Harmony Blog

Contoh Laporan Keuangan Travel Agent dan Cara Membuatnya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

laporan keuangan travel agentPin

Membuat laporan keuangan travel agent sangat penting dilakukan untuk  mengontrol keuangan perusahaan travel agent Anda karena mengingat tidak sedikitnya tindak kecurangan laporan keuangan yang terjadi di perusahaan maka dengan membuat laporan keuangan travel agent ini setidaknya cukup dapat memberi Anda rasa aman untuk mengetahui segala aktifitas keuangan yang terjadi diperusahaan travel agent Anda serta Anda pun dapat juga melihat perkembangan bisnisnya tersebut.

Perkembangan Dunia Bisnis Travel Agent

Bidang usaha travel agent saat ini masih terbilang bisa berkembang. Bisnis travel agent ini termasuk bergerak dalam bidang jasa. Meskipun tidak sedikit beberapa jenis travel agent konvensional yang sepi peminat bahkan ada yang gulung tikar. Namun tidak sedikit juga yang masih bertahan ditengah kondisi berjamurnya travel agent-travel agent online.  Dan beberapa diantaranya yang sulitnya menangani pembukuan keuangan travel agent mereka sehingga laporan keuangan travel agent pun terkadang bermasalah. Salah satunya mereka masih belum mengetahui manfaat menggunakan aplikasi laporan keuangan pada bisnisnya.

Pembuatan Laporan Keuangan Travel agent membutuhkan cara atau tampilan khusus dalam membuatnya, supaya bisa mendapatkan profit atau laba. meskipun banyak kesulitan yang akan dihadapi dalam proses pencatatannya.

Apakah bisnis travel agent tersebut mengalami kemajuan atau malah sebaliknya? Jika Anda masih bingung untuk membuat laporan keuangan . Berikut ini adalah contoh laporan keuangan keuangan travel agent dan cara membuatnya.

Contoh Laporan Keuangan Travel Agent dan Cara Membuatnya

Laporan keuangan diperusahaan travel agent agak sedikit berbeda dengan laporan keuangan dagang biasa . Perbedaannya hanya dipersediaan dan pengakuan harga pokok penjualan tiket transportasinya. Dalam bisnis travel agent ini tiket transportasi adalah persediaan utamanya. Harga tiket transportasi ini biasanya tidak tetap atau naik turun. Jadinya supplier wajib meminta kepada perusahaan travel agent nya untuk melakukan deposit (menyetorkan sejumlah uang kepada supplier). Sedangkan diperusahaan dagang konvensional , deposit inilah yang menjadi persediaan barang.

Laporan keuangan travel agent agak sedikit berbeda dengan laporan keuangan dagang biasa.  Dalam bisnis travel agent ini tiket transportasi adalah persediaan utamanya. Harga tiket transportasi ini biasanya tidak tetap atau naik turun. Jadinya supplier wajib meminta kepada perusahaan travel agent nya untuk melakukan deposit (menyetorkan sejumlah uang kepada supplier). Sedangkan diperusahaan dagang konvensional , deposit inilah yang menjadi persediaan barang.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Untuk pengakuan persediaan tiket dan harga pokok penjualan dalam travel agent itu lebih tepatnya menggunakan harga pasar. oleh Karena itu agent tiket tidak bisa menghitung berapa nilai persediaan secara fisik pada saat tertentu. Jumlah deposit yang tersisa pada persediaan bisa dinilai melalui tanggal neraca. ada beberapa akun yang harus dimiliki dalam pencatatan akuntansi travel agent adalah:

1. Deposit ke Supplier.

2. Deposit Ke Rekanan (Aset Lancar) .

3. Deposit Customer.

4. Utang Deposit Ke Rekanan (Kewajiban Lancar).

Penjualan Tiket dan Harga Pokok Penjualan Tiket merupakan akun pada laporan laba rugi akun yang harus ada dalam pencatatan akuntansi.  Kemudian untuk akun lainnya dapat menyesuaikan dengan akun standar perusahaan dagang.

untuk transaksi pembelian ke supplier dalam jenis bisnis travel sama dengan transaksi penyetoran deposit kepada supplier atau bisa dibilang Down Payment atau DP. Untuk jurnalnya DP merupakan deposit ke supplier dilawankan dengan Kas/Bank.

Contoh laporan keuangan travel 2Pin

Pada saat tertentu, Anda melakukan pemesanan kepada rekanan lain dikarenakan deposit tidak mencukupi. Transaksi seperti ini biasanya tidak dilakukan secara tunai, biasanya pencatatannya merupakan deposit yang dilakukan kepada ke rekanan dikolom debit, sedangkan utang deposit ke rekanan pada kolom kredit.

Contoh laporan keuangan travel 2Pin

Transaksi penjualan tiket, jurnalnya bisa dicatat seperti ini, Kas/Bank piutang pada kolom kredit.

Contoh laporan keuangan travel 3Pin

Ketika saat terjadi penjualan, pada saat itu diketahui nilai harga pokok penjualan dari tiket tersebut. Untuk mengetahui Harga pokok yaitu mengikuti rate harga yang berlaku pada saat terjadinya transaksi. Pada saat HPP bisa diakui saat terjadi penjualan, dalam pencatatan transaksi dijurnal HPP tiket berada di kolom debit dan deposit ke supplier maupun rekanan di kolom kredit.

Contoh laporan keuangan travel 4Pin

Contoh kasus

Sebuah perusahaan “Quinzha Travel Agent” Pada tanggal 1 Januari melakukan deposit pertama kalinya kepada supplier Singapore Airlines sebesar Rp40.000.000.

Tanggal 4 Januari, “Quinzha Travel Agent” menjual tiket Singapore Airlines secara piutang seharga Rp3.175.000

Dan untuk transaksi tersebut, saldo deposit ke pada Singapore Airlines di potong Rp3.000.000. Jadi sisa saldo depostinya adalah Rp 37.000.000.

Pada jawaban pencatatan jurnal akuntansinya yaitu sebagai berikut ;

1. Mencatat anggaran jurnal deposit untuk ke Singapore Airlines Rp40.000.000

Image 10Pin

2. Tanggal 4 Januari, adanya penjualan secara piutang sebesar Rp3.175.000

Image 11Pin

3. Terjadi pengurangan saldo deposit pada Singapore Airlines  Rp3.000.000 (Pengakuannya adalah sebagai HPP Tiket)

Image 12Pin

Semua Langkah – Langkah dalam membuat laporan keuangan travel agent ini akan lebih mudah jika anda menggunakan sebuah sistem laporan keuangan online . Mengapa harus menggunakan sistem laporan keuangan online? karena dengan semakin berkembangnya zaman dengan teknologi Anda pun akan lebih terbantu dari segi waktu yang dalam pengerjaan nya tersebut dapat lebih cepat dan mudah serta realtime.

Harmony Smart AccountingSolution siap membantu Anda sebagai solusi dalam membantu anda membuat laporan keuangan dengan sistem pembukuan keuangan berbasis cloud technology. Gunakan Harmony sekarang disini, dan dapatkan 30 Hari Gratis penggunaannya dan jadilah pebisnis sukses yang revolusioner dalam hal laporan keuangan berbasis cloud technology.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony