Harmony Blog

Cara Membuat Anggaran Berimbang dan Pelajari Contohnya

Diposting Agu 10th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Anggaran BerimbangPin

Hampir semua perusahaan mendambakan anggaran berimbang dalam tata kelola keuangan bisnisnya. Dalam hal ini, arus kas masuk dan arus keluar bisa selaras dan berjalan lancar, sehingga anggaran berimbang. Namun, sebenarnya apa itu anggaran berimbang?

Jadi, menurut pengertian bebas, anggaran berimbang adalah saat pendapatan perusahaan aktual telah melebihi pengeluaran selama periode keuangan tertentu. Anggaran berimbang adalah suatu momen ketika hasil finansial mencapai titik surplus atau titik impas.

Untuk mengetahui anggaran berimbang, perusahaan bisa membandingkan laporan keuangan anggaran tahun lalu dengan masa sekarang.Click to Tweet

Dengan adanya anggaran berimbang, perusahaan bisa mengembangkan jangkauan pemasaran serta perbelanjaan tanpa khawatir masalah keuangan. Namun, meski demikian, tentunya sebelum memberikan pembiayaan modal, kreditur perlu memeriksa keuangan usaha terkait meminimalisir risiko likuiditas.

Cara Membuat Anggaran Berimbang

Selanjutnya, agar bisa mencapai anggaran berimbang, perlu diperhatikan beberapa tips atau metode sebagai berikut:

Contoh anggaran berimbangPin

  1. Membuat Laporan Keuangan

    Laporan keuangan dapat dijadikan analisis atau data yang menilai kemajuan usaha. Setiap periode, laporan keuangan akan dilaporkan kepada pemegang saham atau investor sehingga bisa mengambil keputusan atau kebijakan anggaran lebih lanjut.

    Baca Juga: 6 Cara Mengelola Keuangan Usaha Dengan Efektif

  2. Membandingkan Anggaran Keuangan

    Selain laporan keuangan, untuk mengetahui balance budget, perusahaan bisa membandingkan anggaran tahun lalu dengan masa sekarang. Apakah surplus atau defisit? Dengan begitu, perusahaan bisa mengambil langkah untuk meningkatkan finansial agar mencapai balance budget.

  3. Memperkirakan Anggaran

    Dari melihat laporan keuangan atau anggaran keuangan sebelumnya, perusahaan bisa menentukan rencana strategis kebijakan keuangan selanjutnya. Misalnya, melakukan penghematan atau efisiensi untuk mengurangi pengeluaran, serta meningkatkan pemasukan dengan strategi penjualan lainnya.

  4. Efisiensi Terhadap Pengeluaran

    Efisiensi pengeluaran yang tidak terlalu penting dapat dilakukan agar terjadi balance budget. Misalnya, melihat kinerja pegawai sebelum mengurangi jumlah pegawai, atau menemukan supplier dan vendor baru dengan harga yang lebih rendah.

  5. Penyesuaian Anggaran

    Apabila laporan keuangan menunjukkan minus atau defisit, segera lakukan penyesuaian kebijakan anggaran. Manajemen perusahaan dapat berdiskusi untuk menambah pemasukan dan mengurangi pemborosan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Anggaran Berimbang

Berikut adalah contoh balance budget yang bisa dilihat bersama untuk mempermudah pemahaman tentang balance budget.

Pendapatan (dalam miliar)

  • Pajak penghasilan: $4.000
  • Pajak penjualan bisnis: $2,000
  • Pajak cukai: $3,000
  • Pajak Jaminan Sosial: $500
  • Pajak properti: $800
  • Total pendapatan: $10.300

Pengeluaran (dalam miliar)

  • Pertahanan nasional: ($1.000)
  • Biaya pengobatan: ($3.500)
  • Biaya pendidikan: ($2.500)
  • Manfaat Jaminan Sosial: ($500)
  • Total pengeluaran: ($7.500)
  • Pendapatan bersih (surplus): $2.800

Dalam contoh anggaran berimbang di atas, hasilnya perusahaan mengalami surplus anggaran. Total pendapatan melampaui pengeluaran sebanyak $2.800. Hal ini menunjukkan bahwa pemasukan atau penghasilan lebih besar daripada pengeluaran.

Tetapi, apabila semisal hasil akhir menunjukkan minus atau negatif, berarti pengeluaran lebih besar ketimbang pemasukan. Hal inilah yang dikatakan defisit anggaran. Jadi, perusahaan perlu menambah lagi penghasilannya atau mengurangi pengeluaran agar terjadi balance budget sesuai ekspektasi.

Itu dia ulasan mengenai anggaran berimbang beserta contohnya. Dalam bisnis apapun, kebijakan anggaran menjadi salah satu kunci keberhasilan. Jangan biarkan staff finance Anda mengalami kerepotan dengan pembukuan keuangan bisnis berbasis kertas atau spreadsheet yang menyita waktu dan tenaga.

Gunakan Software Akuntansi Harmony untuk pembukuan usaha yang lebih modern, praktis, dan akurat. Pembuatan laporan keuangan berjalan otomatis, dalam hitungan detik. Dilengkapi fitur smart invoice, pengaturan aset bisnis seperti penyusutan, rekonsiliasi bank otomatis, manajemen stok, dan laporan keuangan lainnya.

Terlebih Software Akuntansi Harmony adalah salah satu platform akuntansi berbasis Cloud yang mudah diintegrasikan. Pengelolaan tugas akunting menjadi lebih praktis, cepat, dan akurat, serta minim kesalahan.

Software Akuntansi Harmony berbasis Cloud yang sudah terbukti dan diakui ribuan klien di tanah air dari berbagai sektor industri. Melacak dan memantau kinerja keuangan semakin mudah, kapan saja dan di mana saja, dengan Software Akuntansi Harmony.

Kalau ada software akuntansi yang sistematis dan minim kesalahan, kenapa harus mengandalkan pembukuan manual? Buktikan kecanggihan Software Akuntansi Harmony sekarang untuk bisnis Anda. Klik tautan ini untuk FREE Trial 30 hari.

Dapatkan juga info selengkapnya mengenai fitur-fitur dan update aktivitas Harmony, dengan follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook hari ini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony