Harmony » Blog » 

Apa Itu Crowdsourcing? Ketahui Konsep Baru di Era Digital

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Agustus 10, 2021

Mungkin sebagian orang awam masih bertanya-tanya mengenai apa itu crowdsourcing. Bahkan bagi yang mungkin tidak terlalu paham akan teknologi tentunya bisa kesulitan dalam memahami crowdsourcing tersebut.

Kunci dari metode crowdsourcing adalah bagaimana memanfaatkan peran masyarakat atau kelompok orang yang kemudian diterapkan untuk mencapai sebuah tujuan organisasi.Click to Tweet

Dengan mengetahui prospek yang baik dalam penggunaan crowdsourcing semakin membuat banyak pengusaha untuk mempertimbangkan penggunaan sistem ini dalam mendukung optimalisasi bisnis mereka.

Namun agar tidak merasa ragu dan memiliki pemahaman detail tentang crowdsourcing, sebaiknya simak informasi di bawah ini.

Apa itu Crowdsourcing ?

Terdapat dari laman Investopedia yang menyatakan bahwa crowdsourcing adalah sebuah metode yang digunakan untuk menampung orang yang ingin melakukan sesuatu dan ingin mencapai suatu tujuan tertentu.

Apa itu Crowdsourcing

Maka yang dilakukan oleh sekumpulan orang tersebut adalah melakukan pekerjaan yang diminta, membagikan informasi, serta melakukan diskusi di forum yang disediakan, bisa melalui website, media sosial dan lainnya.

Di sini keahlian dan juga ide dari sekelompok orang itulah yang dimanfaatkan sebagai bantuan dalam menghasilkan sebuah konten dan sekaligus memfasilitasi pembuatan produk.

Adapun terdapat beberapa bidang pekerjaan yang paling sering menggunakan contoh crowdsourcing di Indonesia adalah desain, IT, dan juga fotografi.

Baca Juga: Prinsip Etika Bisnis : Penjelasan Dan Penerapannya Dalam Bisnis

Apa Saja Manfaatnya?

Dalam era digital pada saat ini, menggunakan sistem seperti contoh crowdsourcing di Indonesia dalam sebuah bisnis dan perusahaan tentu akan membawa banyak manfaat dan fungsi, baik dalam pertumbuhan bisnis maupun dalam perkembangan bisnis.

Manfaat Crowdsourcing

Oleh sebab itu, sudah banyak para pebisnis dan pengusaha mulai melirik strategi yang satu ini. Adanya sistem crowdsourcing juga untuk membantu dan memastikan pendanaan perusahaan yang kuat.

Adapun beberapa manfaat yang penting dan dapat dirasakan oleh para pebisnis yaitu sebagai berikut:

  1. Mengurangi Biaya Operasional

    Manfaat yang dapat Anda ambil ketika menggunakan jasa dari crowdsourcing adalah dapat mengurangi setiap biaya operasional dalam sebuah proyek bisnis Anda.

    Apabila sebuah perusahaan menggunakan sebuah jasa yang didapat dari situs crowdsourcing, maka mereka tidak perlu untuk membayar orang tersebut dengan jumlah yang setara dengan gaji penuh satu bulan.

    Sebab freelancer dan orang yang menawarkan jasanya dalam sebuah situs crowdsourcing akan dibayar per proyek yang dikerjakan. Bukan hanya itu saja, pekerjaan juga dapat dilakukan secara remote, sehingga tidak perlu adanya biaya operasional tambahan seperti ongkos dan lainnya.

  2. Memaksimalkan Sistem Pemasaran

    Sistem ini dapat membantu Anda dalam memastikan sistem pemasaran yang lebih optimal dan dibangun dari setiap berbagai macam ide kreatif yang didapat. Maka dengan begitu prospek yang akan didapatkan sebuah perusahaan akan lebih semakin berkembang serta dapat memastikan pendapatan yang lebih optimal di kemudian hari.

    Baca Juga: Cara Daftar UMKM Online Dengan Mudah Dan Cepat

  3. Memberikan Ide dan Inovasi yang Beraneka Ragam

    Dapat membantu Anda dalam mendapatkan ide dan inovasi yang beraneka ragam dengan kreatif yang dibutuhkan dalam rangka memastikan kenaikan pendapatan dan omset bisnis Anda. Sehingga bisa membantu Anda dalam melakukan pemasaran yang lebih optimal dan menguntungkan.

  4. Dapat Mengisi Posisi Kosong Dalam Perusahaan

    Biasanya, tidak semua perusahaan memiliki staf yang dibutuhkan di dalam semua departemen. Apabila sebuah perusahaan masih merintis, tentu perusahaan tersebut seringkali mengorbankan beberapa departemen yang hanya dibutuhkan untuk proyek tertentu saja.

    Maka sistem ini menyediakan solusi atas masalah tersebut, crowdsourcing dapat menyediakan dan menawarkan sekelompok orang yang dapat mengisi posisi tersebut.

    Apabila perusahaan mendapatkan sebuah proyek namun tidak ada sumber daya yang memadai, maka mereka dapat mencari orang dengan skill spesifik yang dibutuhkan melalui crowdsourcing tersebut.

Konsep Crowdsourcing Dalam Bisnis Digital

Terdapat dua konsep crowdsourcing dalam bisnis yaitu konsep secara umum dan konsep secara khusus. Berikut penjelasanya:

  • Konsep Umum

    Konsep umum adalah adanya keterkaitan setiap kelompok yang tidak terbatas dan tanpa memandang setiap latar belakang, kewarganegaraan , pendidikan, atau professional. Sebab hal yang perlukan adalah konsistensi serta keinginan untuk berkontribusi dari orang tersebut.

  • Konsep Khusus

    Dalam konsep khusus crowdsourcing adalah suatu perusahaan atau organisasi yang ingin mendapatkan dan mencari solusi atas permasalahan dalam bertransaksi terutama terkait birokrasi misalnya saja rekrutmen karyawan. Artinya semua orang mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan hasil.

[elementor-template id="26379"]

Bagaimana Bentuk Pelaksanaan Dalam Bisnis?

Apabila Anda ingin melaksanakan sistem ini, tentu bagi Anda yang masih melakukan pengusaha pemula perlu untuk mempelajari terlebih dulu apa saja yang harus Anda lakukan dalam melaksanakan sistem crowdsourcing ini.

Anda bisa melakukan studi kelayakan usaha terlebih dahulu, agar sistem ini dapat berhasil dan nantinya akan membawa hasil yang baik pada bisnis Anda.

Melakukan crowdsourcing dalam usaha tidak semudah yang Anda lihat. Namun apabila Anda melakukannya dengan benar dan memahaminya dengan baik tentu akan memberikan manfaat yang maksimal seperti yang sudah disebutkan di atas akan setiap manfaat yang Anda dapat nantinya.

Untuk membantu Anda dalam menerapkan crowdsourcing, berikut beberapa cara dan bentuk pelaksanaan yang umum dilakukan oleh banyak bisnis dan perusahaan yaitu:

  • Melakukan pengumpulan pendanaan yang dilakukan secara online baik kepada para pemegang saham dalam bisnis hingga pada siapa saja yang ingin mengambil bagian dari bisnis tersebut.
  • Membuat sebuah konten yang menarik di media sosial bisnis Anda yang bertujuan untuk mengumpulkan sejumlah ide dan inovasi kreatif untuk melakukan pemasaran bisnis perusahaan Anda.
  • Melakukan feedback terhadap setiap produk bisnis Anda dari berbagai macam pengguna atau konsumen sehingga dapat membantu memberikan testimoni positif pada produk yang sedang dipasarkan.

Di era digital yang semakin berkembang pada saat ini. Dalam melaksanakan crowdsourcing Anda juga perlu pembukuan online yaitu seperti software akuntansi yang dapat memudahkan Anda dalam memantau setiap keuangan bisnis Anda.

Pembukuan bisnis profesional seperti Harmony Accounting Software akan membuat kegiatan pembukuan Anda lebih cepat dengan perhitungan yang akurat. Anda bisa menggunakan software akuntansi ini secara GRATIS selama 30 HARI dengan cukup membuat akun di sini.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Jangan lupa untuk ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram