Harmony Blog

5 Cara Membuat QR Code Praktis Untuk Toko Anda

Diposting Mei 7th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Cara Membuat QR CodePin

Sedang mencari tau bagaimana cara membuat qr code untuk produk usaha atau toko Anda? Di era modern saat ini, hampir semua produk yang dirilis oleh perusahaan besar maupun UKM sudah dilengkapi barcode.

Cara membuat qr code dan cara scan barcode juga sangat penting diketahui pelaku usaha, sebab sesuai dengan perilaku konsumen milenial yang mendambakan kemudahan dan kepraktisan dalam pembayaran digital. 

Cara membuat QR Code ternyata mudah dan praktis, namun Anda juga perlu memaksimalkan strategi bisnis yang baik.Click to Tweet

Hebatnya lagi, sekarang pemilik usaha bisa mendapatkan cara membuat qr code memakai website. Bahkan, registrasi atau daftar UMKM secara online juga bisa dilakukan. 

Nah, ingin tahu bagaimana step by step cara membuat qr code untuk toko Anda? Setelah Anda menentukan harga jual produk, segera persiapkan langkah-langkah di bawah ini.

Cara Membuat QR Code

Jika Anda melihat suatu gambar seperti kotak bernuansa hitam dan putih, itulah QR code. QR code adalah singkatan dari quick response code. Bisa dibilang, QR code adalah kode yang difungsikan untuk mempercepat proses kegiatan pencatatannya.

Cara scan barcode dan quick response code juga sangat cepat dan praktis. Barcode pada kemasan bisa dibaca dengan menggunakan scanner atau pemindai barcode.

Sedangkan, QR code cukup dipindai memakai smartphone berkamera untuk membaca kode yang tercantum di dalam quick response code. Dalam industri saat ini, qr code adalah suatu hal yang lumrah dijumpai. Selain itu, cara membuat qr code juga tergolong gampang. Berikut adalah di antaranya:

  1. Merancang Fungsi Barcode

    Cara membuat qr code yang pertama adalah menentukan dulu apa fungsi barcode yang akan dipakai. Umumnya, fungsi qr code adalah menampilkan kode yang bisa dibaca dengan kamera smartphone. 

    Akan tetapi, tidak sedikit pelaku bisnis yang menampilkan quick response code maupun barcode sebagai metode pembayaran digital serta mencantumkan tautan tertentu. Sesuai fungsinya, qr code adalah kode yang ditampilkan untuk mempercepat proses hanya dalam hitungan detik. 

    Misalnya, untuk akses login ke Wifi, membayar makanan atau minuman, membuka tautan formulir survey, hingga pencatatan stok produk ketika berbelanja di toko retail. Pastikan, desain quick response code dan barcode dapat terlihat jelas dan mudah dipindai oleh perangkat seluler atau scanner barcode. 

  2. Memilih Tools Barcode Yang Tepat

    Sekarang, ada banyak tools barcode online yang bisa dipilih sebagai metode atau cara membuat qr code dengan cepat. Sebut saja, Kaywa, QR stuff, QRCode Monkey, Visualead, Quick Response Code Generator, dan masih banyak lagi.

    Cukup ketikkan kata kunci “cara membuat qr code” atau “barcode tools” maka akan muncul jutaan hasil penelusuran dari mesin pencari yang ditawarkan. Tools barcode tersebut memiliki fitur dan keunggulan masing-masing. Jadi, Anda cukup memilih yang paling relevan dan cocok dengan kebutuhan bisnis.

  3. Merancang Bentuk Dan Opsi Konten

    Barcode biasanya menampilkan garis-garis vertikal dan bisa disorot scanner. Sementara, quick response code dibaca dengan kamera smartphone sebagai cara scan barcode-nya. Meski terkesan sederhana, nantinya Anda bisa merancang berbagai bentuk dan opsi konten quick response code.

     

    Merancang cara membuat qr codePin

    Sebagai contoh, dari quick response code tools seperti The-qrcode-generator.com ada beberapa opsi konten yang dapat dipilih, antara lain:

    • Vcard
    • Text
    • Email
    • URL link
    • SMS

    Dari masing-masing quick response code, bentuk dan tipe kontennya akan ikut menyesuaikan bergantung pada kebutuhan. Jadi, Anda cukup memilih cara membuat qr code yang paling ideal dan sesuai fungsinya.

  4. Tambahkan Link Website

    Selanjutnya, cara membuat qr code adalah menambahkan link situs web dari bisnis atau toko Anda. Pada quick response code tools yang mempunyai opsi URL link, jangan lupa untuk menambahkan tautan website agar cara scan QR code semakin praktis.

    Namun, jika memilih fitur Twitter, tambahkan juga nama pengguna untuk ditambahkan ke quick response code Anda.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  5. Tampilan Desain

    Walaupun quick response code kebanyakan berwarna hitam dan putih, namun pada quick response code tools generator, Anda bisa merancang dengan beragam warna dan bentuk. Setelah melengkapi kolom isian sesuai petunjuk, Anda bisa merancang tampilan desain quick response code sesuai kebutuhan bisnis.

    Sebagai contoh, Anda bisa mengubah bentuk frame quick response code. Kemudian, Anda juga bisa menentukan warna-warna QR code agar tampil lebih menarik. Bahkan, Anda juga boleh memasukkan logo bisnis ke dalam quick response code tersebut. Selanjutnya, quick response code yang sudah jadi bisa segera diunduh dalam format JPG atau SVG/ EPS (vector) dan ditampilkan di website maupun ditempelkan di toko Anda.

Bagaimana, sepertinya cara membuat qr code di atas, sangat mudah dicoba, kan? Setelah berhasil menerapkan cara membuat qr code tersebut, segera uji coba quick response code memakai aplikasi pemindai yang diinstal di smartphone.

Setelah sukses, segera download dan cetak di atas kertas yang siap ditempelkan atau dipajang di toko Anda. Semoga dengan menerapkan cara membuat qr code di atas, akan semakin memudahkan pembayaran dan melancarkan transaksi di toko Anda.

Agar pencatatan transaksi di toko Anda semakin maksimal, pakai Software Akuntansi Harmony. Aplikasi Harmony dirancang dengan modul dan fitur yang memudahkan pembuatan laporan keuangan serta pembukuan secara digital.

Proses pembukuan lancar, praktis dan modern bersama aplikasi Harmony. Daftar di sini sekarang dan pakai Aplikasi Harmony GRATIS selama 30 hari. Ikuti akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk info fitur dan penawaran spesial tiap hari.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony