Harmony Blog

Bagaimana Cara Menghitung Keuntungan Usaha Anda? Ikuti 5 Langkah Ini

Diupdate Mar 11th, 2021
235

SHARES

PEMBACA

Menghitung-Keuntungan-Usaha-HarmonyPin

Pada saat menjalankan bisnis, tentunya cara menghitung keuntungan usaha merupakan suatu hal yang mutlak dan harus bisa dilakukan oleh semua pengusaha. Sebab hal tersebut sangat penting untuk dilakukan sebagai data evaluasi serta keberlangsungan bisnis yang dijalankan.

Mengetahui cara menghitung keuntungan usaha adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan agar bisa membantu dalam pengambilan keputusan bisnis berikutnya.

Apabila ketika Anda mendirikan sebuah usaha, tentu permasalahan awal yang seringkali terjadi ialah pengaturan biaya produksi serta cara menentukan harga jual pada bisnis Anda.

Maka dari itu, apabila Anda ingin mengetahui cara menentukan harga jual, yang harus Anda lakukan adalah menghitung semua biaya produksi yang telah Anda keluarkan selama satu periode.

Sebagai seorang pebisnis Anda juga diwajibkan untuk membuat laporan keuangan sebagai alat ukur sekaligus alat hitung semua biaya yang telah Anda keluarkan.

Lalu setelah semua biaya tersebut sudah terhitung, maka langkah berikutnya adalah dengan cara menentukan harga jual produk kepada konsumen. Penetapan harga produk tersebut pada akhirnya akan mempengaruhi berapa banyak Anda akan memperoleh keuntungan dan mencapai balik modal.

Baca Juga: Lakukan 10 Cara ini Pada Bisnis Jika Ingin Sukses di Usia Muda

Unsur Penting Dalam Menghitung Keuntungan Usaha

Berikut ini akan dijelaskan beberapa unsur penting dalam menghitung keuntungan usaha yang wajib diketahui oleh seorang pebisnis yaitu:

a. Pendapatan

Yang dimaksud dengan pendapatan di sini adalah suatu pertambahan jumlah aktiva atau harta yang bisa menambah nilai modal usaha Anda. Pada umumnya pendapatan ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:

• Pendapatan Usaha

Pendapatan usaha ini didapat dari kegiatan operasional perusahaan itu sendiri, seperti hasil penjualan produk dan lain sebagainnya.

• Pendapatan di Luar Usaha

Jenis pendapatan ini dapat diperoleh suatu perusahaan atas kegiatan yang mereka lakukan di luar perusahaan. Seperti halnya sewa ataupun bunga.

Maka semua hal yang membuat jumlah aktiva ataupun harta Anda bertambah itu dikatakan sebagai pendapatan.

b. Beban

Beban merupakan suatu biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan hasil ekonomis. Dengan dikeluarkannya biaya ini maka dapat menyebabkan jumlah modal perusahaan menjadi berkurang. Beban juga terdiri dari 2 jenis yaitu:

Beban Usaha

Beban usaha merupakan suatu biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk membiayai setiap kegiatan operasioanl perusahaan, seperti halnya beban gaji karyawan, biaya air dan telepon, biaya listrik, biaya transportasi, dan lain sebagainya.

• Beban di Luar Usaha

Beban di luar usaha adalah suatu biaya-biaya yang dikeluarkan untuk membayar segala kegiatan yang di lakukan di luar kegiatan utama perusahaan saja beban bunga.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Minimarket dengan Modal Terjangkau

Cara Menghitung Keuntungan Usaha

Dalam menghitung sebuah keuntungan usaha, ada 5 cara yang perlu yang Anda ketahui dan dilakukan dalam usaha Anda. Berikut 5 cara menghitung keuntungan usaha yaitu:

1. Identifikasi Item Biaya Produksi

Langkah atau cara pertama yang perlu Anda lakukan dalam menghitung keuntungan usaha Anda adalah dengan cara mengidentifikasi semua item yang termasuk ke dalam biaya produksi. Berikut terdapat 2 jenis biaya produksi yaitu:

Biaya Tetap (Fixed Cost)

Biaya tetap merupakan suatu biaya yang pada saat dikeluarkan memiliki jumlah yang sama dalam setiap produksi dan tidak tergantung dengan besar kecilnya kuantitas suatu produksi tersebut. Misalnya biaya pada sewa gedung, biaya karyawan, dan biaya penyusutan.

Biaya Variabel ( Variabel Cost)

Jenis biaya ini merupakan biaya atau beban yang dikeluarkan oleh perusahaan yang jumlah bergantung pada setiap kuantiitas produk yang diproduksi.

Kedua jenis biaya tersebut juga merupakan suatu komponen dari perhitungan BEP. menghitung BEP juga merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan, sebab BEP dapat menentukan suatu target penjualan pada usaha Anda.

Maka cara menghitung BEP (Break Even Point) yang benar tentu harus dipahami oleh setiap manajemen perusahaan, setelah menghitung BEP tersebut, maka perusahaan bisa memasang target untuk segera mencapai profit.

Sebab tujuan utama dalam menjalankan bisnis adalah profit, tetapi perlu juga untuk memperhatikan etika bisnis agar persaingan yang terjadi tetap sehat.

2. Menghitung Keuntungan Usaha Dengan Menyusun Laporan Laba Rugi

Cara kedua untuk menghitung keuntungan usaha Anda adalah dengan menyusun laporan laba rugi pada laporan keuangan Anda. Ketika Anda menyusun sebuah laporan laba rugi, ada beberapa unsur yang harus Anda penuhi yaitu sumber pendapatan dan beban perusahaan yang dikeluarkan selama periode tertentu. Adapun cara dalam menghitung laporan laba rugi yaitu: Laba Bersih = Laba Kotor – Beban Usaha

3. Hitung Biaya Pembentukan Harga Pokok Penjualan

Ketika ingin menentukan harga jual yang tepat, seorang pengusaha harus mengetahui harga pokok yakni harga untuk mendapatkan barang tersebut. Lalu biaya tersebut ditambah dengan biaya lain dan keuntungan yang diinginkan, maka keluarlah harga jual.

Pendekatan harga pokok produk seperti inilah yang dapat mengacu pada harga pokok penjualan dari keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh barang yang dijual atau harga perolehan dari barang yang dijual.

Adapun rumus untuk harga pokok penjual (HPP) adalah:

HPP = Bahan Baku Yang Digunakan + Total Produksi (BTKL + Overhead Pabrik ) + Saldo Akhir Persediaan (Saldo Awal Persediaan – Saldo Akhir Persediaan)

Ketika ingin menetapkan dan menaikkan harga jual produk, Anda harus melihat daya beli konsumen yang menjadi target pasar Anda.

Apabila target konsumen Anda berasal dari kalangan yang memiliki penghasilan menengah kebawah, mungkin kenaikan harga produk akan berpengaruh besar terhadap usaha Anda, sehingga dapat membuat konsumen beralih ke pesaing Anda.

Sebab pada dasarnya harga pokok penjualan merupakan hasil perhitungan seluruh biaya yang Anda keluarkan dalan proses produksi hingga sampai kegudang dan menjadi berstatus persediaan.

Maka untuk pengusaha dagang, harga pokok penjualan merupakan akumulasi semua biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan Anda.

4. Mengidentifikasi Setiap Saldo Persediaan Awal dan Akhir

Cara keempat untuk menghitung keuntungan usaha Anda, maka yang harus Anda lakukan adalah menghitung setiap saldo awal persediaan bahan baku usaha Anda.

Yang dimaksud dengan sado awal persediaan bahan baku adalah total nilai persediaan bahan baku di awal periode yang dihitung pada awal bulan untuk periode bulanan dan awal tahun untuk periode tahunan.

Perhitungan saldo awal periode tersebut sama dengan saldo akhir pada periode sebelumnya, Anda bisa memeriksanya dalam neraca, dan untuk persediaan bahan baku Anda bisa mellihatnya di buku persediaan dan kartu stock.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

5. Menghitung Keuntungan Usaha (Penjualan Bersih)

Tahap terakhir untuk menghitung keuntungan usaha adalah dengan cara menghitung penjualan bersih perusahaan. Sebab penjualan merupakan salah satu sumber pendapatan perusahaan.

Penjualan bersih adalah hasil dari penjualan kantor yang kemudian dikurangi dengan berbagai macam potongan dan pengurangan lainnya yaitu total pendapatan penjualan dikurangi dengan faktor-faktor pengurang seperti halnya retur, diskon dan lainnya.

Adapun yang terdapat dalam unsur-unsur yang termasuk ke dalam penjualan bersih adalah sebagai berikut:

Penjualan kotor

Potongan penjualan

Retur penjualan

Penjualan bersih

Rumus dalam menghitung penjualan bersih adalah sebagai berikut:

Penjualan Bersih = Penjualan – Retur Penjualan Dan Pengurangan Harga – Potongan Penjualan.

Bagi setiap jenis usaha, misalnya pada usaha kuliner. Bagi usaha kuliner cara menentukan harga jual makanan pada usaha Anda tentu sangat penting untuk Anda berikan, dengan cara menentukan harga jual makanan maka konsumen dapat mengetahui berapa harga yang Anda berikan di setiap jenis makanan tersebut.

Setelah Anda melakukan cara menentukan harga jual makanan, tentu yang harus Anda lakukan adalah menghitung setiap penjualan ataupun keuntungan yang sudah Anda hasilkan. Sebab cara menghitung keuntungan usaha makanan juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Dengan cara menghitung keuntungan usaha makanan Anda, maka Anda dapat mengetahui keuntungan yang Anda hasilkan di setiap periodenya. Namun bagi Anda yang masih belum mengetahui cara menghitung profit , maka ada banyak pilihan pengunaan metode penghitungan yang dapat Anda gunakan.

Salah satu cara menghitung profit usaha Anda adalah dengan mengunakan laporan pembukuan secara online. Seperti halnya dengan menggunakan software akutansi Harmony.

Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha.

Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK