Harmony Blog

Cara Membuat Neraca Saldo Setelah Penyesuaian Dengan Mudah

Diupdate Mar 11th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Neraca-Saldo-Setelah-Penyesuaian-HarmonyPin

Neraca saldo setelah penyesuaian adalah daftar saldo yang dibuat setelah proses jurnal penyesuaian. Mengapa diperlukan penyesuaian? Karena pada dasarnya sebelum menyiapkan laporan keuangan yang berbasis akrual, maka perlu melakukan penyesuaian beberapa akun.

Sebagai pebisnis yang juga memiliki banyak usaha maka rasanya tak lengkap, jika hanya mengetahui neraca saldo perusahaan dagang ataupun jasa. Namun juga Anda perlu memahami bagaimana memposting jurnal maupun buku besar sebagai transaksi bisnis.

Selain itu dalam membuat neraca saldo setelah penyesuaian, Anda perlu mendapatkan informasi dari buku besar maupun jurnal penyesuaian. Maka dari itu sebagai pebisnis tentu membutuhkan langkah-langkah dalam membuat neraca saldo setelah penyesuaian dengan mudah melalui artikel ini.

Neraca saldo setelah penyesuaian menghasilkan sebuah informasi yang sebenarnya dan sesuai dengan prinsip akuntansi.

Memahami Apa Itu Neraca Saldo Setelah Penyesuaian

Dalam neraca saldo setelah penyesuaian merupakan daftar semua akun dan saldo yang terdapat di buku besar setelah penyusunan jurnal penyesuaian selama periode akuntansi yang telah diposting.

Secara umum membuat neraca saldo adalah langkah pertama untuk menyusun laporan keuangan. Di mana neraca saldo perusahaan dagang atau jasa ini, bertujuan sebagai dokumen internal.

Anda akan menggunakan dokumen tersebut untuk menyiapkan laporan keuangan seperti laporan arus kas, laporan neraca, laporan laba rugi dan laporan lainnya.

Adanya neraca saldo dan jurnal penyesuaian ini juga berguna untuk memastikan, setiap saldo akun debit dan kredit yang telah dicatat dalam pembukuan sesuai dan seimbang.

Kegiatan pencatatan ini memang harus sesuai dengan konsep akuntansi. Namun apabila total saldo yang berasal dari neraca saldo tidak sama, maka perbedaan saldo debit kredit ini harus ditelusuri dan diselesaikan sebelum memulai penyusunan laporan keuangan.

Sehingga dalam laporan neraca saldo setelah penyesuaian ini juga berguna memastikan saldo yang telah disesuaikan secara akurat dari buku besar, sehingga nantinya dapat membantu akuntan untuk memperbaiki kesalahan akuntansi.

Neraca saldo setelah penyesuaian3 harmonyPin

Apa Sih Perbedaan Neraca Saldo Dengan Neraca Saldo Setelah Penyesuaian?

Perbedaan antara neraca saldo perusahaan dagang dan jasa dengan neraca saldo setelah penyesuaian, terdapat perbedaan atas jumlah saldo yang telah dihasilkan setelah adanya penyesuaian akuntansi.

Biasanya jurnal penyesuaian ini meliputi akun yang bersifat akrual, seperti contoh neraca saldo yang didapat dari pendapatan akrual dan biaya akrual yang dikeluarkan tetapi belum dicatat.

Setelah itu biaya atau liabilitas yang harus dibayar juga dapat melibatkan akun perbaikan, upah, utilitas, pemeliharaan, bunga, komisi, dan sebagainya.

Disisi lain dalam jurnal penyesuaian periode akhir juga berkaitan dengan stockopname atau stok barang untuk mengetahui nilai persediaan akhir, nilai penyusutan, penangguhan, hingga pembayaran di muka.

Misalnya contoh neraca saldo seperti asuransi dibayar di muka, pelunasan dari pelanggan, pendapatan yang diterima di muka dan sebagainya.

Pada saat ini Anda mungkin masih menggunakan perhitungan neraca saldo serta laporan keuangan secara manual, bahkan mengalami kesulitan dan bingung untuk mengisi kolom apa saja yang berkaitan dengan transaksi kegiatan perusahaan.

Namun sekarang solusi untuk Anda dalam melakukan pembukuan yang rapi yaitu dengan menggunakan teknologi software akuntansi atau manfaatkan layanan profesional seperti jasa akuntan.

Sehingga dapat membantu Anda mendapatkan laporan keuangan secara realtime, buat invoice, mengurus unsur-unsur perhitungan pajak, serta payroll.

Baca Juga : Langkah Membuat Laporan Penjualan Bisnis dengan Mudah

Neraca saldo setelah penyesuaian1 harmonyPin

Bagaimana Cara Membuat Neraca Saldo Setelah Penyesuaian Dengan Mudah?

Adapun langkah-langkah dalam membuat neraca saldo setelah penyesuaian yaitu:

a. Menyiapkan Neraca Saldo

Dalam menyusun contoh neraca saldo setelah penyesuaian, maka diperlukan gambaran neraca saldo sebelum disesuaikan pada PT Sukses Kemilau:

Neraca saldo sebelum penyesuaian harmonyPin

b. Memposting Saldo Ke Dalam Jurnal Penyesuaian

Dalam akhir periode, adapun beberapa postingan saldo akun ke dalam jurnal penyesuaian sebagai berikut:

Jurnal penyesuaian harmonyPin

Jika sudah memposting jurnal penyesuaian seperti di atas, maka ada beberapa item atau nilai dalam neraca saldo yang belum disesuaikan sehinggan nantinya akan berubah. Dengan penjelasannya sebagai berikut:

1. Pertama dalam jurnal penyesuaian ternyata ada peningkatan dalam akun piutang usaha didebit sebesar Rp600.000, sedangkan pada akun pendapatan penjualan posisi kredit meningkat sejumlah Rp600.000.

2. Maka dari itu saldo piutang usaha akan meningkat dari Rp4.000.000 menjadi Rp4.600.000, sedangkan pendapatan penjualan dari Rp10.500.000 naik menjadi Rp11.100.000.

3. Pada jurnal kedua biaya utilitas serta utang utilitas belum ada pada daftar akun di neraca saldo yang belum disesuaikan, setelah postingan jurnal tersebut kedua akun tersebut bertambah saldo sebesar Rp2.000.000 didalam neraca saldo penyesuaian.

4. Langkah ketiga dalam jurnal penyesuaian biaya perlengkapan umum posisi debit bertambah sebesar Rp1.000.000, selain itu pada akun perlengkapan umum bertambah dikredit sebesar Rp1.000.000.

5. Sehingga setelah neraca saldo disesuaikan maka akun perlengkapan umum berkurang pada posisi debit sebesar Rp1.300.000, serta pada akun biaya perlengkapan umum akan muncul dalam neraca saldo sebesar Rp1.000.000.

6. Langkah terakhir yaitu pada akun beban penyusutan atau, dan akumulasi penyusutan aset tetap akan muncul pada neraca saldo setelah penyesuaian sebesar Rp400.000.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bagaimana Contoh Neraca Saldo Setelah Penyesuaian?

Setelah memposting ke dalam jurnal penyesuaian, maka contoh neraca saldo sebelum penyesuaian akan berubah menjadi neraca saldo setelah penyesuaian dengan saldo debit dan kredit yang balance yaitu :

Neraca saldo setelah penyesuaianPin

Neraca saldo setelah penyesuaian merupakan bagian penting dalam menyusun laporan keuangan, biasanya neraca saldo ini harus dicatat dengan tepat agar nantinya tidak menimbulkan kesalahan penyajian pada laporan keuangan perusahaan akhir periode.

Maka dari itu dalam membuat neraca saldo dan juga neraca lainnya tentu akan lebih mudah bagi Anda, jika menggunakan aplikasi atau software. Gunakanlah software akuntansi, khususnya software akuntansi berbasis cloud seperti Harmony.

Harmony adalah software akuntansi online yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat membuat laporan keuangan secara real time di manapun dan kapanpun dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang sebagai akuntan sekalipun.

Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam mengelola dan mengontrol keuangan bisnis Anda sehingga Anda bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnis tersebut. Jangan tunda lagi, gunakan teknologi jaman now untuk membereskan pembukuan Anda sekarang juga.

Jangan sampai Anda dipusingkan oleh pencatatan pembukuan yang berantakan di bisnis Anda. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan Harmony Gratis 30 Hari dengan membuat akun di sini.

Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony