Harmony Blog

CSR Adalah Bentuk Tanggung Jawab Perusahaan, Ketahui Jenis dan Manfaatnya

Diposting Agu 9th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

CSR AdalahPin

CSR adalah Corporate Social Responsibility yang harus diperhatikan seksama setiap perusahaan. Dalam positioning bisnis, Corporate Social Responsibility atau CSR adalah wujud pertanggungjawaban perusahaan kepada masyarakat.

Bentuk Corporate Social Responsibility atau CSR adalah bisa berupa layanan sosial, fasilitas umum, atau kegiatan dan program lainnya yang memberikan manfaat kepada masyarakat.

Corporate Social Responsibility atau CSR adalah segala aktivitas perusahaan sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan serta sosial, di mana perusahaan sudah menjalankan operasional bisnisnya.Click to Tweet

Pengertian CSR Adalah

Berdasarkan pengertian bebas, Corporate Social Responsibility atau CSR adalah sikap pertanggungjawaban perusahaan bagi setiap pemegang saham dan setiap pihak lainnya yang berkepentingan.

Pengertian csr adalahPin

Pihak yang berkepentingan ini termasuk karyawan, pemerintah, penanam modal, pelanggan, serta masyarakat secara luas. Sedangkan, menurut Kemenkes, Corporate Social Responsibility atau CSR adalah segala aktivitas perusahaan sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan serta sosial, di mana perusahaan sudah menjalankan operasional bisnisnya.

Manfaat Corporate Social Responsibility Atau CSR Adalah

Lalu, apa manfaat Corporate Social Responsibility atau CSR? Antara lain:

  1. Bagi Perusahaan

    Dapat membuka peluang dan kesempatan kerja bagi masyarakat. Serta, memperkenalkan nilai budaya perusahaan dengan inovasi dalam suatu program sosial.

  2. Bagi Masyarakat

    Memperoleh keuntungan langsung dari berbagai aspek, seperti ekonomi, sosial, lingkungan yang bersih. Sebelum mendirikan perusahaan, manajemen harus melakukan studi kelayakan usaha agar pemanfaatan Corporate Social Responsibility atau CSR bisa lebih maksimal.

  3. Bagi Pihak Lain

    Selain masyarakat dan pihak manajemen perusahaan, Corporate Social Responsibility atau CSR juga memberikan manfaat kepada pemegang saham atau investor dengan reputasi nama yang positif.

Jenis-Jenis Kegiatan CSR Adalah

Beberapa jenis kegiatan Corporate Social Responsibility atau CSR adalah sebagai berikut:

  1. Corporate Philanthropy

    Kontribusi perusahaan di bidang filantropi atau kegiatan amal. Seperti donasi, sumbangan, pemberian hibah, bantuan, dan sebagainya. Dengan memperhatikan perilaku konsumen serta melakukan research gap, perusahaan juga bisa menjadi pendukung filantropi di bidang sosial.

  2. Cause Related Marketing

    Perusahaan menyumbangkan sebagian hasil keuntungan bagi kegiatan masyarakat.

  3. Corporate Societal Marketing

    Kampanye tentang berbagai isu untuk membantu perubahan masyarakat yang lebih baik. Bisa berupa kampanye kesehatan, kampanye lingkungan, dan lainnya.

  4. Cause Promotions

    Promosi tentang isu tertentu, seperti masalah limbah atau pencemaran udara. Perusahaan bisa dikenal masyarakat karena turut berpartisipasi dalam mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

  5. Community Volunteering

    Kegiatan sukarelawan seperti bersih-bersih sampah di tepi pantai, membersihkan taman kota, dan kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat atau komunitas tertentu.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh CSR Di Berbagai Bidang

Contoh CSR di bidang ekonomi di antaranya koperasi simpan pinjam, dana modal usaha, pengembangan UMKM dan sebagainya. Selain itu, ada pula beberapa contoh CSR di bidang kesehatan seperti kegiatan donor darah, vaksinasi bayi dan balita gratis, pengobatan gratis bagi masyarakat pedesaan yang jauh dari fasilitas rumah sakit.

Perusahaan juga bisa mendukung program contoh CSR di bidang lingkungan seperti pelestarian hutan, sungai, laut dan aneka satwa atau flora. Pada intinya, banyak contoh CSR yang bisa dilakukan perusahaan dalam membantu meningkatkan kemajuan bangsa dan negara di berbagai bidang.

Termasuk dalam hal olahraga, seni, pendidikan, dan infrastruktur. Seperti membangun sekolah, memberikan beasiswa, membangun fasilitas jalan raya, jembatan, dan sebagainya. Jika Anda pelaku usaha atau pebisnis, CSR adalah salah satu bentuk pertanggung jawaban kepada masyarakat dan pemegang saham selama menjalankan operasional usaha.

Selama menjalankan berbagai program CSR, tentunya manajemen perusahaan juga harus menyediakan laporan keuangan yang akurat, detail, dan sistematis. Lupakan pencatatan manual yang menyita waktu, sebab kini sudah hadir Software Akuntansi Harmony.

Software Akuntansi Harmony mempermudah pembuatan laporan keuangan secara otomatis, dengan lebih dari 20 jenis template instan yang siap pakai. Pembukuan menjadi lebih mudah, otomatis, dan minim kesalahan.

Berbagai macam fitur lengkap siap meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja tim finance. Meliputi fitur laporan stok barang, laporan laba rugi, arus kas, rekonsiliasi bank, smart invoicing, penjualan dan purchasing order, serta banyak lagi.

Tertarik mencoba kecanggihan fitur-fitur Software Akuntansi Harmony? Coba GRATIS selama 30 hari, daftar sekarang di sini. Penasaran bagaimana fitur Harmony bisa membantu bisnis Anda? Silakan follow Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony untuk info selengkapnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony