Harmony » Blog » 

Flagship Adalah Strategi Tepat Untuk Bersaing Dalam Bisnis

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juli 7, 2021

Flagship adalah sebuah istilah yang belakangan semakin marak terdengar, khususnya di era serba digital seperti sekarang ini. Nah, dengan pemasaran yang besar dan strategi bisnis mumpuni, pastinya produk termahal dari suatu perusahaan akan senantiasa mengusik benar para konsumen loyalnya.

Flagship adalah istilah untuk produk yang menargetkan kalangan tertentu dengan nominal pendapatan yang relatif di atas rata-rata.Click to Tweet

Namun, sebenarnya apa sih arti dari produk flagship? Kenapa begitu banyak perusahaan yang berlomba merilisnya? Apa saja ciri-cirinya dan bagaimana cara manajemen pemasaran internasional maupun domestik yang tepat atas produk tersebut?

Asal-usul Istilah Flagship

Flagship adalah sebuah produk ternama yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan. Istilah ini dahulu lazim terdengar di sektor industri angkatan laut. Biasanya, merujuk pada kapal-kapal canggih, kuat, maupun besar.

Namun poinnya, kapal flagship artinya sarana transportasi yang dinilai paling penting. Sebab, di dalamnya ada komandan armada angkatan laut. Karena itu, dibekali dengan spesifikasi khusus di mana kondisinya jauh lebih baik dibandingkan kapal-kapal yang lain.

Dengan hal tersebut kemudian terciptalah istilah flagship artinya senantiasa identik dengan produk terbaik yang pernah dikeluarkan oleh suatu armada angkatan laut.

Kemudian, seiring berlalunya waktu, penggunaan kata flagship menyasar hingga ke sektor industri lain. Mulai dari layanan transportasi, retail manufaktur, teknologi, dan masih banyak lagi.

Meski begitu, intinya tetap sama bahwa flagship adalah produk yang menargetkan kalangan tertentu dengan nominal pendapatan relatif di atas rata-rata.

Asal-usul Istilah Flagship

Karena itu, tidak perlu heran jika produk flagship biasanya memiliki harga lebih mahal dibanding barang-barang lain, padahal diterbitkan oleh perusahaan yang sama.

Sejalan dengan harga yang terbilang menyasar kalangan menengah ke atas, kualitas produk flagship memang tidak perlu diragukan. Jika strategi pemasarannya sukses dan laku keras, bahkan berpotensi memberikan sumbangan pendapatan terbesar bagi sebuah perusahaan.

Flagship artinya perusahaan memberikan lebih banyak perhatian kepada suatu produk secara khusus, mulai dari proses produksi, pengemasan, distribusi, hingga evaluasi.

Tujuan dikeluarkannya produk ini tidak lain adalah untuk menjaga keseimbangan pasar, di mana hasilnya akan dimanfaatkan sebagai modal dalam memenuhi kebutuhan produksi sesuai permintaan masyarakat.

Dengan kata lain, flagship adalah poin unggulan yang berada di bawah naungan suatu merek. Merupakan representasi dari semua produk yang disediakan atau ditawarkan perusahaan kepada pelanggan loyalnya. Sebagai contoh, mesin pencari Google dari perusahaan raksasa Google, atau Windows dari Microsoft.

[elementor-template id="26379"]

Identifikasi Produk Flagship

Flagship adalah produk yang memiliki ciri khas tersendiri, di mana keunikan tersebut berhasil menarik atensi publik. Tidak melulu soal harga high end, berikut merupakan sejumlah karakteristiknya yang bisa diidentifikasi.

  • Mampu Mengalahkan Seluruh Produk

    Agar dapat bersaing di pasar bebas, perusahaan akan mengeluarkan beberapa produk sekaligus dalam satu waktu. Namun demikian, harus ada satu produk unggulan yang didesain sedemikian rupa untuk bersaing dengan para kompetitor.

    Flagship adalah produk unggulan tersebut, di mana kualitasnya lebih menjanjikan dibanding yang lain. Cara memasarkan produk ini biasanya juga berbeda, modal yang diperlukan untuk menjamin kesuksesannya akan jauh lebih banyak.

    Cara memasarkan produk tersebut dengan menegaskan desain, fitur, serta spesifikasi. Tunjukkan bahwa brand Anda layak dianggap sebagai pesaing dari brand yang sudah ada lebih dulu.

    Selanjutnya, cara meningkatkan konversi penjualan flagship adalah dengan memberikan bukti performa yang membanggakan.

  • Menawarkan Fitur dan Material Terbaik

    Flagship identik dengan kualitas tinggi, ini merupakan kesan yang tidak bisa dihilangkan. Agar bisa bersaing dalam bisnis, Anda harus menonjolkan aspek kualitas tanpa terlalu mempersoalkan harga.
    Tidak dapat dipungkiri, cara memasarkan produk flagship yang tepat merupakan langkah awal membangun perusahaan berdaya saing.

Agar perusahaan Anda mampu fokus mengembangkan inti bisnis dan memenangkan persaingan pasar, pastikan pembukuan dan anggaran keuangan selalu tersusun dengan baik.

Gunakan Software Akuntansi Harmony untuk mendukung kelancaran kinerja tim finance menangani pembukuan bisnis dan anggaran keuangan. Fitur-fitur akunting yang tersedia lengkap dan modern berbasis teknologi Cloud.

Jadi, memungkinkan Anda untuk memantau kondisi keuangan bisnis kapan saja dan di mana saja, semudah menggerakkan jari.

Ayo, sederhanakan manajemen keuangan dan pembukuan usaha Anda bersama Aplikasi Harmony. Klik di sini untuk FREE Trial 30 hari tanpa biaya apapun.

Pelajari keunggulan fitur dan update aktivitas Harmony selengkapnya, follow Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony sekarang.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram