Harmony Blog

Contoh Studi Kelayakan Bisnis Baju yang Bisa Anda Terapkan

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

contoh studi kelayakan bisnisPin

Salah satu contoh studi kelayakan bisnis yaitu bisnis dunia fashion adalah sebuah contoh study kelayakan bisnis yang tidak pernah mati, selalu berubah dan memiliki trend-nya sendiri. Dari zaman dulu hingga sekarang, orang tidak pernah bosan mengikuti perkembangan fashion.

Banyak sebagian perempuan, cenderung memiliki anggapan bahwa fashion dapat menunjukan identitas diri,style, dan menambah kepercayaan diri. Dan anggapan itulah yang senantiasa membuat usaha fashion selalu menjanjikan.

Menjalankan contoh studi kelayakan bisnis atau feasibility study ini menjadi salah satu syarat wajib sebelum berbisnis. Dalam berbisnis tidak boleh asal tanpa perhitungan yang jelas, bisa jadi kegagalan menanti Anda didepan.

Sebuah fenomena tersebut dapat kita lihat di berbagai pusat perbelanjaan fashion yang tidak pernah sepi pengunjung dan pembeli. Persaingan dunia fashion yang terbilang ketat dan kompetitif, menuntut produsen/penjual pakaian dan pelengkap busana untuk terus membuat/menjual produk yang dapat menarik minat pembeli.

Saat ini, fashion bukan hanya produk yang mengandalkan konsep kebutuhan konsumen saja,melainkan juga harus dapat memenuhi keinginan dan permintaan konsumen.

Namun belakangan ini, salah satu jenis fashion yang kembali diminati oleh konsumen adalah fashion bergaya etnis. Fenomena itulah yang menarik minat penulis untuk mengembangkan usaha fashion(pakaian, sepatu, dan tas) yang bernuansa etnis.

Diharapkan dengan dibukanya usaha ini,masyarakat dapat menemukan pakaian dan aksesoris bergaya etnis dengan model yang menarik dan tidak ketinggalan zaman. Berikut ada beberapa contoh studi kelayakan bisnis yang dapat Anda terapkan dalam bisnis usaha Anda, perhatikan penjelasannya dibawah ini :

Studi Kelayakan Usaha

Studi kelayakan usaha atau bisnis adalah suatu kegiatan yang isinya mempelajari secara mendalam tentang kegiatan bisnis atau usaha yang akan dijalankan untuk menentukan apakah layak atau tidak suatu bisnis dijalankan dari berbagai aspek yang mendukung dalam bisnis.

Tujuan utama melakukan studi kelayakan bisnis ini adalah untuk mengukur apakah bisnis bisa berjalan sesuai yang diharapkan atau berhenti ditengah jalan.

Memang ada beberapa pebisnis yang tidak menggunakan studi kelayakan bisnis dalam memulai suatu bisnis. Tapi Anda perlu melihat lagi background mereka yang pasti adalah para pebisnis yang sudah berpengalaman dan memiliki insting bisnis yang kuat.

Namun untuk Anda yang baru memulai atau pernah gagal dalam menjalankan suatu bisnis, nampaknya Anda perlu melakukan studi kelayakan bisnis baik untuk bisnis skala kecil atau bisa juga untuk bisnis skala besar.

Manfaat Kelayakan Bisnis

Ketika Anda sudah membuat studi kelayakan bisnis secara benar, Anda akan mendapatkan jawaban untuk membuat suatu keputusan yang tepat. Permasalahan terbesar yang banyak ditemui oleh pebisnis yang tidak mau membuat studi kelayakan bisnis ini karena alasan membutuhkan waktu yang lama dan perlu melakukan riset yang mendalam.

Hal inilah yang menjadikan banyak para pebisnis tidak mau melakukan studi kelayakan bisnis, sehingga mereka banyak yang menggunakan prinsip asal jalan saja. Itu semua perlu mulai Anda rubah, nah bagi Anda yang ingin membuat studi kelayakan bisnis, kami sudah menyiapkan contoh studi kelayakan bisnis baik bisnis skala kecil, menengah dan besar.

Contoh Studi Kelayakan Bisnis

Dalam dunia bisnis, ada berbagai macam jenis-jenis bisnis yang tentunya sering Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari Anda. Namun ada beberapa hal penting sesuai dengan jenis bisnis yang perlu kita masukan kedalam proposal studi kelayakan bisnis, berikut contoh studi kelayakan bisnis sederhana :

1. Contoh Studi Kelayakan Bisnis Usaha Baju

Banyak sekali peluang yang dapat dijadikan sebagai ide untuk memulai bisnis. Dan peluang bisnis dengan prospek yang menjanjikan dan tak pernah sepi peminat adalah salah satunya seperti contoh studi kelayakan bisnis usaha baju.

Dunia fashion yang selalu berkembang pesat membuat bisnis di bidang ini tak pernah ada matinya. Jika Anda ingin memulai bisnis yang mudah dengan target pasar yang luas, bisnis fashion ini bisa menjadi pilihan untuk Anda tekuni.

Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis ini, jangan terburu-buru untuk memulai. Siapkan semua bekal, mulai dari pemahaman hingga modal bisnis, agar usaha pakaian Anda dapat berjalan lancar, stabil, dan mampu bertahan lama. 

Sebelum Anda memulai bisnis baju ini, tentukan pakaian seperti apa yang ingin Anda jual ?  Putuskan hal tersebut sebelum memulai agar Anda bisa menyesuaikan nya dengan target pasar Anda. Catat setiap ide, itu bisa menjadi bahan ketika Anda stuck dan kehabisan ide jualan ketika bisnis pakaian Anda sudah berjalan.

Cara mudah memperoleh ide adalah ikuti intuisi Anda, atau jual sesuatu yang Anda sukai dan laris di pasaran. Pelajari setiap jenis dan bahan pakaian yang ingin Anda jual. Pastikan Anda menguasai jenis dan bahan pakaian tersebut, agar Anda tidak salah mendeskripsikan barang.

Jika kesalahan ini terjadi, pembeli akan kecewa karena pakaian yang mereka pesan tidak sesuai dengan barang yang Anda kirim. Jadi, pelajari dan deskripsikan pakaian yang Anda jual sejelas mungkin agar tidak terjadi miskomunikasi dengan customer Anda.

Dengan sebuah tren dunia fashion yang selalu berubah menuntut Anda untuk terus jeli dalam melihat tren yang sedang populer untuk bisnis pakaian. Selain menyesuaikan produk dengan tren, hal lain yang tak kalah penting adalah konsisten dalam mempertahankan kualitas pakaian Anda. Dengan demikian, Anda dapat membangun kepercayaan customer agar bisnis Anda semakin berkembang.

2. Contoh Studi Kelayakan Bisnis Laundry

Contoh studi kelayakan bisnis laundry adalah salah satu bisnis di bidang jasa yang saat ini sedang marak dikalangan masyarakat. Dalam usaha laundry ini merupakan suatu gagasan yang kebanyakan sebagian pelaku bisnis, karyawan, bahkan ibu rumahtangga maupun mahasiswa memilih jasa pencucian laundry karena praktis dan satu paket dengan setrika.

Jadi lebih meringankan beban dari mereka yang tak mengenal waktu untuk mencuci atau pun menyetrika baju kerja maupun baju sehari-hari mereka. Usaha ini merupakan sebuah usaha dengan modal, tenaga kerja dan fasilitas yang berkapasitas sedang. Memiliki lokasi yang strategis dekat dengan keramaian dan berposisi di perkotaan.

Pada masa perekonomian saat ini, persaingan antara usaha kecil, menengah,atau pun besar sangatlah ketat dalam menonjolkan kualitas usahanya. Berbagai jenis usaha dibidang produk atau jasa berlomba-lomba untuk menarik minat para konsumen.

Kreativitas dan inovasi merupakan salah satu cara agar usahanya dapat berjalan dengan baik dan lancar.Tempat usaha jasa pencucian pakaian atau lebih dikenal dengan sebutan laundry merupakan salah satu perusahaan kecil atau wirausaha yang saat ini sangat menjamur di Indonesia. Di pelosok-pelosok daerah baik itu kota besar atau kecil banyak sekali berdiri usaha laundry.

Maka buatlah sebuah usaha laundry Anda menjadi sebuah usaha yang banyak di minati oleh banyak orang, dan buatlah sebuah pelayanan yang baik dan dapat memuaskan para konsumen Anda. Salah satunya adalah dengan memberikan semua kinerja yang baik kepada para konsumen, sehingga dengan kinerja yang baik, dapat membuat para pelanggan Anda menjadi mempercayai bisnis Anda, dan dapat menjadi sebuah pelanggan tetap.

Baca juga : Apa sih Perbedaan Omset dan Profit? Berikut Penjelasannya

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

3. Studi Kelayakan Bisnis Makanan

Contoh studi kelayakan bisnis makanan merupakan sebuah bisnis yang dikenal sebagai bisnis yang tak pernah mati. Sama seperti contoh studi kelayakan bisnis minuman Alasannya tentu karena satu hal yaitu setiap orang pasti membutuhkan makan, tidak peduli berapa pun uang yang mereka miliki. Ditambah lagi dengan modal yang sedikit, Anda bisa mengambil keuntungan hingga 100% jika menjalani bisnis kuliner.

Keuntungan menggiurkan tersebut membuat banyak orang berbondong-bondong untuk berbisnis kuliner. Mulai dari skala kecil seperti warung pinggir jalan, hingga restoran besar. Persaingan ketat tersebut lah yang menjadi tantangan bagi Anda yang mau mendalami bisnis ini.

Saat ini wisata kuliner di Indonesia dipenuhi dengan berbagai macam variasi makanan, mulai dari camilan, kue, hingga masakan khas nusantara. Berbagai pengusaha kuliner memutar otak untuk menyajikan makanan yang berbeda dan memiliki inovasi, hal tersebut dilakukan untuk menarik perhatian konsumen terhadap jenis makanan yang diproduksi.

Untuk menciptakan makanan yang unik dan memiliki inovasi, kita tidak harus menggunakan bahan makanan yang sulit atau jarang dijumpai, dari bahan-bahan makanan disekitar kita pun dapat dimanfaatkan menjadi suatu jenis makanan yang unik, apalagi jika bahan makanan tersebut  memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, jadi tidak hanya menarik dari segi cita rasa namun juga menyehatkan.

Selain itu, cita rasa dari menu yang Anda tawarkan sangatlah penting. Sebab, pada akhirnya cita rasa lah yang membuat orang untuk balik lagi dan lagi ke tempat Anda. Namun jika Anda hanya menyajikan makanan dengan rasa yang biasa saja, lokasinya yang kurang strategis, maka usaha kuliner Anda tidak akan berumur panjang bahkan akan mengakibatkan sepi pelanggan.

Jika Anda ingin mendirikan bisnis kuliner yang menguntungkan, maka perhatikan betul kualitas rasa. Anda bisa melakukan uji coba terlebih dahulu ke orang-orang terdekat, untuk mengetahui menu apa yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. Jika Anda sudah yakin akan kualitas rasa tersebut, maka Anda dapat menetapkan biaya produksi terhadap bisnis kuliner Anda.

4. Studi kelayakan Bisnis Minuman

Contoh studi kelayakan bisnis selanjutnya adalah bisnis minuman. Pada saat ini, bisnis minuman menjadi salah satu alternatif berbisnis yang paling mudah dieksekusi dibandingkan dengan jenis usaha lainnya.

Sudah banyak jenis minuman yang sedang banyak diminati oleh banyak kalangan masyarakat, seperti boba, bubble tea, dan masih banyak lagi. Ketika menjalankan bisnis minuman, jangan hanya berpikir soal keuntungan. Dan yang paling penting adalah utamakan kualitas dari minuman yang Anda buat, sebab hal tersebut akan membuat minuman menjadi lebih nikmat.

Buatlah varian rasa yang unik dan berbeda, Jika Anda perhatikan, masing-masing gerai pun pasti memiliki signature drink yang menjadi ciri khas bisnis tersebut. Maka buatlah sebuah ciri khas rasa terhadap bisnis minuman Anda.

Namun biasanya, bukan cuma rasa yang membuat pembeli tertarik untuk mencoba minuman. Kemasan yang bagus pun bisa menjadi nilai tambah tersendiri.

Misalnya, Anda menggunakan gelas plastik dengan bahan tebal yang tidak mudah pecah. Bisa juga desain gelas Anda berganti-ganti mengikuti tema tertentu. Atau, Anda menawarkan cara minum minuman  ini dengan cara yang tidak pada umumnya. Hal-hal tersebut tanpa disadari bisa menjadi salah satu teknik promosi bagi bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan lokasi dimana Anda akan membangun sebuah usaha minuman tersebut, carilah sebuah lokasi yang memiliki banyak pengunjung, dan ramai. Namun lokasi usaha yang strategis nyatanya belum tentu mampu mendatangkan banyak pembeli, kecuali Anda gencar melakukan promosi secara online. Maka dari itu, cobalah untuk menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis minuman Anda.

5. Contoh Studi Kelayakan Bisnis Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Dalam perusahaan manufaktur tersebut, menyumbang pendapatan yang besar terhadap negara baik itu melalui pajak atau kontrak lainnya. Dikarenakan ukurannya yang cukup besar, perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur pun memiliki serapan tenaga kerja yang besar, sehingga mampu mengurangi angka pengangguran.

Perusahaan manufaktur memiliki arti yang berbeda dengan produksi, produksi memiliki arti yang lebih luas yaitu proses pengolahan bahan baku menjadi suatu produk yang bisa berwujud gas, cair atau padat. Sedangkan manufaktur adalah proses pengolahan bahan baku menjadi suatu produk dalam bentuk padat.

Dalam pengertian manufaktur adalah sebuah istilah untuk menyebut proses pengubahan bahan baku, komponen, atau bagian – bagian (parts) menjadi barang jadi yang memenuhi harapan atau spesifikasi pelanggan. Istilah ini bisa digunakan untuk aktivitas manusia, dari kerajinan tangan sampai ke produksi dengan teknologi tinggi.

Namun untuk dapat menjalankan strategi penjualan yang sukses dalam bisnis manufaktur memang membutuhkan waktu dan usaha yang tidak sedikit. Upaya yang konsisten dan berkelanjutan perlu untuk dilakukan.

Untuk meningkat sebuah bisnis manufaktur, langkah pertama yang perlu adalah menunjukkan kepada khalayak bahwa Anda adalah seorang pakar dalam industri Anda. Sebab semakin Anda menunjukkan kepada klien betapa berpengetahuan Anda dalam industri Anda, semakin mereka ingin bekerja sama dengan Anda.

Ingin usaha manufaktur kecil Anda menjadi besar? kini saatnya bagi Anda untuk lebih memperhatikan konsumen. Anda perlu menggali lebih dalam tentang apa yang sebenarnya dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Tentu saja, permintaan konsumen akan selalu berubah. Maka dari itu, tidak cukup jika Anda hanya mencoba dan mengikuti tren. Sebagai produsen, Anda harus tahu tentang bagaimana perilaku konsumen berpikir, merasa, dan berperilaku.

Contoh studi kelayakan usaha atau bisnis ini dapat menjadi acuan Anda dalam menjalankan bisnis Anda yang nantinya semakin berkembang. Studi kelayakan bisnis ini sangat berperan penting apabila Anda ingin memulai sebuah bisnis.

Perhatikan apakah bisnis yang Anda bangun memiliki banyak peminat, dan apakah bisnis yang Anda bangun sudah memiliki perencanaan yang baik ?
Jika sudah, bangunlah bisnis Anda dengan sebaik mungkin, agar bisnis yang Anda bangunpun tidak sia-sia, melainkan menghasilkan sebuah pencapaian yang baik.

Jika bisnis yang Anda jalankan sudah semakin berkembang, dan memiliki penghasilan yang baik, maka untuk mengontrol setiap pembukuan dan keuangan Anda, sangat penting untuk Anda memiliki pencatatan keuangan yang baik dan rapih. Untuk ituHarmony dapat membantu Anda dalam membereskan pembukuan dengan praktis dan mudah.

Software Harmony akan membantu Anda menerima laporan keuangan secara real time dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang sebagai akuntan sekalipun. Gunakan teknologi akuntansi jaman sekarang untuk membereskan pembukuan Anda sekarang juga bersama Harmony dapatkan Gratis 30 Hari untuk software Harmony dengan mendaftarkan akun secara Gratis disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony