Harmony Blog

Digital Transformation – Ketahui Strategi Bisnis Terbaru Dengan Teknologi

Diposting Jul 16th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Digital TransformationPin

Digital transformation menjadi terobosan saat ini. Sudahkah Anda mengetahui apa itu digital transformation? Jika belum, maka istilah transformasi digital atau digital transformation adalah pemanfaatan teknologi yang dapat merubah proses bisnis.

Digital transformation adalah bagian dari proses bisnis secara teknologi yang menjadi perubahan di masa mendatang.Click to Tweet

Selain itu dalam prinsip etika bisnis bahwa keuntungan menggunakan digital transformation nyatanya mampu membuat perubahan teknologi digital. Dengan cara merancang ulang proses bisnis tradisional menjadi lebih efektif dan efisien.

Kemudian digital transformation ini ternyata memberikan dampak pengeluaran dari berbagai perusahaan di dunia secara global, yang mana teknologi industri meningkat 2,1 triliun rupiah pada tahun 2022.

Lantas, apakah bisnis Anda sudah beralih ke dalam teknologi? Jika masih belum, pahamilah tentang digital transformation dahulu di bawah ini.

Apa Yang Dimaksud Digital Transformation?

Seperti pembahasan di atas bahwa transformasi digital atau digital transformation adalah teknologi yang digunakan, untuk merubah proses kegiatan bisnis yang sebelumnya sudah ada maupun diciptakan model bisnis baru.

Apa itu digital transformationPin

Ternyata dirasakan digital transformation juga mampu memberikan perubahan terhadap kegiatan operasi bisnis, yang mana perusahaan dapat memberikan nilai lebih kepada para perilaku konsumennya.

Di sisi lain digital transformation adalah sebuah perubahan yang memanfaatkan teknologi digital, supaya perusahaan bisa merancang ulang bisnisnya dari proses tradisional menjadi lebih efisien dan efektif.

Dengan demikian pada dasarnya konsep digital ini tidak hanya memanfaatkan teknologi ataupun layanan digital, tetapi juga mengubah proses atau strategi bisnis menjadi lebih baik lagi. Karena transformasi digital ini juga akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Pentingnya Perusahaan Untuk Menerapkan Strategi Digital Transformation

Mungkin Anda sering bertanya, mengapa ini penting? Ketahuilah bahwa hampir semua perusahaan di dunia saat ini sudah siap menerapkan digital apalagi pada perusahaan startup.

Seringkali perusahaan startup dapat dengan mudah menerapkan sistem digital dan secara langsung sistem yang lama tidak dipakai lagi sehingga cenderung menciptakan strategi bisnis yang baru.

Untuk itu dalam brand yang sudah terkenal saat ini biasanya tidak melalui proses bisnis yang lama, karena bisnis startup tersebut sudah lebih unggul. Maka dari itu untuk mengikuti kinerja bisnis tersebut Anda harus memperbaiki alur kinerja dengan digital.

Baca Juga: Positioning Dalam Bisnis : Pengertian, Tujuan, Dan Manfaatnya

Ketahui Manfaat Dari Digital Transformation

Berikut ini ada beberapa manfaat transformasi digital yang bisa Anda ketahui sebagai berikut:

  1. Mobilitas Akan Lebih Meningkat

    Seperti yang Anda sudah tahu, saat ini kebanyakan orang menghabiskan lebih banyak waktu di smartphone atau perangkat elektronik lainnya, seperti laptop, PC, atau tablet.

    Sehingga beberapa perusahaan menggunakan cara ini untuk meningkatkan produktivitas serta kapasitasnya dalam perangkat transformasi digital. Solusi ini pada akhirnya akan meningkatkan kepuasan konsumen secara tidak langsung.

  2. Dapat Memberikan Rasa Aman Pada Data

    Manfaat lain untuk menerapkan transformasi digital adalah terwujudnya janji perusahaan kepada konsumen akan keamanan data.

    Tentunya setiap pemangku kepentingan memiliki kewajiban untuk melindungi informasi penggunanya, apalagi jika jumlahnya besar dan datanya mengandung informasi yang sangat sensitif.

  3. Meningkatkan Pengalaman Konsumen

    Tampilan simple dan memiliki interaksi yang mudah dipahami akan membuat pekerjaan setiap karyawan menjadi lebih efektif.

    Di mana melalui penerapan transformasi digital, semua aspek dan komponen dapat meningkatkan pengalaman konsumen untuk dapat dicapai.

  4. Produktivitas Semakin Tinggi

    Dengan menyesuaikan berbagai alat atau tools yang dapat meningkatkan produktivitas tim pada transformasi digital, maka akan mampu memberikan kemudahan dan alur kerja.

    Di sisi lain, biaya tenaga kerja yang dibutuhkan bisa lebih rendah di masa depan.

  5. Mendorong Daya Saing Perusahaan Industri

    Perusahaan yang biasanya menerapkan transformasi digital akan mampu menambah nilai dan memberikan modal yang berarti, sehingga bisnis lebih kompetitif dibandingkan perusahaan lain di industrinya.

    Baca Juga: Cara Daftar UMKM Online Dengan Mudah Dan Cepat

Apa Saja Jenis-Jenis Transformasi Digital?

Dalam sumbernya bahwa jenis transformasi digital memiliki tiga jenis bagi perusahaan, yaitu:

  1. Model Bisnis (Business Model)

    Model bisnis digital transformationPin

    Model bisnis ini merupakan aspek transformasi yang akan mengubah bisnis dengan memberikan penyediaan produk digital, serta menggunakan teknologi untuk menawarkan produk secara lebih luas lagi.

  2. Pengalaman Pelanggan (Customer Experience)

    Pengalaman pelanggan merupakan indikator penting untuk dapat menggunakan teknologi dan membantu memahami pelanggan lebih dalam. Selain itu adanya teknologi harus fokus pada peningkatan jumlah konsumen dan menciptakan lebih banyak titik kontak pelanggan.

  3. Proses Operasi (Operational Process)

    Dalam proses transformasi ini diharapkan dapat meningkatkan operasional internal, melalui implementasi digitalisasi dan otomatisasi.

    Nantinya, setiap karyawan akan didorong untuk menggunakan beberapa alat digital dan mencoba data untuk pengembangan kebijakan bisnis.

Beberapa Faktor Pendorong Digital Transformation 

Inilah beberapa hal pendorong digital transformation yang mendukung dalam bisnis Anda. Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Keamanan Data

    Transformasi digital adalah sebuah inovasi yang dapat memberikan banyak peluang baru bagi para pelaku bisnis. Tetapi, karena perkembangan teknologi seperti saat ini, memiliki berbagai risiko.

    Tentu saja, hal ini dikarenakan semakin banyak aspek bisnis yang dapat didigitalkan, dan juga digital ini akan semakin rentan terhadap risiko keamanan siber.

    Kemudian sebagai seorang pebisnis, Anda harus dapat meningkatkan teknologi yang Anda miliki agar dapat menghadapi berbagai risiko tersebut.

  2. Mengurangi Biaya

    Saat ini, setiap konsumen bisa mendapatkan nilai maksimal dari suatu produk atau layanan tanpa menambah uang yang harus mereka keluarkan untuk itu.

    Sebagai contoh, dalam industri logistik, perusahaan logistik atau masyarakat yang ingin menggunakan layanan ini tentu berharap untuk menghadapi downtime yang lebih singkat.

    Oleh karena itu, transformasi digital merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses.

  3. Mengakuisisi dan Retensi Konsumen

    Supaya Anda dapat berfokus kepada konsumen dan memperoleh pelanggan baru, maka bisnis harus mampu meningkatkan pengalaman pelanggan.

    Nah, cara yang sangat efektif untuk meningkatkan pengalaman pelanggan saat ini adalah dengan memberikan penggunaan kemudahan dari teknologi.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

    Oleh karena itu, salah satu cara bertahan dengan model tradisional bukanlah pilihan terbaik. Bahkan saat ini beberapa aspek perusahaan harus mampu beradaptasi melalui transformasi digital.

    Dengan menggunakan teknologi modern, maka akan memahami perilaku pelanggan di dunia nyata maupun dunia online yang akan menjadi lebih mudah. Sehingga perusahaan dapat meningkatkan pelayanan dan kualitas produknya.

Seperti Apa Dampak Dan Contoh Digital Transformation?

Secara umum transformasi digital biasanya sedikit lebih rumit, karena transformasi tersebut menggunakan teknologi untuk meningkatkan pengalaman konsumen, membantu para pemangku kepentingan, dan seluruh proses kegiatan bisnis.

Sehingga ketika Anda ingin menerapkan digital dalam bisnis, maka Anda harus sungguh-sungguh. Karena menerapkan digital ini Anda juga harus menyiapkan transformasi bisnis secara menyeluruh.

Selain itu dalam contoh transformasi digital ini tentu Anda sudah pernah merasakannya dalam kehidupan sehari-hari. Yang mana beberapa dari contoh digital ini yaitu kupon belanja digital, perbankan digital, pelanggan online swalayan, serta kartu loyalitas konsumen secara digital.

Demikianlah pembahasan mengenai digital transformation. Dengan memahami strateginya, maka bisnis yang Anda jalani bisa lebih menguntungkan. Anda pun juga bisa mengevaluasi produk yang bisa menghasilkan pendapatan tertinggi.

Selanjutnya Anda dapat mendorong model bisnis dan digitalisasi kinerja perusahaan supaya kegiatan perusahaan bisa maksimal dan menguntungkan.

Namun mengatur penghasilan dan pengeluaran juga bukan hal yang mudah, dengan begitu Anda harus memperhatikan pembukuan atas transaksi perusahaan.

Ingin tahu caranya? Anda bisa memanfaatkan teknologi sistem pembukuan seperti contohnya Harmony.

Apa sih Harmony itu? Harmony adalah cara mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time.

Jangan sampai Anda dipusingkan oleh pencatatan pembukuan yang berantakan di bisnis Anda. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan Harmony Gratis 30 Hari dengan membuat akun di sini.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Dengan mengklik sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony