Harmony Blog

Fungsi Penting Warehouse Management System (WMS) Bagi Perusahaan Dagang

Diposting Apr 23rd, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Warehouse Management SystemPin

WMS atau disebut sebagai warehouse management system adalah suatu hal yang mana peran nya sangat penting digunakan ketika melakukan operasional pergudangan pada perusahaan dagangnya.

Tujuannya agar kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dagang tersebut dapat berjalan dengan lancar dan juga sesuai dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya.

Warehouse management system adalah untuk mengontrol dan memantau berbagai macam proses yang terjadi seperti pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan.Click to Tweet

Warehouse management system adalah suatu hal yang memiliki peranan penting dalam perusahaan dagang. Sebab warehouse management system adalah sistem yang membantu terkait pengelolaan gudang baik pergerakan barang dari dalam dan luar gudang.

Dengan adanya warehouse management system ini maka dapat mempercepat proses lead time secara otomatis, dapat melakukan saluran distribusi barang dengan baik, mudah dalam mengetahui semua transaksi inventory dan jumlah stok barang dengan lebih cepat, dan dapat mengatur lokasi penyimpanan barang secara optimal.

Konsep yang Terdapat Pada WMS (Warehouse Management System)

Berikut terdapat beberapa konsep manajemen gudang yang dapat Anda terapkan dalam perusahaan dagang Anda yaitu:

  • Konsep FIFO (First In Out)

    Konsep FIFO ini adalah suatu konsep yang mana pada saat barang pertama masuk dalam gudang maka barang tersebut menjadi yang pertama kali harus keluar, atau barang yang pertama kali antri adalah barang yang pertama kali harus dilayani.

  • Konsep LIFO (Last In Last Out)

    Konsep yang kedua adalah LIFO, artinya barang yang terkhir kali masuk harus menjadi barang yang terakhir kali untuk keluar. Contoh barang dengan konsep ini adalah pasir, di mana yang harus diambil terlebih dahulu adalah bagian atasnya.

  • Konsep FEFO (First Expired First Out)

    Konsep terakhir yang perlu Anda terapkan dalam manajemen gudang Anda adalah konsep FEFO, yang mana barang yang sudah mengalami kadaluarsa harus menjadi barang yang pertama kali untuk dikeluarkan, barang tersebut seperti makanan, minuman, obat-obatan, suplemen dan lainnya.

    Pada dasarnya warehouse management system ini harus menggunakan barcode atau kode unik yang bertujuan untuk mengidentifikasi barang dan juga barang yang sudah terintegrasi di seluruh cabang. Dengan begitu warehouse management system akan mampu memberitahu lokasi barang dan penempatan barang yang mana akan direkam dengan menggunakan sistem scan barcode lokasi agar tidak ada lagi barang yang nantinya tertinggal.

Baca Juga: Perbedaan Purchase Order (PO) Dan Purchase Requisition (PR)

Konsep yang terdapat pada wmsPin

Apa Saja Keuntungan Warehouse Management System?

Adapun beberapa keuntungan yang Anda dapatkan ketika menggunakan warehouse management system

  • Mempermudah Dalam Mengatur Penyimpanan

    Warehouse management system yang Anda lakukan tentu akan membantu mempermudah Anda dalam mengatur lokasi penyimpanan barang yang lebih optimal.

    Sehingga untuk setiap jumlah barang yang masuk dalam gudang akan lebih mudah diatur sistem penyimpanannya hanya dengan menggunakan peralatan yang terdapat di dalam warehouse management system.

  • Mengurangi Biaya Peralatan

    Warehouse management system ini dilakukan secara terkomputerisasi dan hanya menggunakan komputer atau laptop saja, sehingga dengan begitu dapat mempermudah Anda dalam mengelola berbagai data yang berhubungan dengan stok barang yang terdapat dalam gudang.

    Sehingga hal tersebut akan mengurangi perusahaan Anda dalam hal ketergantungan pemakaian alat yang masih manual. Sehingga perusahaan tidak perlu lagi untuk mengeluarkan dana untuk membeli alat yang kurang mampu membantu sistem tersebut.

  • Dapat Meningkatkan Kinerja Karyawan

    Jika perusahaan mampu menerapkan sistem manajemen pergudangan dengan tepat, maka hal tersebut juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan performa dan produktivitas karyawan Anda.

    Dengan adanya warehouse management system ini tentu dapat memberikan informasi kepada pihak karyawan mengenai pekerjaan apa yang harusnya mereka kerjakan ketika berada di dalam gudang.

    Dengan begitu para karyawan juga tidak perlu lagi harus membuang waktu di dalam gudang karena masing-masing karyawan sudah memahami dengan benar tentang apa yang seharusnya akan mereka kerjakan.

  • Meningkatkan Pelayanan Bagi Konsumen

    Di dalam perusahaan dagang, tentu Anda memerlukan gudang dalam menyimpan stok produk Anda. Dengan Anda menerapkan warehouse management system ini pada sistem manajemen pergudangan Anda tentu akan membantu Anda dalam merampingkan setiap proses pemesanan sampai pengiriman barang usaha Anda.

    Sebab sistem ini sudah dilakukan secara elektronik. Sehingga hal tersebut dapat membantu perusahaan dalam menentukan tanggal pengiriman kepada pelanggan Anda.

    Namun bukan hanya itu saja, Anda juga harus memperhatikan syarat penyerahan barang Anda ketika ingin melakukan pengiriman barang kepada konsumen, sebab adanya syarat penyerahan barang ini bertujuan agar tidak terjadinya pihak yang dirugikan antara penjual dan juga pembeli.

Fungsi Penting dari Warehouse Management System

Selain keuntungan, adapun terdapat fungsi dari warehouse management system yaitu:

  • Menentukan Lokasi dan Ketersediaan Stok Secara Otomatis

    Semakin banyak barang yang ingin Anda stok, maka semakin besar juga gudang yang Anda perlukan. Namun apabila semakin besar sebuah gudang, maka besar kemungkinan akan besar juga peluang staff gudang salah dalam menempatkan sebuah barang.

    Namun kini dengan adanya warehouse management system ini tentu dapat membantu Anda dalam memastikan stok barang sesuai dimensi, bentuk, dan ruang penyimpanan untuk dapat mengelola penyimpannya dengan lebih baik.

  • Putaway, Picking, Packing dan Shipping

    Dengan adanya WMS, maka proses di atas dapat dilakukan dengan melibatkan penggunaan teknologi. Sehingga proses tersebut dapat dilakukan secara cepat dan tepat.

    Adapun beberapa istilah yang cukup populer dalam alur WMS ini yaitu:

    • Putaway: Artinya proses dalam penempatan barang di gudang biasanya akan disusun di dalam rak-rak tertentu.
    • Picking: Ketika ingin mengambil barang di gudang, biasanya akan diambil apabila ada orderan ataupun transfer.
    • Packing: Proses pengemasan barang akan dilakukan jika barang sudah ingin diorder, dan barang akan dikirim ketika sudah dilakukan packing.
    • Shipping: Proses pengiriman barang akan dilakukan jika barang sudah siap untuk dikirim ke pelanggan.
  • Melacak Stok Barang Menjadi Lebih Akurat

    Salah satu tujuan dari penggunaan manajemen gudang ini adalah agar pelacakan stok barang masuk dan keluar dapat lebih visible. Sebab dengan adanya WMS ini, riwayat proses barang masuk dan keluar akan terlihat dengan jelas.

    Bukan hanya itu, bahkan staff gudang Anda juga dapat mengetahui jumlah stok barang yang datang pada tanggal berapa. Sebab WMS ini akan menggunakan metode FEFO (First Expired First Out).

    Yang mana bertujuan agar barang yang memiliki masa kadaluarsa yang sangat cepat akan dijual terlebih dahulu. Dengan begitu maka kerugian dapat diminimalisir oleh pihak staff gudang dan dapat meningkatkan profit bagi perusahaan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Proses yang Terdapat dalam WMS

Proses yang terdapat dalam wmsPin

  • Receiving and Put Away

    Di mana dalam proses ini akan dimulai pada saat barang tiba di gudang. Barang sudah datang akan dilakukan penginputan terlebih dahulu pada sisitem manajemen pergudangan.

    Hal tersebut bertujuan agar memudahkan karyawan dalam memperbarui database barang yang terdapat di dalam penyimpanan gudang. Sebab prinsip utama dari proses ini adalah adanya kesamaan data pada barang yang datang dengan keperluan yang ada di dalam gudang.

    Apabila proses ini sudah selesai, maka barang akan diletakkan pada lokasi tertentu dalam gudang. Proses ini tentu sangat penting untuk dilakukan karena mampu memberikan data yang akurat mengenai barang yang sudah diterima dan akan ditempatkan.

  • Stock Take

    Proses ini merupakan suatu proses yang terdapat dalam WMS yang tujuannya untuk menyesuaikan stok fisik dan stok yang ada di dalam komputer. Sebab apabila tidak adanya bantuan sistem pengelolaan yang tepat, maka proses akan menjadi melelahkan.

    Sebab pada dasarnya stok take merupakan suatu kegiatan yang sangat memerlukan banyak tenaga, waktu dan juga jumlah sumber daya manusia yang banyak.

  • Reporting

    Proses ini merupakan suatu hal yang sangat penting di dalam manajemen gudang. Laporan yang terdapat dalam sistem gudang harus dapat dijelaskan mengenai stok barang yang ada di dalam gudang. Laporan ini nantinya akan digunakan oleh perusahaan untuk membuat suatu keputusan ataupun kebijakan tertentu.

Itulah penjelasan mengenai warehouse management system. Kesimpulannya, sistem ini akan membantu dalam hal pengelolaan stok. Namun selain itu, Anda juga perlu memiliki sebuah sistem yang bisa mengatur semua biaya, pendapatan dan bahkan sampai pembuatan laporan keuangan.

Software Akuntansi Harmony bisa membantu Anda memiliki laporan keuangan yang rapi dan realtime. Sistem ini juga memiliki fitur simple manufacturing, bantuan untuk stock opname, pencatatan invoice dan fitur lainnya. Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram, dan LinkedIn

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK