Cara Mudah Mengetahui Laporan Ringkasan Bank Dengan Satu Klik
Harmony Blog
Business
Cara Mudah Mengetahui Laporan Ringkasan Bank Dengan Satu Klik
August 20, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Laporan ringkasan bank merupakan laporan yang menyajikan ringkasan transaksi yang dilakukan perusahaan tersebut dalam suatu periode. Laporan ringkasan bank bisa milik individu maupun badan usaha. Dalam laporan ini juga bisa diketahui catatan transaksi rekening giro maupun rekening kas bank.

Jenis transaksi yang ada dalam laporan ringkasan bank bisa meliputi beban administrasi bank, setoran tunai, memproses cek, atau penerimaan kas dari debitur. Laporan ini  bisa dibuat setiap minggu, bulan, triwulan, semester ataupun setahun sekali.

Laporan ringkasan bank menyajikan transaksi pemasukan dan penggunaan dana di bank baik milik individu maupun badan usaha.

Fungsi Laporan Ringkasan Bank

Setelah mengetahui apa pengertiannya kini saatnya Anda mengetahui fungsinya. Perusahaan membutuhkan laporan ini utamanya untuk mengetahui kemana saja aliran dana kas digunakan atau dari mana saja pemasukan perusahaan didapat. Selain itu laporan ini sendiri memiliki berbagai macam fungsi diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Dapat digunakan perusahaan untuk menelusuri atau mengecek ulang transaksi tertentu yang diperlukan pihak pembukuan

2. Dapat menyajikan informasi pembayaran tagihan yang sudah dilakukan perusahaan serta sebagai alat pengecekan atas transaksi pelanggan. Melalui laporan ini diketahui apakah mereka telah benar-benar melakukan pembayaran piutangnya atau belum

3. Mencatat biaya transaksi yang dilakukan bank seperti biaya administrasi bank yang dibebankan setiap bulannya ke nasabah

Adanya laporan ini dapat membantu pemilik rekening melakukan cross check dan mempercepat pencatatan transaksi. Pembuatan laporan ini bisa dibuat manual maupun memanfaatkan teknologi aplikasi. Kini kegiatan pembukuan bahkan bisa memakai  aplikasi.

Kelebihan Software Akuntansi Dalam Penyajian Laporan Ringkasan Bank

Untuk membuatnya tak perlu repot lagi menyusun secara manual. Melalui software akuntansi Anda dapat menyajikan laporan keuangan dalam hitungan detik. Tak hanya itu saja kini laporan keuangan dapat dibuat dengan aplikasi. Ada beberapa kelebihan software akuntansi dalam penyajiannya diantaranya adalah sebagai berikut :

• Lebih menghemat waktu sekali klik laporan keuangan tersaji lengkap dan sistematis

• Tenaga yang digunakan juga tak terlalu banyak sehingga Anda bisa melakukan aktivitas lainnya

• Laporan ringkasan bank terintegrasi dengan semua jenis bank lokal.

• Dalam satu aplikasi bisa menangani untuk anak cabang perusahaan Anda

• Melalui one click bank integration seluruh transaksi keuangan bank bisa tersaji secara otomatis tanpa harus memasukan data transaksi secara manual.

• Desain elegan dan praktis membuat tampilan laporan yang dibuat rapi dan menarik.

• Rekap transaksi dan berbagai laporan keuangan lainnya bahkan buku besar mampu ditampilkan dalam berbagai gadget termasuk smartphone

Semua kelebihan diatas bisa Anda dapatkan dengan menggunakan  Harmony Smart Accounting. Software akuntansi ini berbeda dengan aplikasi akuntansi lainnya.  Harmony Smart Accounting didukung oleh beragam pilihan bank mulai dari Mandiri Internet Banking,  Mandiri MCM,  BRI Internet Banking,  Klik BCA,  BNI Direct, bahkan Maybank Coolpay.

custom-form-newsletter


Contoh Laporan Ringkasan Bank

Untuk mempermudah memahaminya Anda bisa menyimak contoh laporan ringkasan bank dibawah ini :

Laporan Ringkasan Bank

PT.DIY

Per 31 Agustus 2020

Bila Anda menggunakan Harmony Smart Accounting laporan ringkasan bank bisa tersaji dengan satu klik saja. Caranya mudah yakni dengan membuat akun bank pada software akuntansi Harmony dengan langkah-langkah berikut :

• Klik menu cash & bank pada dashboard

• Tambahkan informasi bank yang digunakan perusahaan dengan tekan new cash & bank

• Isi informasi akun bank secara benar dan lengkap

• Pada akun bank yang telah dibuat klik reconcile lalu pilih import bank statement. Download dahulu template csv statement bank kemudian upload

• Untuk rekonsiliasi bisa menekan tombol reconcile pada akun bank yang diinginkan.  Terdapat fitur auto match untuk mencocokan transaksi akuntansi kas dan bank secara akurat

Untuk membuktikan keunggulan Harmony Smart Accounting Anda juga bisa mencobanya dahulu secara GRATIS selama 30 hari dengan mendaftar disini.  Gunakan Harmony sekarang juga!

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/