Harmony Blog

Cara Membuat Toko Online yang Praktis Bagi Pemula Bisnis

Diposting Sep 23rd, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Cara Membuat Toko OnlinePin

Anda mungkin sempat berpikir untuk merilis online shop sendiri. Tapi, masih bingung bagaimana cara membuat toko online? Di zaman sekarang, membuat website bisnis sebenarnya sangat mudah.

Perilaku konsumen yang ingin serba cepat dan praktis dalam berbelanja, membuat banyak orang beralih profesi sebagai dropshipper atau reseller. Misalnya, seperti dropshipper camilan/ snack, atau join reseller online shop fashion yang bisa dijual kembali.

Untuk menjalankan bisnis jual online, Anda perlu memikirkan detail toko online seperti alamat atau website bisnis terlebih dulu.Click to Tweet

Nah, bagi para pemula yang ingin membuat website bisnis atau online shop, yuk simak tips praktis cara membuat toko online berikut.

Pilih Nama Domain

Untuk menjalankan bisnis jual online, Anda perlu memikirkan alamat online shop atau website bisnis terlebih dulu. Ini adalah cara membuat toko online yang paling dasar. Nama website bisnis atau toko online shop harus mencerminkan atau mewakili brand bisnis.

Pilih nama website bisnis yang mudah dieja, nama singkat, gampang diingat, serta terkait dengan bisnis Anda.

Pilih Platform E-Commerce

Sekarang, sudah ada website bisnis atau eCommerce yang tersedia untuk mewujudkan cara membuat toko online yang praktis dan cepat. Tanpa perlu teknik programming atau coding sama sekali, toko online shop sudah siap dijalankan.

Toko onlinePin

Ada yang membebani biaya bulanan, ada juga yang gratis. Pilih saja platform jual online yang Anda suka dan cocok dengan budget. Pertimbangkan untuk menghitung keuntungan usaha sebelum memilih model berlangganan bulanan, karena akan mengurangi keuntungan bisnis Anda.

Temukan Keunikan Brand

Kunci sukses membangun online shop atau website bisnis adalah bagaimana produk atau jasa Anda bisa berbeda dari para pesaing. Di luar sana ada jutaan penjual online, dengan produk atau jasa yang sama. Tetapi, kenapa konsumen harus memilih brand Anda?

Apakah karena brand Anda lebih bagus? Harganya lebih murah? Ada gratis ongkos kirim? Semua barang dijamin original dan berkualitas? Keunikan website bisnis akan sangat membantu meluncurkan online shop yang menarik masyarakat.

Contohnya, dari segi pembayaran, Anda bisa menawarkan multi-channel payment di website bisnis atau online shop. Konsumen bisa membayar cukup lewat kode QR, transfer bank, atau merchant minimarket terdekat dari tempat tinggalnya.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Tentukan Target Pasar

Siapa saja target pasar online shop adalah cara membuat toko online yang tak boleh diabaikan. Dengan memahami siapa yang akan membeli produk atau jasa, Anda bisa lebih mudah menyesuaikan strategi pemasaran. Misalnya, dari segi branding, gaya komunikasi iklan, promo atau penawaran yang cocok, dan lainnya.

Sebagai contoh, jika Anda menjual sepatu hak tinggi, target pasar Anda adalah wanita karir dengan usia 25-35 tahun. Anda menyesuaikan gaya komunikasi dan branding dengan menyapa “Hai, ladies, sudah tau produk terbaru kami belum?”. Jangkau pemasaran audiens dengan media sosial, email, atau pesan Whatsapp agar bisa mengenal lebih baik dan berinteraksi dengan calon konsumen.

Optimalkan Website Bisnis

Anda tidak bisa begitu saja meluncurkan website bisnis atau toko online shop dan berharap orang-orang mengunjunginya. Optimalkan upaya untuk menarik traffic atau lalu lintas ke website bisnis melalui mesin pencari seperti Google.

Gunakan kata kunci dalam deskripsi produk sebagai salah satu strategi, tetapi ini hanyalah permulaan saja. Selain memakai Google Ads, atau Facebook Ads, Anda bisa memakai metode blogging atau vlogging. Sediakan artikel SEO-friendly, agar website bisnis dan online shop Anda lebih mudah ditemukan audiens.

Cara membuat toko online yang praktis dengan bantuan platform atau marketplace mungkin sudah Anda lakukan. Kalau begitu, sekarang saatnya menjaga agar pengelolaan keuangan berjalan lancar dan rapi. Gunakan Software Akuntansi Harmony untuk membantu Anda dalam mengelola anggaran bisnis seperti biaya iklan, biaya pemasaran produk, penggajian karyawan, dan lainnya.

Ikuti akun Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony bila Anda ingin memahami kecanggihan fitur-fiturnya secara detail. Melengkapi bisnis dengan pembukuan yang modern adalah investasi jangka panjang. Tim finance bisa semakin produktif, karena tugas pembukuan dapat dilakukan secara otomatis, cepat, dan akurat.

Pembukuan usaha juga bebas ribet, tanpa menyita waktu dan tenaga. Tunggu apalagi, coba sekarang juga Aplikasi Harmony GRATIS 30 hari, daftar di sini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK