Harmony Blog

Elemen Penting dalam Digital Branding yang Dapat Anda Maksimalkan

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

digital branding harmonyPin

Membangun digital branding pada bisnis online merupakan salah satu cara bagi pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Dimana sudah kita lihat, bahwa persaingan dalam dunia bisnis kini sudah semakin banyak.  

Bagi kalangan pebisnis, dengan membangun kekuatan digital menjadi wajib untuk dilakukan oleh perusahaan yang ingin menguasai pasar. Sebab apabila perusahaan berhasil menguasai ilmu di era digital maka perusahaan tersebut akan memiliki banyak strategi untuk membangun merek perusahaannya.

Digital branding ini berfokus pada sebuah komponen yang dapat membantu Anda untuk mendorong pertumbuhan bisnis dalam bentuk prospek dan penjualan yang dihasilkan terutama melalui digital atau internet.

Selain digital branding, ada juga yang dimaksud dengan digital marketing. Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Konsep dan penerapan digital marketing adalah hal yang dilakukan untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand.

Sedangkan digital branding adalah proses membangun dan membingkai brand dengan cara menyampai keunggulan produk secara online,dengan cara menggunakan website, aplikasi, sosial media, dll.

Namun bisa dikatakan sebagian pelaku bisnis belum paham akan manfaat dan strategi dari sebuah konsep pemasaran digital branding seperti yang akan kita bahas kali ini.

Selain karena memiliki konsep yang sedikit membingungkan, kurangnya pengetahuan terhadap teknologi informasi yang ada saat ini menjadikan strategi pemasaran digital branding masih cukup asing dan sulit untuk dilakukan bagi beberapa orang di kalangan pelaku usaha.

Apa itu Digital Branding?

Digital branding adalah suatu upaya yang melibatkan kreativitas untuk mengenalkan perusahaan atau merek kepada khalayak umum dengan menggunakan sosial media. Contoh digital branding yaitu, website, aplikasi, dan berbagai jenis sosial media lainnya.

Dengan adanya digital branding ini tentu dapat mempermudah Anda dalam menyampaikan atau memasarkan produk Anda melalui komunikasi online saat ini, sehingga dapat memudahkan masyarakat dalam mengenal setiap produk dari perusahaan yang Anda miliki.

Namun meskipun terkesan mirip, branding dan promosi merupakan dua hal yang berbeda. Digital branding tidak hanya sekedar mengenal nama dan produk. Digital branding lebih jauh dari itu, branding dapat menjadi upaya dalam membangun branding equity.

Dengan memiliki nama brand dan terkenal dari berbagai kalangan produk yang dipasarkan, bisa saja para pembeli atau konsumen akan merelakan pengeluarannya untuk membayar di atas standar karena produk tersebut telah memenuhi branding equity maupun kualitas produk. Digital branding juga menjadi poin penting bagi Anda untuk bersaing dengan pebisnis lainnya. Dalam persaingan bisnis patutnya seorang pengusaha mengenal istilah customer centric.

Berbicara mengenai customer centric berarti pemahaman atau pengenalan lebih mendalam mengenai kepuasan atau loyalitas customer. Maka dari itu, perlu bagi Anda untuk lebih memahami bagaimana cara ataupun strategi yang baik untuk Anda terapkan dalam perkembangan bisnis Anda.

Baca Juga : Pengertian Lengkap CRM (Customer Relationship Management)

Elemen Penting dalam Digital Branding yang Dapat Anda Maksimalkan

Berikut beberapa elemen penting yang terdapat pada digital branding pada saat ini, yaitu:

1. Konten Marketing

Salah satu cara ampuh untuk menciptakan ikatan antara audiens dan produk Anda adalah konten marketing. Konten marketing pula yang membuat branding secara digital lebih meningkat. 

Apabila Anda ingin memberikan konten yang terbaik, tentunya Anda perlu melakukan audit konten seperti menghapus konten-konten yang sudah lama, memantau pergerakan artikel dan memaksimalkan website serta konten agar SEO friendly dapat menembus halaman pertama search engine.

Anda juga bisa menceritakan sebuah kisah tentang bagaimana brand Anda berkembang, apa yang memotivasi Anda, atau bagaimana Anda berhasil mencapai tujuan bisnis Anda.

Ataupun menceritakan tentang tantangan dan hambatan yang berhasil Anda hadapi. Beritahu bagaimana tantangan tersebut mempengaruhi brand atau produk yang Anda tawarkan saat ini.

Salah satu tujuan dari konten marketing adalah meyakinkan audiens bahwa produk atau layanan Anda adalah solusi dari masalah yang sedang mereka hadapi. Maka dengan adanya konten marketing yang baik akan bisa memudahkan konsumen agar lebih tertarik dan jatuh cinta dengan brand Anda.

2. Gunakan Website Untuk Digital Branding

Website ibarat sebuah etalase yang berguna untuk memasarkan produk pada bisnis Anda. Dengan memiliki sebuah website pada bisnis Anda, maka Anda bisa dengan mudah menjelaskan produk secara detail kepada calon konsumen.

Apabila customer yang ingin tahu lebih banyak tentang brand Anda maka mereka akan segera mencarinya di internet. Konsumen mungkin akan mengetikkan nama brand Anda di Google dan berharap mereka bisa menemukan produk Anda di mesin pencarian.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan website maka buatlah desain website yang dapat membangun branding bisnis Anda dan sebisa mungkin gunakanlah desain yang user friendly.

3. SEO (Search Engine Optimization)

SEO atau sering disebut sebagai Search Engine Optimization ini akan memastikan bahwa brand Anda akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencarian.

Bagi pebisnis yang ingin menerapkan strategi SEO, Anda bisa menggunakan tool gratis seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, atau Ahrefs. Lalu setelah Anda menemukan dan menyiapkan kata kunci dengan menggunakan berbagai tool tersebut. Maka Anda dapat mengunakan kata kunci tersebut dalam artikel Anda.

Tujuannya melakukan SEO ini adalah agar website Anda lebih mudah ditemukan oleh mesin pencarian. Hasil pencarian juga dapat meningkatkan kredibilitas. Sebab banyak audiens percaya bahwa brand yang berada di posisi pertama di hasil pencarian berarti sangat kredibel.

4. Manfaatkan Media Sosial Dengan Optimal

Sebagian besar masyarakat pada saat ini, mulai dari yang muda hingga yang tua, sepertinya memiliki media sosial. Maka sudah tidak heran lagi jika media ini sangat powerful untuk membangun branding suatu bisnis.

Terdapat berbagai macam jenis media sosial seperti Twitter, Instagram hingga Facebook dan semuanya telah menjadi bagian dari keseharian manusia modern. Maka media sosial sangat bisa dimanfaatkan untuk digital branding. Tujuannya tidak lain agar pelanggan merasa tertarik.

Baca Juga : Mengenal Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning)

5. Email Marketing

Dengan banyaknya media sosial, email menjadi media yang sedikit banyak terlupakan. Namun pada bagian digital branding, email menjadi cara yang paling mudah untuk menjangkau pelanggan, khususnya pelanggan yang tidak menggunakan media sosial.

Anda juga bisa menerapkan strategi digital branding yang satu ini dengan mengumpulkan data alamat email audiens terlebih dahulu dan strategi email marketing ini juga dapat Anda lakukan pada bisnis baru maupun bisnis yang sudah lama berjalan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

6. Brand Messaging

Mungkin masih banyak dari Anda yang belum memahami apa itu brand messaging. Brand messaging adalah suatu pesan yang ingin disampaikan oleh pebisnis pada calon pelanggan.

Pesan yang Anda sampaikan harus sesuai dengan misi bisnis Anda dan jangan lupa Anda harus senantiasa fokus pada keinginan dan kebutuhan para pelanggan.

Untuk membuat brand messaging yang unik Anda harus memiliki ciri khas dalam menyampaikan brand messaging Anda kepada konsumen, menentukan gaya messaging pada konsumen Anda, apakah dengan menggunakan gaya bahasa yang formal ataupun menggunakan bahasa yang santai.

7. Logo

Logo seharusnya menjadi satu-satunya gambar yang bisa dihubungkan dengan merk. Beberapa brand besar memiliki logo yang identik dengan produk mereka.

Membuat logo sangat penting bagi bisnis karena menjadi identitas visual dari sebuah brand. Selain itu logo juga akan membuat produk Anda lebih mudah diingat dan dikenal menjadi identitas utama platform dan channel marketing yang bisa Anda gunakan.

8. Influencer Marketing

Influencer marketing adalah bentuk marketing yang menggunakan jasa orang lain dengan penggikuti sosial media yang banyak untuk memposting brand Anda. Influencer marketing juga dapat membuat konten sesuai dengan gaya dan kreativitas yang mereka miliki. Dengan adanya bantuan dari jasa influencer maka tugas marketing akan sedikit lebih mudah.

Anda harus memilih influencer yang sesuai dengan brand Anda, seperti mikro influencer (jumlah follower sekitar 10 ribu orang), makro influencer (jumlah follower lebih dari 100 ribu), premium (top influencer dengan jumlah follower terbanyak), Youtuber (yang bekerja dengan mengunggah video ke Youtube), dan terakhir Blogger (memberikan informasi tentang sebuah produk lewat konten tulisan di blognya).

Dengan memanfaatkan digital branding menjadi strategi bisnis Anda di tengah perkembangan dunia teknologi sekarang ini dan diharapkan mampu mendongkrak penjualan produk bisnis Anda.

Gunakan elemen-elemen digital branding diatas dengan seefisiensi mungkin untuk menghindari biaya-biaya yang cukup besar yang justru malah bukan membuat Anda profit malah mengeluarkan dana yang lebih.

Pantau terus pengeluaran yang terjadi untuk digital branding ini dalam sebuah laporan keuangan. Anda bisa menggunakan sistem akuntansi Harmony Smart Accounting Solution dalam membuat laporan keuangan agar terlihat lebih rapi tanpa ribet.

Untuk menggunakan software akuntansi Harmony, segera lakukan registrasi disini. Anda akan segera menggunakan software ini secara free trial selama 30 hari.

Untuk Anda yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mengurus pembukuan perusahaan, Anda memerlukan jasa pembukuan seperti Harmony Accounting Service. Jasa pembukuan Harmony akan membantu Anda untuk merapikan pembukuan bisnis Anda, sehingga Anda dapat fokus dalam mengembangkan bisnis. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK