Harmony Blog

Deregulasi Adalah Pengaturan Ulang Kebijakan Ekonomi, Simak Alasan dan Keuntungannya

Diposting Agu 5th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Deregulasi AdalahPin

Deregulasi adalah salah satu upaya pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sejak terpuruk diterpa krisis pandemi. Permasalahan ekonomi akibat physical distancing berdampak pada banyak hal dan menghambat berbagai sektor usaha.

Deregulasi adalah pengaturan ulang kebijakan ekonomi agar aktivitas ekonomi semakin lancar dan produktif.Click to Tweet

Terlepas dari itu, sebenarnya deregulasi ekonomi menjadi secercah harapan agar sistem ekonomi Indonesia kembali pulih. Terdapat dua pendapat mengenai kebijakan ekonomi atau deregulasi ekonomi.

Satu sisi kalangan ekonom menyebutkan bahwa deregulasi adalah sumber masalah baru. Namun, di sisi lain, ada juga yang pro deregulasi ekonomi.

Pahami Deregulasi

Dalam arti sederhana, pengertian deregulasi adalah pengaturan ulang kebijakan ekonomi agar aktivitas ekonomi semakin lancar dan bangkit. Terutama, dalam hal kompetisi pasar bebas.

Pahami deregulasiPin

Jika dilakukan dengan baik, fungsi deregulasi adalah menghilangkan kerugian ekonomi dan mengatasi berbagai gangguan ekonomi di masyarakat. Akan tetapi, jika deregulasi adalah dilakukan secara tumpang-tindih dan kurang terorganisir, maka berpotensi melahirkan persaingan ekonomi yang tidak sehat dalam sistem ekonomi liberal.

Alasan Munculnya Deregulasi Adalah

Ada beberapa alasan mengapa deregulasi ekonomi dilakukan. Antara lain:

  1. Meningkatkan Kompetisi Bisnis

    Kompetisi bisnis penting untuk membuat daya beli masyarakat aktif dan roda ekonomi berputar. Di sini, deregulasi adalah ibarat motor yang menggerakkan produktivitas perekonomian.

  2. Efisiensi Biaya

    Operasional bisnis juga membutuhkan biaya besar. Maka itu, deregulasi adalah kunci untuk menekan biaya-biaya yang tidak perlu. Sehingga, bisnis bisa lebih efisien anggaran.

  3. Kesejahteraan Masyarakat

    Pemerintah melakukan deregulasi ekonomi untuk menyederhanakan peraturan atau kebijakan ekonomi yang menghambat kesejahteraan masyarakat.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Keuntungan Membuat Deregulasi

Deregulasi ekonomi dapat berdampak signifikan terhadap produktivitas sektor usaha, termasuk lembaga keuangan. Berikut adalah bahasan keuntungan deregulasi.

Deregulasi adalah upaya pemerintah untuk menurunkan hambatan di sektor industri. Sehingga, membantu meningkatkan inovasi, kewirausahaan, persaingan, dan efisiensi. Deregulasi ekonomi dapat mengarah pada harga yang lebih rendah bagi pelanggan dan peningkatan kualitas.

Deregulasi adalah kebijakan ekonomi bagi persaingan pasar yang sehat. Produsen kurang memiliki kendali atas pesaing dan deregulasi ekonomi  dapat mendorong produktivitas pasar.

Deregulasi ekonomi menguntungkan negara karena pembayar pajak tidak lagi harus membayar biaya badan pengatur yang beroperasi. Ini berarti bahwa konsumen memiliki lebih banyak pendapatan, dan karena itu lebih banyak uang untuk dibelanjakan pada barang-barang lainnya.

Deregulasi ekonomi membantu meningkatkan pilihan dan menurunkan harga bagi konsumen. Bisnis dapat merumuskan strategi dan proses mereka sendiri, tanpa campur tangan pemerintah.

Deregulasi ekonomi memungkinkan kekuatan pasar untuk mengontrol industri, pelanggan adalah raja dalam ekonomi pasar.

Deregulasi ekonomi merangsang kegiatan ekonomi karena menghilangkan pembatasan bagi bisnis baru untuk memasuki pasar, yang meningkatkan persaingan. Karena ada lebih banyak persaingan di pasar, ini meningkatkan inovasi dan meningkatkan pertumbuhan pasar karena bisnis bersaing satu sama lain.

Jadi, bagaimana menurut Anda, apakah deregulasi ekonomi selama ini sudah berjalan maksimal? Dalam upaya memaksimalkan deregulasi ekonomi yang menyehatkan persaingan bisnis, pastikan usaha Anda juga didukung Software Akuntansi Harmony secara otomatis yang bisa Anda gunakan kapan saja dan dimana saja.

Sehingga Anda bisa lebih mudah untuk menyajikan laporan keuangan Anda, dan membuat laporan sesuai dengan kebijakan deregulasi ekonomi pada biaya perusahaan.

Anda tidak perlu bingung untuk membuat satu per satu, karena adanya software akuntansi Harmony memungkinkan Anda membuat keempat laporan keuangan tersebut menggunakan satu software yang terintegrasi secara mudah dan waktu lebih singkat.

Software Akuntansi Harmony dapat memudahkan pembukuan yang sistematis, rapi, dan akurat. Mulai dari pembuatan laporan arus kas, laporan perubahan modal, laporan laba rugi, dan tugas akunting lainnya.

Dimana melalui Software Akuntansi Harmony sistem pembukuan jadi semakin cepat, bebas ribet, dan minim kesalahan. Didukung fitur rekonsiliasi bank otomatis, manajemen stok, aset perusahaan, hingga smart invoicing.

Ingin membuktikan seberapa efektif fitur Software Akuntansi Harmony untuk bisnis Anda? Mari coba GRATIS selama 30 hari, daftar melalui link ini. Harmony juga hadir di media sosial untuk info dan aktivitas terupdate lainnya, follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook sekarang juga.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony