Harmony Blog

Future Value (FV), Bagaimana Cara Menghitungnya?

Diupdate Apr 7th, 2021
3

SHARES

PEMBACA

Future ValuePin

Ada 2 aspek utama dalam konsep perhitungan time value of money yakni future value dan present value. Keduanya memiliki definisi masing-masing, dan banyak digunakan oleh pebisnis baik skala kecil maupun besar dalam budget management.

Dalam dunia ekonomi future value dapat digambarkan dengan nilai waktu terhadap uang (time value of money). Hal ini menjadi salah satu konsep penting. Hal ini merujuk pada perhitungan waktu yang dikaitkan dengan uang.

Fungsi dari future value ini yakni untuk menentukan nilai uang jika uang tersebut disimpan baik bentuk uang kartal atau lainnya dalam waktu tertentu, namun manfaatnya tidak hanya itu saja.

Konsep ini sangat sederhana, uang sekarang dapat bernilai lebih atau kurang dalam beberapa tahun ke depan (future) meskipun jumlahnya sama. Hal ini disebabkan oleh efek inflasi dan risiko yang Anda bisa hindari dengan menyimpan uang dalam beberapa waktu tertentu.

Uang sekarang dapat bernilai lebih atau kurang dalam beberapa tahun ke depan (future) meskipun jumlahnya sama.Click to Tweet

Dari konsep time value of money di atas, kita akan membahas membahas apa itu future value dan bagaimana cara menghitung future value.

Apa Itu Future Value?

Future value adalah nilai aset saat ini pada masa depan berdasarkan tingkat pertumbuhan yang diasumsikan. FV ini penting untuk investor dan perencana keuangan karena mereka akan menggunakannya untuk memperkirakan berapa nilai investasi yang dilakukan saat ini untuk masa depan.

Dengan mengetahui FV, memungkinkan investor dalam membuat keputusan investasi yang cocok tepat berdasarkan kebutuhan mereka yang sudah diantisipasi.

Jadi, future value adalah salah satu cara yang digunakan investor dalam membuat estimasi saldo investasi termasuk pertumbuhan bunga. Tetapi, faktor ekonomi eksternal seperti inflasi juga dapat mempengaruhi nilai aset secara negatif dengan mengikis nilainya di masa depan.

Cara Menghitung Future Value Berdasarkan Tipenya

Nilai masa depan ini dapat dilakukan perhitungan dengan memperhatikan tipe bunga yang diperoleh. Berikut ini beberapa rumus untuk menghitung FV.

Cara menghitung future valuePin

Future Value Dengan Bunga Tahunan Sederhana

Rumus future value ini mengasumsikan tingkat pertumbuhan konstan dan sistem pembayaran di muka tunggal yang tidak tersentuh selama investasi.

Rumus FV ini dapat dilakukan dengan memilih satu dari 2 cara yang bergantung pada jenis bunga yang diperoleh. Jika investasi menghasilkan bunga sederhana maka rumus FV sebagai berikut:

FV=I ×(1+(R×T))

Keterangan:

I = jumlah investasi

R = suku bunga

T = jumlah tahun

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Future Value Dengan Bunga Tahunan Majemuk

Dengan bunga sederhana, diasumsikan bahwa suku bunga hanya akan terakumulasi pada investasi awal. Sedangkan dengan bunga majemuk, tarif akan diterapkan pada saldo akun kumulatif setiap periodenya. Untuk menghitung nilai uang masa depan dengan bunga majemuk, berikut rumusnya:

FV=I ×(1+R^T)

Keterangan:

I = jumlah investasi

R = suku bunga

T = jumlah tahun

Cara menghitung future value berdasarkan rumus di atas, FV adalah salah satu cara perhitungan time value of money yang tidak mengikutsertakan factor inflasi dan tidak dapat menyesuaikan nilai uang Anda dengan adanya inflasi di masa depan.

Jadi naik turunnya nilai mata uang dan suku bunga akan mempengaruhi aset dan nilai uang di masa depan. Untuk penarikannya sendiri, nilai masa depan ini juga bisa menggunakan alat pembayaran non tunai seperti cek, giro, kartu kredit, utang debit atau uang elektronik.

Sudah memahami mengenai FV lebih jauh? Saatnya Anda sekarang bergabung dengan Software Akuntansi Harmony, yang siap membantu proses pembukuan dan pencatatan keuangan perusahaan Anda.

Dengan aplikasi Harmony, siklus keuangan perusahaan Anda akan lebih mudah terkontrol dan lebih efisien. Anda dapat manfaatkan masa trial Software Akuntansi Harmony selama 30 hari secara gratis, hanya cukup daftarkan akun di sini.

Tambah insight atau pemahaman Anda tentang dunia akuntansi dan bisnis lewat akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony setiap hari.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony