Harmony Blog

Contoh Laporan Arus Kas Tidak Langsung dan Cara Mudah Membuatnya

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Laporan-Arus-Kas-Metode-Tidak-Langsung-HarmonyPin

Untuk menyusun laporan arus kas tidak langsung ternyata lebih disukai dan sering digunakan, dibandingkan dengan metode arus kas langsung. Hal ini dikarenakan mengerjakan laporan arus kas tidak langsung tidak serumit metode langsung.

Secara umum laporan arus kas juga disebut sebagai cash flow, yang terbagi menjadi dua metode yaitu laporan arus kas tidak langsung dan metode arus kas langsung. Di mana contoh cash flow ini terdiri dari bagian investasi, operasional, dan pendanaan.

Sebagai pebisnis yang membuat laporan arus kas tidak langsung juga harus memperhatikan setiap karakteristik laporan keuangan. Oleh karena itu dalam penyusunan laporan harus secara rapi dan relevan.

Dengan demikian di masa mendatang baik pihak investor maupun pihak kepentingan dapat memahami laporan arus kas tersebut. Bukan hanya itu, dalam cara membuat laporan arus kas juga membutuhkan data penting seperti laba rugi dan neraca keuangan.

Laporan arus kas tidak langsung juga saling mempengaruhi informasi keuangan atas laba atau rugi yang menggunakan metode akrual basis.

Memahami Apa Itu Laporan Arus Kas Tidak Langsung?

Istilah dari laporan arus kas adalah bagian dari sebuah laporan keuangan yang menggambarkan atas penerimaan kas, pengeluaran kas, serta perubahan kas bersih.

Biasanya laporan arus kas juga terbagi menjadi dua yaitu metode arus kas langsung vs tidak langsung. Selain itu contoh cash flow yang terjadi meliputi operasi, investasi, serta pendanaan dalam jangka waktu satu periode.

Maka dari itu laporan arus kas atas kedua metode yang berasal kegiatan pendanaan, dan investasi akan tersajikan dengan laporan yang sama. Sedangkan atas kegiatan operasi tersajikan dengan laporan yang berbeda.

Dengan demikian cara membuat laporan arus kas tentunya memerlukan data yang dibutuhkan seperti laporan laba rugi, neraca periode yang berlangsung ataupun periode sebelumnya.

Baca Juga : Contoh Laporan Arus Kas Dalam Perusahaan Dagang dan Jasa

Macam-Macam Akun Laporan Arus Kas Tidak Langsung

Adapun beberapa akun yang termasuk ke dalam laporan arus kas tidak langsung sebagai berikut :

1. Piutang Usaha

2. Persediaan

3. Beban Dibayar di Muka

4. Keuntungan atau Rugi atas Pelepasan Aset Tetap

5. Beban Depresiasi dan Amortisasi

6. Utang Usaha

7. Utang Pajak Penghasilan

Setelah semua akun di atas dimasukkan ke dalam laporan arus kas tidak langsung. Nah, jika Anda kesulitan dan ingin terima beres laporan arus kas dan laporan keuangan lainnya, kini Anda bisa memanfaatkan layanan profesional seperti jasa pembukuan.

Layanan ini akan membantu Anda mendapatkan laporan keuangan secara realtime, buat invoice, mengurus unsur-unsur perhitungan pajak, serta payroll.

Apa Saja Kegiatan Laporan Arus Kas Tidak Langsung?

Berikut ini yang teramasuk dari beberapa bagian atas kegiatan laporan arus kas tidak langsung dalam perusahaan yaitu :

1. Kegiatan Arus Kas Aktivitas Operasi

Arus kas atas kegiatan operasi perusahaan baik itu penerimaan atau pengeluaran. Terdiri dari contoh cash flow yaitu pemasukan pelanggan, dividen, pembayaran gaji, listrik, hutang dan sebagainya yang juga mempengaruhi laba bersih perusahaan.

2. Kegiatan Arus Kas Aktivitas Investasi

Kegiatan arus kas investasi perusahaan, juga merupakan bagian dari laporan arus kas yang terkait dengan kegiatan investasi yang dilakukan oleh perusahaan. Misalnya investasi penjualan, pembelian aset perusahaan, bahkan yang mempengaruhi piutang perusahaan.

Di sisi lain arus kas atas investasi aset tidak lancar biasanya terdiri dari pembelian mesin, gedung, kantor, kendaran dan sebagainya.

3. Kegiatan Arus Kas Aktivitas Pendanaan

Dalam kegiatan arus kas atas pendanaan biasanya diterima atas biaya yang dikeluarkan, misalkan penjualan obligasi, penjualan saham, pembayaran dividen, ataupun kredit bank.

Maka dari itu penyusunan laporan arus kas tidak langsung biasanya harus menyiapkan tiga bagian laporan atas kegiatan perusahaan. Sehingga ketika mendapatkan total arus kas bersih dari ketiga kegiatan tersebut, maka bisa diketahui apakah perusahaan mengalami penurunan atau peningkatan kas dalam periode tertentu.

Baca Juga : Cara Membuat Buku Besar Bentuk T dan Contohnya

Bagaimana Penyusunan Laporan Arus Kas Tidak Langsung?

Adapun langkah yang harus disiapkan dalam menyusun contoh laporan arus kas dalam perusahaan yaitu :

1. Mempersiapkan Data Laporan Laba Rugi Usaha

Pertama yang harus dipersiapkan dalam cara membuat laporan arus kas yaitu data laba rugi. Di mana laporan laba rugi yang berjalan selama satu periode, akan menunjukkan berapa banyak keuntungan atau rugi yang tertulis.

2. Mempersiapkan Laporan Neraca Periode Berjalan

Cara kedua untuk membuat laporan arus kas tidak langsung dapat mempersiapkan laporan necara periode berjalan selama satu tahun dan neraca tahun sebelumnya.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

3. Melakukan Perbandingan Dari Kedua Laporan Neraca

Selanjutnya melakukan perbandingan dari nominal atas setiap akun yang tercantum pada kedua laporan neraca tersebut, maka hasil perbandingan tersebut dapat dimasukan ke dalam kolom net change.

4. Menyusun Contoh Laporan Arus Kas Usaha

Terakhir ketika sudah memiliki laporan laba rugi, dan menyiapkan perbandingan dari kedua laporan neraca.

Selanjutnya Anda dapat membuat serta menyusun laporan arus kas metode tidak langsung dari beberapa akun di atas. Sehingga nantinya ketika pihak investor serta pihak kepentingan lainnya dapat membaca dan analisa laporan arus kas tersebut.

Mudah Membuat Laporan Arus Kas Tidak Langsung Dengan Software Akuntansi

Cara membuat laporan arus kas tidak langsung yang secara manual juga merupakan salah satu bagian penting, dalam mengetahui kesehatan keuangan perusahaan.

Akan tetapi dengan menggunakan software pembukuan Harmony Anda bisa lebih mudah untuk mencatat semua transaksi yang terjadi dan nantinya laporan tersebut bisa dilihat secara realtime seperti laporan arus kas tidak langsung di bawah ini.

Contoh laporan arus kas harmony 2Pin

Bagi Anda yang memiliki kesulitan dalam menyajikan data keuangan seperti laporan arus kas, laba rugi, dan laporan posisi keuangan lainnya. Bahkan ingin selalu terupdate atas setiap transaksi secara real time. Sekarang Anda bisa memanfaatkan teknologi akuntansi Harmony.

Apa sih itu Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Harmony juga mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Agar lebih optimal cobalah gunakan Harmony software secara gratis selama 30 hari di sini. Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony