Harmony Blog

Flash Sale, Cara Cepat Meningkatkan Penjualan Produk Anda

Diupdate Apr 22nd, 2021
2

SHARES

PEMBACA

flash salePin

Istilah flash sale tentu sudah tidak asing lagi bukan untuk Anda dengar? Tentu istilah ini sudah sangat akrab di telinga kita. Flash sale adalah suatu istilah yang sering digunakan oleh marketplace ataupun website online untuk mempromosikan produknya pada suatu waktu tertentu.

Flash sale merupakan kesempatan pebisnis memaksimalkan penjualan agar mendapat keuntungan yang melimpah dalam waktu cepat.Click to Tweet

Flash sale adalah sistem penjualan yang mana konsep penjualannya memberikan tawaran harga yang rendah (diskon) dan sistem penawaran yang diberikan hanya berlaku dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Selain itu flash sale atau flash deal juga mampu membantu pebisnis dalam menjual produk yang dimiliki agar lebih cepat habis dan laku di pasaran. Maka dari itu strategi pemasaran produk ini sangat banyak diminati oleh setiap perusahaan besar maupun kecil.

Apa itu Flash Sale ?

Yang dimaksud dengan flash sale adalah suatu penjualan kilat. Selain itu, flash sale dapat diartikan sebagai diskon atau promosi yang ditawarkan oleh marketplace atau e-commerce dalam kurun waktu yang singkat dan juga kuantitasnya yang terbatas.

Selain itu diskon yang diberikan juga sangatlah tinggi dan promosi yang dilakukan juga sangat lebih signifikan daripada diskon atau promosi biasanya.

Yang membuat promosi ini juga sangat di minati oleh calon konsumen dikarenakan waktu dan juga kuantitas yang diberikan sangat terbatas sehingga membuat calon pelanggan menjadi semakin tertarik untuk membeli produk yang dijual pada saat itu juga.

Baca Juga: 9 Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Meledakan Omzet

Kenapa Menggunakan Flash Sale?

Sistem penjualan flash sale atau flash deal tidak selamanya bisa digunakan oleh pebisnis, sebab sistem ini hanya digunakan pada saat momen tertentu saja. Alasannya agar dapat memberikan keuntungan yang maksimal pada pebisnis.

Banyak produk yang dijual secara cepat tentu bisa membuat produk menjadi laku dan habis dalam beberapa menit saja. Mengapa? karena harga yang diberikan sangatlah murah sehingga produk tersebut banyak untuk diminati oleh calon konsumen lainnya.

Untuk menerapkan strategi promosi marketplace ini cukuplah mudah. Anda hanya perlu melakukan pemilihan produk, menghitung terlebih dahulu diskon yang akan diberikan dan kuota atau stok produk yang akan dijual.

Sehingga dari komponen tersebut akan terlihat margin yang bisa diperoleh ketika Anda memberikan flash sale terhadap produk Anda. Memilih sebuah produk yang ingin Anda jual tentu harus sangat diperhatikan. Oleh sebab itu dibutuhkan riset pasar agar produk nanti bisa benar-benar diperlukan oleh konsumen. Sehingga jumlah peminat barang tersebut juga semakin banyak.

Apa Saja Keuntungan Serta Kekurangan Dari Flash Sale?

Berikut beberapa keuntungan serta kekurangan yang terdapat dalam flash sale yaitu:

Kentungan dan kekurangan flash salePin

Keuntungan Flash Sale

  • Toko Online Semakin Dikenal Banyak Orang

    Apabila saat marketplace besar sedang mengadakan program flash sale, tentu sudah banyak ribuan calon konsumen untuk menantikannya. Maka di mana banyaknya calon konsumen berkumpul, di situlah waktu yang tepat untuk Anda menampilkan profil toko Anda.

    Apalagi jika toko Anda sudah terpilih di flash sale, maka nama toko Anda akan menjadi sangat luas dan banyak dikenal oleh setiap calon konsumen lainnya.

  • Meningkatkan Omzet Penjualan

    Dalam menerapan dan mengikuti program penjualan ini tentu dapat meningkatkan strategi pemasaran online shop Anda menjadi lebih baik sehingga dapat memaksimalkan kinerja toko online dalam hal omset penjualan. Menjual barang dengan harga diskon tentu sudah pasti akan lebih dinikmati oleh konsumen. Namun walaupun begitu Anda juga harus bisa tetap memperhatikan marginya agar tidak mengalami kerugian.

  • Meningkatnya Transaksi dari Beragam Konsumen

    Dengan menerapkan sistem sale ini, maka Anda memiliki kesempatan dalam meningkatkan jumlah transaksi penjualan dengan konsumen yang beragam. Tentu hal tersebut dapat mempengaruhi status toko Anda, dimana toko Anda akan mendapatkan predikat toko yang baik

Kekurangan Flash Sale

Jika Anda lihat dari sisi produsen atau perusahaan ritel, jenis promo ini tidak memiliki kekurangan bagi setiap pebisnis. Namun dari sisi konsumen, jenis penjualan ini tentu memiliki sisi kekurangan. Biasanya konsumen akan memperoleh beberapa kendala seperti :

  • Ketika ingin melakukan pembelian barang, situs e-commerce menjadi lebih sulit untuk di akses, hal ini dikarenakan banyaknya konsumen yang ingin membeli produk sale ini sebelum kehabisan.
  • Sulitnya dalam melakukan penyelesaian transaksi. Sering kali terjadi kegagalan transaksi yang ingin dilakukan oleh calon konsumen. Misalnya seperti pada saat konsumen sudah masuk dalam proses check out dan tinggal melakukan pembayaran. Namun secara tiba-tiba data belanja hilang karena tidak stabilnya sistem saat melakukan flash sale.
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bagaimana Cara Melakukannya?

Pastinya Anda ingin menggunakan strategi ini dengan cepat, agar semua produk Anda bisa terjual habis. Nah, untuk membantu Anda berikut ini tips melakukannya.

  • Memilih Momen yang Tepat

    Ketika ingin melakukan flash deal, maka Anda harus bisa memilih momen yang tepat untuk menerapkan flash sale pada produk Anda, baik itu dalam momen hari raya lebaran, natal dan lainnya. Sebab di hari spesial tersebut tentu banyak setiap konsumen ingin berbelanja dalam jumlah yang banyak.

    Cara melakukan flash salePin

  • Promosikan Flash Sale

    Anda dapat mempromosikannya melalui media sosial, website hingga aplikasi chat lainnya. Cantumkan informasi tersebut secara lengkap, seperti tanggal, jam, dan pada channel apa flash sale akan diadakan. Lakukan cara ini untuk meningkatkan calon pembeli Anda.

  • Memilih Produk yang Banyak Diminati Konsumen

    Sebelum mengadakan promo ini, maka terlebih dahulu Anda harus menentukan jenis produk yang nantinya akan Anda jual. Pilihlah jenis produk yang paling banyak di cari dan di minati oleh banyak customer. Hal tersebut agar marketplace Anda menjadi semakin banyak untuk diminati oleh calon konsumen.

  • Memberikan Batas Waktu yang Singkat

    Untuk dapat memotivasi pelanggan dalam melakukan pembelian barang dengan cepat dan meningkatkan rasa takut kehabisan barang, maka Anda dapat memberikan batas waktu yang singkat. Umumnya web marketplace akan mengadakan event ini selama 2-3 jam saja. Selain itu ingatkan juga kepada calon konsumen untuk tidak lupa menyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan dan kehabisan barang flash tersebut.

  • Menetapkan Harga Pada Produk

    Dalam melakukan event flash ini, tentu setiap calon konsumen menginginkan barang yang termurah dengan kualitas yang baik. Maka untuk itu, tetapkanlah harga yang kompetitif agar bisa bersaing dengan bisnis ataupun toko lainnya. Ingat, hindari juga memasang harga yang terlalu tinggi.

Anda bisa melakukan flash sale dengan berbagi platform berjualan online pilihan Anda di website toko online ataupun marketplace.  Apabila flash sale Anda sudah berjalan dengan sukses, maka Anda juga harus mencatat setiap pemasukan yang ada dari kegiatan flash sale Anda di laporan keuangan perusahaan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan demi memastikan keuntungan bisnis perusahaan.

Untuk memudahkan Anda dalam mencatat laporan keuangan, maka Anda dapat menggunakan software akuntansi seperti Harmony. Software akuntansi Harmony merupakan teknologi terbaru untuk membantu divisi keuangan dalam membuat laporan keuangan, pembukuan, jurnal transaksi, neraca, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan keuangan usaha.

Fitur-fiturnya sangat mudah dimengerti sehingga sangat cocok untuk setiap orang yang menggunakan. Daftarkan diri Anda di sini sekarang juga, untuk menikmati promo FREE Harmony Accounting Software selama 30 hari. Untuk info lebih lanjut, Anda juga bisa update melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony