Ekonomi Mikro: Pengertian, Contoh dan Pengaruhnya Bagi Bisnis Anda
Harmony Blog
Finance
Ekonomi Mikro: Pengertian, Contoh dan Pengaruhnya Bagi Bisnis Anda
December 21, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Dalam dunia ekonomi ada dua komponen penting yang sering kita dengar yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro.

Dua komponen ini merupakan cabang ilmu ekonomi yang membahas serta menganalisis fenomena dan kejadian seputar perekonomian.

Namun pengertian ekonomi mikro juga bisa diartikan sebagai suatu cabang ilmu ekonomi yang membahas dan mempelajari tentang perilaku pelaku ekonomi yaitu produsen dan konsumen terhadap suatu produk, baik harga, kuantitas ataupun kualitas.

Dalam pelaksanaannya, tindakan ekonomi harus mengedepankan prinsip ekonomi yang sering dijadikan panduan dalam menjalankan sebuah kegiatan ekonomi pada proses produksi, distribusi dan konsumsi.

Ekonomi mikro dalam bisnis dapat mempengaruhi pengambilan keputusan mengenai hal penawaran dan permintaan barang atau jasa.

Namun pada dasarnya semua pelaku baik konsumen ataupun produsen dalam ekonomi mikro menginginkan hal yang baik.

Di mana konsumen ingin selalu memenuhi dan memuaskan semua keperluannya, begitu juga dengan produsen yang selalu berusaha untuk mendapatkan dan meraih keuntungan semaksimal mungkin.

Yang menjadi pusat perhatian dari ekonomi mikro adalah bagaimana seorang konsumen mampu mengalokasikan dana terbatas dikarenakan adanya permasalahan ekonomi yang dimilikinya.

Untuk lebih lanjut memahami ekonomi mikro, pada artikel ini akan di bahas apa itu ekonomi mikro dan bagaimana ekonomi mikro mempengaruhi bisnis Anda.

Apa itu Ekonomi Mikro?

Ekonomi mikro adalah sebuah ekonomi yang khusus mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan dengan penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjual belikan.

Hal ini juga secara langsung akan berpengaruh terhadap pengambilan suatu keputusan dalam penawaran maupun permintaan barang atau jasa.

Sistem ekonomi mikro juga memiliki tujuan bagi sebuah perusahaan yaitu untuk menganalisa pasar dan bagaimana mengatur sebuah mekanisme untuk membentuk harga produk maupun jasa.

Ruang lingkup ekonomi mikro memang kecil namun tidak selalu berkaitan dengan finansial atau keuangan sebuah perusahaan ataupun rumah tangga. Tetapi ekonomi mikro juga mengajarkan tentang permintaan dan penawaran barang dan jasa.

Contoh Ekonomi Mikro

Selain pengertian di atas, adapun beberapa contoh ekonomi mikro yang mungkin sering Anda temukan dalam kegiatan Anda sehari-hari yaitu:

• Penawaran

Penawaran merupakan jumlah barang atau jasa yang disediakan untuk ditawarkan atau dijual oleh penjual atau produsen pada berbagai tingkat harga dan pada waktu tertentu. Maka dapat diartikan bahwa pelaku atas perilaku penawaran adalah produsen.

• Pasar

Secara fisik, pasar merupakan wadah atau tempat bertemunya para penjual dan pembeli. Namun, pengertian pasar tidak mengharuskan dalam bentuk secara fisik karena pasar tidak mempunyai letak geografis.

• Harga

Pengertian harga menurut Philiph Kotler adalah salah-satu unsur bauran pemasaran yang menghasilkan keuntungan. Maka dengan demikian, harga berfungsi sebagai pengukur nilai suatu barang atau jasa.

• Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen adalah suatu aktivitas atau proses yang dilalui seseorang dalam pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan dan pengevaluasian barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhannya.

• Permintaan

Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang diminta dan mampu dibeli oleh pembeli atau konsumen pada berbagai tingkat harga dan pada waktu tertentu. Dari pengertian ini dapat dikatakan bahwa pelaku ekonomi adalah konsumen.

• Biaya

Biaya adalah suatu pengorbanan yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan untuk memperoleh manfaat lebih dari aktivitas yang dilakukan.  Atau dalam ekonomi, biaya sering kita sebut cost yang berhubungan dengan output produksi.

Baca Juga: Instrumen Kebijakan Moneter : Penjelasan Lengkap dan Contohnya

custom-form-newsletter

Komponen Perekonomian Mikro

Selain dari contoh ekonomi mikro, adapun beberapa komponen yang terdapat dalam sistem ekonomi ini yaitu:

– Adanya Interaksi Dalam Pasar Dagang

Di mana keduanya biasanya membuat sebuah kesepakatan harga dalam melakukan interaksi pasar barang.

Ekonomi mikro ini memiliki peran yang sangat penting, sebab untuk mendalami interaksi yang terjadi di pasar yang dapat mempengaruhi kebijakan dalam mengambil keputusan terkait harga produk dalam perusahaan.

– Aktivitas dari Penjual dan Pembeli

Aktivitas dari penjual dan pembeli merupakan komponen penting, sebab hal ini berkaitan dengan munculnya kebutuhan produsen dan konsumen di pasar dengan tujuan yang berbeda-beda.

Karenanya dari komponen ini perlu membahas bagaimana seorang konsumen harus memenuhi kebutuhannya dengan pendapatan yang dimiliki, sedangkan untuk produsen dapat berupaya untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

– Interaksi Antara Konsumen dengan Produsen

Terjadinya interaksi antara konsumen dengan produsen yang saling melibatkan faktor-faktor produksi seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, modal maupun kewirausahaan.

Bagaimana Peran dan Pengaruhnya Dalam Bisnis?

Selain komponen di atas, adapun beberapa peran ekonomi dalam bisnis yaitu:

a) Mengetahui Perilaku Konsumen

Peran ekonomi mikro dalam bisnis dapat membantu perusahaan dalam mengetahui kemauan dan kebutuhan dari konsumen. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap kemampuan produk atau jasa yang dapat bertahan di pasar.

b) Menyusun Strategi

Seperti yang sudah disebutkan di atas mengenai beberapa komponen yang dijelaskan salah satunya adalah ekonomi sebagai sumber informasi interaksi dalam pasar.

Maka dengan adanya interaksi dalam pasar, perusahaan dapat menyusun stratgei serta memprediksi perusahaan untuk kedepnya.

Yang di maksud dengan prediksi di sini adalah kemungkinan suatu yang akan terjadi di pasar, salah satu contohnya mengenai trend suatu produk dalam pasar.

c) Dalam Membuat Kebijakan

Dengan adanya sistem ekonomi ini merupakan menjadi salah satu pondasi perusahaan dalam mengelola sumber daya seperti upah dan harga.

Melalui kebijakan perusahaan juga dapat membantu perusahaan tersebut menjadi strategis dan inovatis.

d) Dapat Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Produktivitas sebuah perusahaan dapat meningkat apabila adanya dorongan dari berbagai aspek SDM yang berkualitas, serta adanya produk yang lebih terjamin dan lainnya.

Sehingga jika produktivitas dalam perusahaan Anda meningkat, tentu akan berbanding dengan meningkatnya keuntungan perusahaan dengan lebih optimal.

Sebagai pebisnis, Anda harus tahu ekonomi mikro agar bisa menyesuaikan strategi usaha Anda dengan kebijakan yang ada. Selain pengetahuan tentang ekonomi mikro, hal lain yang harus dimiliki adalah laporan keuangan usaha yang rapi.

Untuk membuat laporan keuangan usaha dengan mudah dan praktis Anda bisa menggunakan Harmony yang sudah dipercaya oleh ribuan pebisnis dalam membantu usaha mereka. Coba gunakan Harmony GRATIS 30 hari dengan mendaftar di sini.

Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/