Harmony Blog

Corporate Branding, Bagaimana Cara Membangunnya Dalam Bisnis?

Diupdate Jul 1st, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Corporate-Branding.jpgPin

Peran corporate branding untuk konsep pemasaran maupun konsep penjualan sangat penting. Agar terlihat unik dan menonjol di tengah persaingan pasar, biasanya bisnis akan menerapkan identity corporate agar lebih mudah dikenali.

Lebih-lebih dalam pemasaran global, corporate branding adalah aspek penting yang tak boleh ditinggalkan. Dengan kata lain, jika bisnis Anda sukses memanfaatkan corporate branding dan memiliki identity corporate, masyarakat akan tetap mengingat dan memilih produk Anda, di tengah serbuan jutaan produk lainnya.

Corporate branding adalah strategi pemasaran secara persuasif mendekati calon konsumen dengan halus dan menyentuh emosional konsumen.Click to Tweet

Contoh corporate branding adalah pemilihan logo, pembuatan tagline yang mudah diingat, serta adanya unsur warna-warna mencolok. Strategi bisnis ini adalah senjata ampuh untuk membuat masyarakat kenal dan ingat dengan bisnis Anda sampai kapan pun. Sehingga, kredibilitas dan reputasi brand juga ikut naik.

Mengenal Corporate Branding

Secara umum pengertian corporate branding adalah upaya atau strategi marketing, baik memakai pemasaran langsung maupun tidak langsung untuk memperkenalkan identity corporate (identitas usaha) ke berbagai media atau channel komunikasi.

Mengenal-corporate-branding. JpgPin

Strategi corporate branding adalah kemampuan khusus yang umumnya dijalankan oleh tim pemasaran. Akan tetapi, tujuan strategi ini adalah lebih dari hanya promosi.

Bila dapat dibentuk dengan baik, strategi ini dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Jika strategi ini berhasil, maka identity corporate juga semakin kuat melekat dalam ingatan masyarakat atau konsumennya.

Pasalnya, corporate branding adalah strategi pemasaran secara persuasif mendekati calon konsumen dengan halus dan menyentuh emosional konsumen.

Sebagai contoh dari strategi branding ini adalah perusahaan menyisihkan sebagian keuntungan untuk kegiatan sosial atau beasiswa anak yatim-piatu. Hal ini bisa menjadi identity corporate yang melekat dalam benak konsumen.

Jadi, ketika konsumen membeli produknya, mereka sadar tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumsi. Tetapi, juga membantu pendidikan anak yatim-piatu dan beramal.

Selain itu, tujuan corporate branding adalah diferensiasi produk atau membedakan produk Anda dari pesaing. Dengan begitu, identity corporate bisa dinyatakan berhasil.

Inilah Tips Membangunnya

Corporate branding adalah suatu proses yang membutuhkan komitmen dan usaha. Bisa dibilang, strategi branding ini adalah upaya yang tidak dihasilkan dalam semalam.

Maka itu, ada beberapa tips membangun strategi ini yang bisa diikuti untuk membangun bisnis. Apa saja? Ini dia tips-tipsnya.

  1. Selaraskan Visi Perusahaan Dengan Corporate Branding

    Visi perusahaan juga bisa menjadi pendukung identity corporate atau indentitas perusahaan. Sebab, hal ini akan menjadi kompas internal yang memandu perjalanan bisnis Anda.

    Dengan visi dan corporate branding yang dikalibrasi dengan baik di seluruh perusahaan, manajemen dan karyawan memiliki pedoman yang jelas untuk menyelaraskan strategi pemasaran, penjualan, pengembangan, dan sumber daya manusia.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  2. Strategi Yang Komprehensif

    Dibutuhkan lebih dari tagline dan logo, untuk bisa meraih  identity corporate yang kuat. Branding jauh melampaui logo dan warna yang banyak dibicarakan pemasar.

    Strategi bisnis ini tentu harus mencakup semua. Termasuk, kepribadian perusahaan, identitas, budaya kerja, dan nilai kerja C-suit hingga konsumen.

    Strategi branding perusahaan ini harus mencakup keseluruhan proses. Mulai dari visi misi, desain, dan pesan yang ingin disampaikan bisnis Anda.

    Terbukti bahwa strategi ini jika dilakukan konsisten bisa meningkatkan omset yang tinggi. Jika ingin membangun bisnis dengan corporate branding yang kuat, Anda tidak bisa mengabaikannya.

  3. Manfaatkan Teknologi Baru

    Sulit untuk memisahkan bisnis di era digital dengan teknologi Cloud saat ini. Bisnis yang bisa tampil dengan reputasi bagus, sudah sepatutnya juga memiliki identity corporate yang kredibel di internet.

    Contohnya memiliki akun media sosial, website, saluran/ channel komunikasi, dan lainnya. Teknologi bisa menjadi terobosan baru yang visioner untuk mendukung bisnis.

Dalam hal pemantauan kinerja keuangan dan laporan akuntansi, Anda bisa mengandalkan Software Akuntansi Online canggih seperti Harmony.

Bersama aplikasi Harmony, perusahaan bisa meningkatkan efisiensi kinerja dan waktu. Sebab, segala urusan pembukuan bisa ditangani secara sistematis, rapi, dan cepat.

Fitur aplikasi Harmony menghadirkan keunggulan untuk berbagai opsi. Di antaranya: pelacakan invoicing, monitoring budget, mata uang asing, rekonsiliasi bank otomatis, dan masih banyak lagi.

Coba sekarang GRATIS selama 30 hari, daftar di tautan ini. Kami siap membantu dan support yang responsif selama implementasi. Cari tau info fitur-fitur dan update aktivitas lainnya, like dan follow akun Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony