengeluaran dan bertahan dalam persaingan bisnis. Maka itu, segera adopsi teknologi seperti Cloud, pembayaran digital, smart invoicing, serta otomasi pembuatan laporan keuangan, dan pembukuan digital.

    Teknologi cloud, diharapkan dapat berdampak dalam efisiensi biaya, tenaga, dan waktu operasional. Sebab, teknologi Cloud memungkinkan bisnis tetap mudah dilacak dan diakses, meskipun harus menerapkan Work From Home (WFH).

  4. Hemat Uang Dan Cegah Kerugian Melalui Software Akuntansi Digital

    Biasanya, proses akuntansi konvensional harus memakai outsourcing ke perusahaan keuangan yang mahal. Padahal, beban pengeluaran ini bisa merugikan UMKM. Apalagi, kalau proses pembukuan usaha masih dilakukan secara manual dengan mencatat di buku besar.

Terkadang, input manual rentan terjadi kesalahan sehingga berpotensi terkena denda kepatuhan hukum pajak. Jika selama ini bisnis Anda masih menggunakan pembukuan berbasis kertas dan spreadsheet yang diinput manual, gunakan solusi modern dari Software Akuntansi Online Harmony.

Teknologi Cloud yang mendukung Software Akuntansi Online Harmony, memudahkan tata kelola keuangan dan pembukuan usaha Anda. Aplikasi Harmony menawarkan solusi akuntansi digital yang mudah dipakai dan dipahami, meski tanpa keahlian teknis IT atau akuntansi sekalipun. Gunakan Software Akuntansi Harmony yang dapat membuat laporan keuangan otomatis dan real time.

Bersama Software Akuntansi Harmony, sebagai pengusaha Anda bisa lebih fokus mengembangkan inti perusahaan, ketimbang terjebak dalam tugas administratif berulang. Anda juga bisa mengandalkan Harmony untuk membantu membuat laporan keuangan dengan harga terjangkau bagi pelaku UMKM.

Dilengkapi otomasi pembuatan laporan keuangan hingga 20+ template instan siap pakai dalam hitungan detik, otomasi rekonsiliasi bank, serta fitur dan modul accounting fungsional lainnya. Jangan pikir lama, ayo buktikan kecanggihan aplikasi Harmony GRATIS 30 hari, coba aja dulu yuk klik tautan ini.

Ada pertanyaan atau butuh info detail, silakan follow akun InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony sekarang.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!