Harmony Blog

Embargo Adalah Bentuk Larangan dalam Ekspor Impor, Pahami Jenis dan Contohnya

Diposting Jun 29th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Embargo AdalahPin

Sudah tahukah Anda tentang embargo? Pada dasarnya, embargo adalah larangan pemerintah terkait kegiatan ekspor ataupun impor. Hal ini sangat erat dengan aktivitas perdagangan internasional. Mungkin jika Anda berbisnis di bidang tersebut, lebih familiar dengan istilah itu.

Atau mungkin sebagian besar barangkali sudah pernah mendengar istilah embargo melalui surat kabar atau berita di televisi. Embargo artinya secara bahasa merupakan bentuk larangan yang diterbitkan oleh pemerintah di suatu negara berkenaan dengan kegiatan impor dan ekspor komoditas tertentu.

Embargo ekonomi adalah aktivitas perdagangan internasional, yang umumnya ditetapkan sebagai bentuk hukuman atau sanksi pada suatu negara.Click to Tweet

Jadi, embargo adalah bentuk larangan pemerintah agar suatu negara tidak melakukan kegiatan ekspor dan impor. Tujuan penerapan embargo adalah mendukung kepentingan ekonomi, politik, sekaligus kebijakan suatu negara dalam rangka mempertahankan kondisinya agar tidak terus-menerus bergantung pada komoditas impor.

Artinya, kebijakan ekonomi embargo adalah salah satu langkah untuk menyelamatkan wilayah dari ekspansi berkelanjutan oleh pihak lain.

Dengan catatan, jika dilakukan dalam rangka melancarkan strategi distribusi komoditas tertentu, dan bukan paksaan.

Kenali Jenis Embargo

Sebagai pebisnis, Anda perlu mengetahui semua jenis embargo lebih detail. Berikut ini penjelasannya untuk Anda.

  • Embargo Ekonomi

    Embargo ekonomi adalah aktivitas perdagangan internasional, yang umumnya ditetapkan sebagai bentuk hukuman atau sanksi pada suatu negara.

    Bentuk penerapan embargo adalah pelarangan kegiatan impor atau ekspor komoditas tertentu sehingga berpotensi menyulitkan negara yang dikenai hukuman tersebut.

    Hal ini karena kekurangan pasokan bahan baku sangat mempengaruhi kelangsungan produksi suatu perusahaan, di mana akan terjadi kenaikan harga pada komoditas terlarang sehingga membutuhkan biaya lebih besar untuk memenuhi pasokan bahan baku.

    Belum lagi, kualitas barangnya tentu berbeda. Kabarnya, pernah ada contoh embargo di Indonesia.

    Pada dasarnya, penetapan embargo artinya akan membawa efek negatif kepada negara yang terkena sanksi, khususnya bila sejak awal memiliki tingkat ketergantungan tinggi terhadap komoditas hasil impor.

    Ujung dari persoalan ini, tidak menutup kemungkinan berakhir membuat keadaan ekonomi menjadi tidak stabil sehingga menyebabkan PHK di mana-mana.

    Lebih jauh, efek embargo adalah kedua negara yang bersitegang akan mengalami perang dingin. Untuk itu, banyak negara di dunia yang memilih melaksanakan perundingan hingga melibatkan WHO dan PBB guna menentukan kebijakan paling masuk akal, di mana kerugian bisa ditekan ketika terjadi embargo.

    Jenis embargoPin

    Upaya perundingan ini dilakukan guna meraih perdamaian di antara dua negara yang bersitegang dengan memprioritaskan nasib rakyatnya. Apalagi, salah satu aturan kebijakan embargo adalah adanya larangan dalam jangka waktu tertentu.

    Karena itu, langkah awal yang harus ditempuh oleh kedua negara bersitegang jika ingin mencabut kebijakan embargo adalah membuat kesepakatan terlebih dahulu. Masalahnya, tidak mudah melakukan perundingan, bahkan tidak jarang memakan waktu lama dan sangat alot.

  • Embargo Informasi

    Suatu larangan perilisan berita pada sebuah media dalam kurun waktu tertentu disebut embargo informasi. Ketentuan mengenai hal ini telah diatur oleh undang-undang kebebasan pers, di mana embargo artinya melarang secara penuh perusahaan media yang bersangkutan dan jika melanggar maka akan dikenakan denda atau sanksi tegas.

    Dengan kata lain, embargo informasi bersifat mengikat secara ketat bagi pihak-pihak terkait di dalamnya. Tidak menutup kemungkinan, efek lanjutan embargo adalah merugikan perusahaan yang bersangkutan secara materiil.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Embargo Ekonomi

Seperti yang telah dipahami bersama, embargo ekonomi adalah bentuk larangan tegas terhadap suatu negara oleh negara lainnya. Kebijakan yang mampu mengguncang perekonomian nasional dan bahkan berimbas pada PHK besar-besaran di wilayah terkena sanksi.

Jika menilik sejarah, ternyata pernah ada contoh embargo di Indonesia. Tepatnya pada tahun 1999 sampai 2005, Indonesia mendapatkan kebijakan embargo dari Amerika serikat dalam sektor perdagangan senjata militer.

Sebagaimana contoh embargo di Indonesia saat itu, saluran distribusi persenjataan militer dari Amerika Serikat dihentikan. Situasi yang muncul akibat adanya pelanggaran HAM oleh ABRI di Timor Timur.

Memang pada prinsipnya, embargo adalah jalan paling tegas untuk memberikan sanksi kepada negara yang melanggar suatu aturan atau kesepakatan tertentu, khususnya dalam skala internasional.

Dampaknya bisa bikin ekonomi banyak perusahaan di negara tersebut bankrut karena sulit mengekspor atau mengimpor produk dari negara lain.

Terlepas dari hal itu, perusahaan harus terus mengendalikan manajemen keuangan agar tetap lancar dan rapi. Software Akuntansi Harmony adalah solusi untuk menjalankan bisnis secara online dan offline dengan berbagai fitur akunting yang canggih.

Mulai dari pencatatan transaksi jual beli, perhitungan aset, rekonsiliasi bank otomatis sampai laporan keuangan yang diberikan real time.

Tertarik mencoba Software Akuntansi Harmony? Silakan daftar melalui tautan ini untuk pakai GRATIS dalam 30 hari. Like, comment, dan follow Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony dan dapatkan detail info fitur-fiturnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK