Harmony Â» Blog Â» 

Business Requirements Document, Apa Saja Manfaatnya Untuk Proyek Bisnis?

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juli 14, 2021

Sudah tahukah Anda pentingnya membuat business requirements document? Pada umumnya, business requirements document yang dirancang dan dibuat dengan rapi merupakan suatu fondasi penting dari sebuah kesuksesan project management.

Business requirements document merupakan dokumen bisnis yang wajib dirancang perusahaan setiap menjalankan proyek, agar proyek dapat berjalan dengan lancar.Click to Tweet

Bila Anda dapat menerapkan business requirements document ini dengan baik, maka dokumen tersebut dapat menjadi sebuah pedoman bagi manajemen proyek Anda, yang mana dapat membuat semua karyawan memiliki pemahaman dan tujuan serupa dalam sebuah bisnis.

Lalu apa sebenarnya pengertian dari business requirements document? Dan apa saja manfaatnya untuk manajemen proyek bisnis? Bagi Anda yang belum memahaminya jangan khawatir.

Sebab kami akan membahas semuanya khusus untuk Anda. Maka dari itu, mari simak artikel berikut di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Business Requirements Document?

Dikutip dari lama Lucidchart, menyatakan bahwa business requirements document (BRD) adalah suatu dokumen bisnis yang mana didalamnya menjelaskan mengenai solusi bisnis pada suatu proyek yang akan dikerjakan, seperti apa yang harus nantinya dilakukan oleh perusahaan pada produk baru atau pada produk yang akan diperbarui.

Apa itu Business Requirements Document

Dokumen dalam suatu organisasi ini berisi mengenai keperluan dan juga harapan pengguna, tujuan dibalik solusi yang diajukan, serta berisikan tentang kendala apapun yang dapat mempengaruhi penerapan dari solusi.

Umumnya BRD ini bertindak sebagai suatu pedoman bagi para stakeholder untuk membuat suatu kebijakan dan keputusan terkait prioritas, desain dan juga struktur kepemimpinan di dalamnya.

Dokumen bisnis ini sangat penting untuk dilakukan agar dapat memastikan proyek dapat tetap sejalan dengan tujuan bisnis secara menyeluruh.

Bukan hanya itu saja, dokumen tersebut juga bisa digunakan sebagai kontrak dasar antar vendor pihak pelanggan, di mana harapan dan target proyek tersebut akan diuraikan.

Yang mana rancangan tersebut akan dibuat oleh mereka yang menjabat sebagai business analyst atau manajer proyek yang sudah memiliki pemahaman yang mantap dan juga melakukan analisis SWOT terkait proses pembuatan draft dokumen persyaratan bisnis.

Apa Manfaat Pentingnya Business Requirements Document?

Terdapat dari sumber laman I Six Sigma, yang menyatakan bahwa setiap manajemen proyek sangat membutuhkan business requirements document.

Kenapa sangat dibutuhkan? Sebab dokumen bisnis tersebut mampu menjelaskan semua target proyek. Yang mana menjelaskan mengenai solusi apa yang paling efektif untuk setiap fungsi proses proyek tersebut.

Fungsi BRD ini adalah untuk memberikan critical to quality (CTQ). Kemudian, CTQ tersebut akan menghasilkan voice of customer (VOC), dan kemudian business requirements document akan menjelaskan apa saja manfaat yang didapat dari kedua hal ini melalui perspektif bisnis yang ada.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah manfaat yang didapat oleh business requirements document yaitu:

  • Sebagai suatu landasan untuk mengkomunikasikan kepada perusahaan mengenai solusi yang akan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, bisnis, dan proyek.
  • Untuk memberikan suatu solusi yang terbaik pada setiap tahap proyek.
  • Mendapatkan sebuah kesepakatan dengan stakeholder
  • Untuk menggambarkan bagaimana kebutuhan pelanggan dan bisnis akan dipenuhi melalui solusi yang diajukan.

Konten Business Requirements Document

Terdapat beberapa komponen dari konten business requirements document (BRD) yaitu:

  1. Gambaran Proyek

    Hal utama yang perlu dicantumkan dalam business requirements document adalah ulasan semua proyek. Bagi yang membuat dokumen ini harus meringkas garis besar persyaratan proyek tersebut.

    Gambaran Proyek

    Waktu yang tepat dalam merumuskan pernyataan ringkasan ini adalah setelah business requirements document sudah berhasil ditulis secara lengkap.

  2. Adanya Laporan Keuangan

    Perusahaan harus dapat mencantumkan laporan keuangannya. Sebab dengan begitu pihak pelaksana proyek bisa memperkirakan dampak proyek pada neraca dan juga pendapatan perusahaan dalam kurun waktu periode tertentu. Hal ini tentu sangat berguna sebagai pedoman agar bisa mencegah terjadinya kerugian.

