Cara Memaksimalkan Strategi Free Ongkir Untuk Bisnis Anda
Harmony Blog
Marketing
Cara Memaksimalkan Strategi Free Ongkir Untuk Bisnis Anda
September 18, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis dan Pemasaran Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Dalam bisnis online, biasanya penjual akan memberikan biaya atas pengiriman produk kepada para pembeli. Total harga produk yang tercantum biasanya sudah diperhitungkan berapa harga produknya dan ditambah biaya ongkos kirimnya, kemudian pembeli akan melakukan transfer sejumlah uang yang telah disepakati.

Biaya pengiriman diukur dari keamanan produk, alamat pegiriman serta jenis paket layanan pengiriman. Tarif biaya pengiriman juga memiliki banyak variasi, sehingga pebisnis online berani mengambil tindakan free ongkir supaya dapat menarik pelanggan untuk berbelanja.

Free ongkir dapat digunakan melalui sistem penekanan biaya yang bisa dikurangi melalui keuntungan margin, sehingga harapan penjual dapat menerima jumlah pemesanan produk yang banyak supaya dapat menutupi margin keuntungan tersebut. Untuk membahas lebih lanjut mengenai free ongkir simak pada artikel berikut ini.

Pebisnis online menerapkan strategi free ongkir yang bertujuan untuk menarik pelanggan. Bahkan strategi free ongkir juga dapat berlaku di seluruh Indonesia, ini dapat membuat pembeli hemat dan pebisnis juga dapat meraih keuntungan.

Apa Itu Free Ongkir

Free ongkir adalah penawaran biaya gratis pengiriman, yang merupakan strategi UKM dalam menarik pelanggan. Hal ini dapat memberikan bukti bahwa diminati dan sangat efektif dalam meningkatkan penjualan.

Pertimbangan konsumen dalam berbelanja online adalah biaya pengiriman. Biasanya pada saat membeli barang, harga ongkos kirim justru lebih mahal, akhirnya pebisnis melakukan strategi dalam menerapkan gratis ongkir. Sehingga pada tahap selanjutnya pembeli hanya perlu membayar harga barang yang mereka beli.

Pebisnis online juga akan melakukan kerja sama dengan market place atas strategi free ongkir dan juga memberikan keuntungan dari dua belah pihak. Sehingga untuk menghindari kerugian pebisnis menerapkan promo free ongkir melalui kebijakan syarat dan ketentuan tertentu. Menjalankan bisnis online dengan menawarkan free ongkir tentu bukan hal mudah. Banyak sekali pertimbangan alokasi dana atau biaya lainnya yang harus dilihat.


Untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis online Anda, perlu melakukan pembukuan yang rapi menggunakan teknologi sofware akuntansi atau manfaatkan layanan profesional seperti jasa pembukuan. Dengan menggunakan jasa pembukuan, juga dapat membantu perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu para pengusaha yang sibuk setiap harinya.

Strategi Free Ongkir Pada Bisnis Online

Sudah pasti promosi gratis ongkir akan membuat konsumen menjadi senang dalam berbelanja online. Promo ini juga memberikan banyak pelanggan baru dan produk akan cepat habis terjual. Nah selanjutnya, bagaimana cara memaksimalkan strategi ini untuk bisnis Anda simak berikut ini :

1. Tetap Jaga Kualitas Produk Walau Promo

Promosi free ongkir bukanlah alasan utama pada bisnis Anda supaya produk yang Anda jual laku dipasaran. Namun sebaiknya berikan gratis ongkos kirim tersebut sebagai bonus, sehingga Anda tidak kehilangan kreativitas dan tidak hanya keuntungan sesaat dalam memasarkan produk. Sebaiknya Anda sebagai penjual memperhatikan juga kualitas produk, pelayanan yang baik, kemasan produk yang menarik, review dari pembeli dan sebagainya.

2. Tentukan Beberapa Jenis Produk

Ketika Anda menjual berbagai jenis produk, untuk meminimalisir kerugian tidak perlu semua produk menerapkan free ongkir. Sebaiknya terapkan beberapa produk  yang akan dijadikan free ongkir, kemudian pada produk lainnya bisa Anda terapkan potongan harga. Seperti contoh produk Z bebas biaya pengiriman, namun pada produk Y diskon 30 persen. Ide kreatif ini dapat menambah ketertarikan konsumen untuk membeli barang yang Anda jual.

3. Gratis Ongkir Tanpa Minimal Pembelian

Pada strategi pemasaran produk yang biasanya penjual berikan yaitu dengan ketentuan sistem batas minimum pembelian. Namun sebagai penjual, sebaiknya berikan ide lainnya dalam menarik pelanggan dengan cara gratis ongkir tanpa minimal pembelian. Alasan mengapa penjual memberikan strategi gratis ongkos kirim tanpa minimal pembelian yaitu adanya moment atau acara penting yang dapat menarik pembeli untuk berbelanja online. Misalnya hari raya, hari belanja nasional, atau event yang di adakan oleh para market place.

Baca Juga : 9 Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Meledakan Omzet

custom-form-newsletter

4. Gunakan Syarat & Ketentuan

Pada beberapa bisnis online sudah menerapkan ketentuannya dalam strategi free ongkir, seperti contohnya toko z menjual produk tertentu saja yang mendapat free ongkir. Contohnya sebuah online shop memberikan free ongkir pada pembelian produk maksimal Rp. 50 ribu. Hal ini dikarenakan alamat pengiriman yang jauh menjadi penambahan biaya ongkos kirim ke pelanggan yang sebesar Rp. 15rb, sehingga pembeli akhirnya membeli produk sesuai ketentuan dan syarat yang berlaku.

5. Penentuan Tanggal Free Ongkir & Wilayah Tertentu

Dengan menentukan tanggal free ongkir ini, akan menambah minat pebisnis online dalam berjualan pada media sosial. Namun ketika Anda melakukan promo gratis ongkir dan penjualan produk Anda meningkat, Anda juga harus memperhatikan kualitas produk Anda dan para karyawan.

Adanya penentuan tanggal dapat dilakukan pada hari raya atau momen tertentu, misalnya hari libur nasional, hari kemerdekaan, promo gajian, promo ramadan, dan sebagainya. Kemudian setelah penentuan tanggal free ongkir, Anda juga bisa menentukan segmen pasar wilayah, yang dapat memberikan promo ini pada wilayah tertentu. Contohnya seperti gratis ongkir untuk wilayah Jawa dan sekitar, dan untuk wilayah lainnya Anda bisa memberikan pengurangan biaya ongkir.

6. Bagikan Informasi Free Ongkir

Beritahukan kepada pelanggan Anda saat ada free ongkir, seberapa hemat keuntungan yang didapat konsumen Anda dengan memakai promo free ongkir. Untuk menyampaikan dan mengingatkan kepada pada pelanggan, Anda bisa menggunakan fasilitas beberapa fitur untuk melakukan mengirim pesan melalui toko online tersebut. Sampai saat ini fitur pemberitahuan pesan sudah banyak tersedia di setiap akun market place, media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Linked In dan E-mail. Cara alternatif lainnya dapat melalui komunikasi CS bisnis online Anda.

7. Hindari Adanya Kenaikan Harga

Dengan menerapkan strategi gratis ongkir, maka ini berdampak dengan menekan angka margin keuntungan supaya dapat meningkatkan angka penjualan. Oleh karna itu, Anda perlu menghindari kenaikan harga sebelum melaksanakan strategi gratis ongkos kirim karena terkesan menginginkan laba tinggi oleh konsumen.

Walaupun Anda dapat menutupi biaya serta margin keuntungan yang kecil tersebut. Akan tetapi, dengan cara tidak menaikan harga produk dapat mempertahankan pelanggan Anda. Pembeli bukan hanya melihat kualitas produk namun perlu diperhatikan, salah satu pertimbangan pembeli untuk berbelanja adalah free ongkir itu sendiri. Sebaiknya hindari kenaikan harga jika Anda tidak ingin pelanggan melirik toko sebelah dengan harga lebih murah.

8. Gunakan Pembukuan Untuk Meraih Keuntungan

Bukan sekedar membuat promo gratis ongkir, namun Anda perlu melakukan perhitungan dengan benar agar Anda tidak merugi. Sebaiknya lakukan terlebih dahulu pengukuran kinerja manajemen bisnis online Anda yaitu disebut balanced scorecard. Mesikpun Anda memberikan promo gratis ongkir, beberapa yang harus Anda perhatikan dan memperhitungkan setelah membuat promo ini. Buatlah perhitungan stok produk promo yang ditawarkan, dan total jumlah laba produk yang sudah terjual.

Sebaiknya gunakan pembukuan dengan memperhitungkan sisa keuntungan setelah dikurangi biaya ongkir. Dengan pembukuan juga dapat mempermudah Anda dalam memperhitungkan stok produk, biaya produk hingga keuntungan yang didapat.

Cobalah gunakan software akuntansi Harmony yang sudah dipakai banyak entitas bisnis di Indonesia. Aplikasi ini sangat berguna bagi Anda yang sudah memiliki banyak bukti transaksi penjualan bisnis online.

Harmony dapat memudahkan Anda dalam mencatat transaksi sampai pembuatan laporan keuangan walau Anda tidak memiliki background akuntan sekalipun. Daftarkan akun Gratis 30 Hari Anda di sini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/