CSR adalah Corporate Social Responsibility yang harus diperhatikan seksama setiap perusahaan. Dalam positioning bisnis, Corporate Social Responsibility atau CSR adalah wujud pertanggungjawaban perusahaan kepada masyarakat.
Bentuk Corporate Social Responsibility atau CSR adalah bisa berupa layanan sosial, fasilitas umum, atau kegiatan dan program lainnya yang memberikan manfaat kepada masyarakat.
Table of Contents
Berdasarkan pengertian bebas, Corporate Social Responsibility atau CSR adalah sikap pertanggungjawaban perusahaan bagi setiap pemegang saham dan setiap pihak lainnya yang berkepentingan.
Pihak yang berkepentingan ini termasuk karyawan, pemerintah, penanam modal, pelanggan, serta masyarakat secara luas. Sedangkan, menurut Kemenkes, Corporate Social Responsibility atau CSR adalah segala aktivitas perusahaan sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan serta sosial, di mana perusahaan sudah menjalankan operasional bisnisnya.
Lalu, apa manfaat Corporate Social Responsibility atau CSR? Antara lain:
Dapat membuka peluang dan kesempatan kerja bagi masyarakat. Serta, memperkenalkan nilai budaya perusahaan dengan inovasi dalam suatu program sosial.
Memperoleh keuntungan langsung dari berbagai aspek, seperti ekonomi, sosial, lingkungan yang bersih. Sebelum mendirikan perusahaan, manajemen harus melakukan studi kelayakan usaha agar pemanfaatan Corporate Social Responsibility atau CSR bisa lebih maksimal.
Selain masyarakat dan pihak manajemen perusahaan, Corporate Social Responsibility atau CSR juga memberikan manfaat kepada pemegang saham atau investor dengan reputasi nama yang positif.
Beberapa jenis kegiatan Corporate Social Responsibility atau CSR adalah sebagai berikut:
Kontribusi perusahaan di bidang filantropi atau kegiatan amal. Seperti donasi, sumbangan, pemberian hibah, bantuan, dan sebagainya. Dengan memperhatikan perilaku konsumen serta melakukan research gap, perusahaan juga bisa menjadi pendukung filantropi di bidang sosial.
Perusahaan menyumbangkan sebagian hasil keuntungan bagi kegiatan masyarakat.
Kampanye tentang berbagai isu untuk membantu perubahan masyarakat yang lebih baik. Bisa berupa kampanye kesehatan, kampanye lingkungan, dan lainnya.
Promosi tentang isu tertentu, seperti masalah limbah atau pencemaran udara. Perusahaan bisa dikenal masyarakat karena turut berpartisipasi dalam mengurangi dampak pencemaran lingkungan.
Kegiatan sukarelawan seperti bersih-bersih sampah di tepi pantai, membersihkan taman kota, dan kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat atau komunitas tertentu.
[elementor-template id="26379"]
Contoh CSR di bidang ekonomi di antaranya koperasi simpan pinjam, dana modal usaha, pengembangan UMKM dan sebagainya. Selain itu, ada pula beberapa contoh CSR di bidang kesehatan seperti kegiatan donor darah, vaksinasi bayi dan balita gratis, pengobatan gratis bagi masyarakat pedesaan yang jauh dari fasilitas rumah sakit.
Perusahaan juga bisa mendukung program contoh CSR di bidang lingkungan seperti pelestarian hutan, sungai, laut dan aneka satwa atau flora. Pada intinya, banyak contoh CSR yang bisa dilakukan perusahaan dalam membantu meningkatkan kemajuan bangsa dan negara di berbagai bidang.
Termasuk dalam hal olahraga, seni, pendidikan, dan infrastruktur. Seperti membangun sekolah, memberikan beasiswa, membangun fasilitas jalan raya, jembatan, dan sebagainya. Jika Anda pelaku usaha atau pebisnis, CSR adalah salah satu bentuk pertanggung jawaban kepada masyarakat dan pemegang saham selama menjalankan operasional usaha.
Selama menjalankan berbagai program CSR, tentunya manajemen perusahaan juga harus menyediakan laporan keuangan yang akurat, detail, dan sistematis. Lupakan pencatatan manual yang menyita waktu, sebab kini sudah hadir Software Akuntansi Harmony.
Software Akuntansi Harmony mempermudah pembuatan laporan keuangan secara otomatis, dengan lebih dari 20 jenis template instan yang siap pakai. Pembukuan menjadi lebih mudah, otomatis, dan minim kesalahan.
Berbagai macam fitur lengkap siap meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja tim finance. Meliputi fitur laporan stok barang, laporan laba rugi, arus kas, rekonsiliasi bank, smart invoicing, penjualan dan purchasing order, serta banyak lagi.
Tertarik mencoba kecanggihan fitur-fitur Software Akuntansi Harmony? Coba GRATIS selama 30 hari, daftar sekarang di sini. Penasaran bagaimana fitur Harmony bisa membantu bisnis Anda? Silakan follow Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony untuk info selengkapnya.