  3. Unsur Pernyataan Terkait Kebutuhan

    Bagi Anda yang menyusun business requirements document harus menyertakan terkait kebutuhan logistik serta sumber daya yang dibutuhkan untuk mengerjakan proyek.

  4. Rincian Perkiraan Biaya dan Keuntungan

    Business requirements document harus dapat menjelaskan perkiraan biaya dan juga nilai keuntungan yang akan didapatkan oleh proyek.

    Hal ini harus diisi dengan daftar rinci dari seluruh biaya yang terlibat di dalam proyek bersama dengan analisa biaya dan keuntungan.

    Bukan hanya itu saja, perhitungan terkait penghematan biaya dari proyek juga harus dicantumkan pada bagian ini.

  5. Detail Jadwal, Timeline, dan Waktu Pengerjaan

    Dalam pengerjaan proyek tentu harus dibahas secara detail pada bagian ini. Tujuannya untuk membantu pihak perusahaan dalam menilai performa proyek sesuai dengan lini waktu yang ditetapkan.

    Selain itu penjelasan terkait jadwal, timeline dan tenggat waktu juga membantu perusahaan untuk memastikan bahwa seluruh pemilik kepentingan di dalamnya menyadari apa yang sedang dibutuhkan dalam fase proyek.

Baca Juga: Apa Saja Perkembangan Revolusi Industri Hingga Saat Ini?

Elemen Penting yang Diperlukan Business Requirements Document

Berikut beberapa elemen-elemen yang diperlukan dalam dokumen bisnis yaitu:

  1. Deskripsi Pekerjaan yang Akan Dilakukan

    Dalam deskripsi pekerjaan ini terdapat penjelasan mengenai jenis pekerjaan seperti apa dan pekerjaan tersebut ditujukan untuk klien siapa.

    Selain itu latar belakang dari pekerjaan ini juga ditentukan di mana dan atas dasar kebutuhan dari pihak klien.

    Deskripsi Pekerjaan yang Akan Dilakukan

  2. Adanya Suatu Tujuan

    Adanya tujuan di dalam dokumen bisnis adalah agar bisa memberikan kejelasan untuk sistem tersebut dibuat dan kerugian jika diterapkan sistem ini.

  3. Spesifikasi Pembuatan

    Dalam poin ini akan ditampilkan penjelasan mengenai spesifikasi pembuatan yang digunakan serta perekaman yang akan digunakan pada sistem tersebut.

    [elementor-template id="26379"]

  4. Modul Front End dan Modul Back End

    Yang terdapat dalam poin ini, pembuatan business requirements document harus bisa menggambarkan berbagai modul yang terdapat dalam sistem yang mana nantinya akan dibuat dalam bentuk mock up beserta penjelasan kegiatan pengguna dalam modul tersebut.

  5. Hak Akses Pengguna

    Artinya, penjelasan terkait dengan pembagian kewenangan akses yang terdapat di dalam sistem yang mana dalam melalui akses ini klien bisa dapat mengetahui siapa saja pengguna dari sistem tersebut dan berbagai akses apa saja yang diterima dari setiap pengguna.

    Untuk lebih memahaminya dengan mudah, penggambaran pada hak akses pengguna dapat ditampilkan dalam bentuk tabel lengkap.

  6. Timeline

    Untuk setiap pekerjaan yang dilakukan harus dapat diukur kapan waktu dimulainya dan kapan setiap poin dari pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. Bahkan akan lebih baik jika ditambahkan dengan milestone dari timeline tersebut agar dapat mengetahui hasil dari setiap pekerjaan yang dilakukan.

Itulah penjelasan di atas mengenai business requirements document. Semoga Anda dapat memahami dengan baik agar nantinya bisa diimplementasikan dan menghasilkan keuntungan untuk manajemen perusahaan Anda.

Namun ada satu hal yang tidak boleh terlewatkan dalam bisnis adalah mengelola keuangan perusahaan dengan baik agar baik agar kondisi keuangan bisa tetap terjaga walau dalam keadaan sulit sekalipun.

Caranya adalah dengan mencatat laporan keuangan secara rapi, tepat, dan akurat dengan menggunakan software akuntansi Harmony.

Software Harmony akan membantu Anda menerima laporan keuangan secara real time dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang sebagai akuntan sekalipun.

Aplikasi Harmony adalah solusi bagi pembukuan bisnis atau pengelolaan keuangan berbasis Cloud. Anda bisa mengakses kapanpun dan dimanapun, dengan keamanan data yang terjamin.

Apabila Anda ingin membuktikan sendiri kemudahan fitur-fitur akunting Aplikasi Harmony, segera daftar melalui tautan ini. Info lebih lanjut mengenai Aplikasi Harmony silahkan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram