Harmony Blog

Emotional Branding: Strategi Menciptakan Customer Loyal

Diupdate Feb 24th, 2021
5

SHARES

PEMBACA

emotional brandingPin

Apakah Anda sering mendengar tentang strategi emotional branding? Apa pengertian dari emotional branding? Dan seberapa pentingnya emotional branding demi menciptakan customer yang loyal?

Emotional branding ini sangat efektif untuk memasarkan produk Anda yang telah terbukti dapat menarik konsumen menjadi loyal terhadap brand Anda.

Namun, sebelum mengetahui emotional branding untuk memasarkan barang dari perusahaan Anda, disarankan untuk Anda mengetahui beberapa strategi pemasaran produk yang efektif dan efisien.

Pengertian Emotional Branding

Emotional branding adalah suatu strategi yang diterapkan oleh para para bisnis untuk menghubungkan brand dengan emosi. Dalam strategi emotional branding ini ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu konsep pemasaran yang efektif.

Dalam dunia pemasaran selain keunikan produk dan harga, emotional branding yang diterapkan pada perusahaan Anda juga dapat jadi pembeda antara brand Anda dengan kompetitor.

Dan juga bahkan akan lebih menarik konsumen dengan emotional branding ini karena dianggap lebih efektif dibandingkan dengan harga yang relatif murah.

Strategi emotional branding ini dilakukan dengan berusaha menargetkan aspek emosional konsumen dan mengaitkan merek dengan mereka.

Pendekatan pemasaran dalam personalisasi sehingga mampu membentuk ikatan yang cukup kuat dan membangun koneksi secara pribadi dengan konsumen.  Namun jangan melupakan Anda pun harus memahami langkah menentukan segmen pasar.

Melalui cara ini, konsumen akan selalu merasa dekat dengan brand Anda dan menghubungkan dirinya dengan produk yang ditawarkan kepada konsumen tersebut.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dalam memasarkan produk Anda sebaiknya Anda menggunakan strategi pemasara STP

Pengertian Emotional Branding Menurut Para Ahli

1. Menurut Paul Temporal (2006, dalam Andryanto, 2009) menyatakan bahwa “jika perusahaan ingin brandnya mencapai posisi tinggi dan dapat bertahan dalam posisi tinggi tersebut disana, maka strategi perusahaan harus melibatkan elemen atau unsur emosi di dalamnya. “

Brand yang sukses umumnya memiliki elemen dari emosi pada struktur mereka.”

2. Berdasarkan Marc Gobe (2005) menyatakan bahwa “emotional branding atau penciptaan brand dengan nuansa emosional merupakan konsep penciptaan citra merek yang mempunyai tujuan menjalin hubungan emosional yang mendalam antara brand dan konsumen melalui pendekatan-pendekatan yang kreatif dan inovatif”

Strategi Emotional Branding

Untuk mencapai level tersebut yang dimana diperlukan berbagai cara, karena emotional branding adalah sebuah strategi. Ilustrasi yang diberikan oleh brand harus autentik dan jujur agar bekerja dengan efektif. Emotional branding juga termasuk dalam strategi meningkatkan konversi penjualan.

Pengusaha pun harus benar-benar memahami identitas brand-nya sendiri dan konsumen yang akan dituju supaya bisa membuat pendekatan yang tepat.  Berikut 6 materi pendekatan yang bisa digunakan agar emotional branding  yang diterapkan berhasil menarik konsumen.

1. Inspirasi

Pendekatan melalui inspirasi disini dapat ditunjukan kepada semangat individua atau sosial. Pendekatan melalui inspirasi di sini bisa ditujukan kepada semangat individu maupun semangat sosial.

Sebuah perusahaan yang memakai strategi emotional branding yang dimana memperlihatkan prestasi seseorang di dalam iklannya bisa membuat konsumen tertarik membeli dan menggunakan.

Melalui motivasi konsumen dapat menjadi seperti orang yang diilustrasikan jika memakai produk dan layanan Anda. Inspirasi ini juga dapat dikaitkan dengan isu sosial.

Brand yang menampilkan isu manusiawi dan sosial sebagai sumber inspirasi akan banyak mendapatkan perhatian. Mereka akan dengan ringan hati membelanjakan uang untuk sesuatu dengan tujuan akhir yang baik.

2. Aspirasi

Dengan pendekatan aspirasi membuat brand menyentuh impian, keinginan dan tujuan konsumen. Dengan ini konsumen merasa cita-citanya terakomodasi.

Aspirasi konsumen cukup banyak, mulai dari menginginkan pendidikan yang berkualitas, kecerdasan, kecantikan, kehidupan yang modern, penampilan yang mewah, pekerjaan yang mudah dan masih banyak lagi.

Supaya dapat terwujudnya pendekatan ini diperlukan kemampuan untuk benar-benar memahami kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga brand  dapat memenuhi target pelanggan.

Para pengusaha juga perlu membangun kisah untuk menghidupkan mimpi tiap orang sehingga brandnya bisa lebih dekat dengan konsumen.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

3. Isu Sosial

Rasa empati masyarakat yang semakin menurun, rusaknya lingkungan serta permasalahan hidup lainnya, muncul sebagai brand yang peduli adalah pilihan tepat. Seperti yang diketahui, perusahaan yang mengabdikan keberadaannya untuk isu-isu sosial umumnya mendapatkan perhatian lebih dari konsumen.

Konsumen yang mempunyai akses tidak mudah untuk membantu sesama manusia, orang-orang lebih cenderung menuangkannya dalam wujud konsumsi. Orang-orang akan membeli barang atau memakai layanan jasa yang bisa menghubungkan mereka dengan orang-orang yang membutuhkan tanpa repot.

Pendekatan ini juga menjadi salah satu yang baik karena konsumen juga peduli dengan kehidupannya di masa yang akan datang.  Upaya perusahaan Anda untuk tidak merusak lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan akan sangat dihargai oleh konsumen. Hal Ini yang membuat mereka akan kembali menggunakan produk dan layanan Anda.

3. Isu Lokal

Selain isu sosial yang secara general, konsumen juga akan tergerak membeli jika dikaitkan dan diperlihatkan kepada konsumen hal-hal yang dekat dengan budaya dan lingkungannya.

Kebanggan dan semangat akan tempat tinggal yang akan membuat konsumen terhubung dengan sebuah brand.

Perusahaan dapat memmakai strategi “gunakan produk lokal”, memberikan substansi yang serasi dan tepat, menyelipkan sejarah dan dipasarkan di daerah tersebut.

Brand-brand pun disarankan terkait dengan pasar lokal dengan menampilkan atraksi, kebudayaan, fasilitas umum dan kebanggan lain yang dimiliki.

Dapat Anda coba dengan menjadi sponsor untuk acara-acara domestik tertentu dan Anda dapat melihat bagaimana antusiasme konsumen. Ini berlaku  untuk perusahaan besar dan perusahaan besar.

Pada usaha kecil pun sudah yang melakukan branding berdasarkan kearifan lokal karena dapat lebih banyak mendapatkan koneksi ke komunitas.

4. Cerita Hidup

Selalu menampilkan brand Anda dalam setiap tahapan kehidupan konsumen ini sangat efektif untuk memperkuat hubungan. Brand Anda akan dilihat oleh konsumen sebagai suatu kebutuhan yang sangat mengerti hidupnya mulai dari awal hingga akhir.

Nyatakan bahwa brand Anda akan berada di dekat konsumen untuk semua naik turunnya kehidupan. Semua hal ini yang dapat membuat konsumen merasa bahwa produk dan layanan dari brand Anda wajib ada di dalam kehidupan sehari-hari mereka.

5. Perayaan Dan Pencapaian

Ingatkah Anda dengan filosofi “Seseorang akan sangat bahagia ketika diingat?.” Filososfi inilah yang dapat dijadikan dasar munculnya pendekatan ini.

Seperti pada perayaan hari-hari bersejarah konsumen di hari ulang tahun, pertama kali memasuki sekolah, hari kelulusan, mendapatkan prestasi, kencan pertama, perayaan keagamaannya dan lainnya dapat dijadikan materi branding yang cukup efektif untuk menarik konsumen.

Berikan konsumen reward berupa paket, promo, diskon, event dan masih banyak lagi di setiap perayaan dan pencapaian tersebut. Pemberian ini menjadi salah satu tanda bahwa brand Anda mengingat hari-hari penting dalam hidup konsumen.  

6. Ekspresi Kasih Sayang

Cara paling efektif untuk menyemarakan sisi emosional konsumen terhadap brand adalah dengan mengekspresikan kasih sayang. Hal ini akan menganggap sebuah brand dan membuat sebuah bisnis yang tanpa jiwa menjadi bisnis yang sangat peduli.

Tunjukkan sisi brand yang akan membuat kehidupan seseorang menjadi lebih baik serta memberikan kebahagiaan. Konsumen kelak akan memahami tujuan brand Anda dan lebih peduli. Ketika sudah sampai ke level pendekatan ini, konsumen akan loyal karena konsumen akan percaya apa yang Anda berikan membuat kehidupan konsumen menjadi lebih baik.

Demikian 6 materi pendekatan yang dapat dipakai dalam strategi emotional branding yang dilaksanakan dan sudah berhasil menarik konsumen.  Anda tidak perlu melakukan semua pendekatan sekaligus atau dalam waktu yang sangat dekat.

Ada baiknya dicoba beragam materi yang dapat dipraktikan dan lihatlah mana dari semua itu yang paling efektif untuk bidang usaha Anda. Saat sudah menemukan yang tepat untuk mendatangkan keuntungan, maka dapat melanjutkan langkah selanjutnya, yaitu mengatur keuntungan itu sendiri.

Keuntungan tersebut dapat wujudnya beraneka ragam mulai dari konsumen, kerja sama, koneksi ataupun uang. Untuk mengatur keuangan perusahaan ini membutuhkan sebuah aplikasi akuntansi yang akan membantu pekerjaan Anda. dengan begitu Anda akan lebih fokus untuk memperbarui strategi serta keuangan bisnis yang ada.

Agar bisnis tersebut berkembang, penting bagi Anda untuk memiliki pencatatan keuangan yang rapih. Oleh karena itu, Harmony dapat membantu Anda dalam membereskan pembukuan dengan praktis dan mudah. Software Harmony akan membantu Anda menerima laporan keuangan secara real time dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang sebagai akuntan sekalipun.

Dan saksikan bagaimana Harmony membantu para pebisnis untuk memiliki pembukuan yang rapih dan teratur melalui konferensi tahunan kami yaitu FinTax Fair 2019. Mulai gunakan Harmony untuk membereskan pembukuan bisnis Anda dan dapatkan Gratis 30 Hari disini dengan mendaftarkan akun bisnis/ perusahaan Anda.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK