Berbicara tentang brand essence, mungkin Anda sudah sering melihat di berbagai tayangan iklan Televisi atau situs berbagi video, Youtube. Brand essence produk Coca cola, misalnya. Di setiap iklannya, coca cola selalu membawa suasana santai kebahagiaan hidup ditemani sebotol minuman ringan.
Lain halnya dengan brand essence Adidas, di setiap papan reklamenya mereka seolah berkata tanpa henti untuk berlari. Brand essence adalah trik dari semua perasaan saat merek-merek tersebut digunakan oleh konsumen. Lantas, apa sebenarnya brand essence itu?
Table of Contents
Esensi merek atau brand essence adalah karakteristik yang menggambarkan suatu merek, sifatnya sangat emosional sehingga tidak dapat dilihat wujudnya. Cara kerja esensi merek merupakan bagian dari strategi pemasaran produk dan strategi pemasaran kerajinan, guna menggaet hati konsumen.
Singkatnya brand essence adalah gabungan dari prinsip produk, proporsi nilai merek dan dieksekusi oleh perusahaan. Akhirnya terbentuklah esensi merk yang ringkas dan membekas pada perasaan konsumen. Brand essence yang dibuat harus original dan mempresentasikan perkembangan produk secara konsisten.
Beberapa karakteristik brand essence antara lain:
Esensi merek sangat mempengaruhi kepribadian produk, sehingga membantu konsumen memilih produk yang akan mereka beli. Di pasaran seringkali terjadi persaingan merek dari produk-produk homogen. Karena itu brand essence digunakan sebagai strategi pemasaran untuk membangun ikatan antara konsumen dengan produk.
Esensi merek yang kuat dan memenuhi ekspektasi konsumen lah yang dapat mempertahankan eksistensinya di pasaran dan mendongkrak citra produk di mata konsumen. Akhirnya merk yang terkenal mendorong tingginya tingkat penjualan.
Perpaduan visi, tujuan, ekspektasi dan esensi merk membantu konsistensi dari apa yang dijanjikan sebuah produk, apa yang dirasakan konsumen ketika mengambil tawarannya, dan bagaimana mempertahankan kesetiaan konsumen.
[elementor-template id="26379"]
Berikut ini terdapat contoh brand essence dari beberapa merk besar, dan mayoritas merk ini sangat terkenal di kalangan umum.
Merk smartphone ini mengubah esensi mereknya beberapa tahun belakangan. Awalnya esensi merek apple adalah perasaan berbeda, namun apple menyadari teknologi terkini seharusnya lebih sederhana dan mudah dipahami. Maka lahirlah esensi merek terbaru, sederhana dan elegan.
Melalui sentuhan animasi warna-warni serta soundtrack yang menarik, Disney membuat para audiensnya, terutama anak-anak, larut dalam fantasi. Walt Disney melalui serial Disney cartoon membuat hal yang mustahil terjadi, menjadi mungkin terjadi, sesuatu yang ajaib. Perasaan ajaib ini tidak mungkin mereka temukan dalam kehidupan, karena itulah walt Disney membuat keajaiban.
Perusahaan kosmetik ini tidak hanya berkutat pada riasan dan kecantikan, namun juga perasaan senang ketika konsumen menjadi diri sendiri. Perasaan percaya diri dan usaha untuk menampilkannya diwujudkan L’Oreal dalam panduan gayanya. Mereka berkomitmen pada kecantikan, kemandirian, dan kekuatan wanita sehingga lahirlah kepercayaan diri wanita.
Selain mempelajari contoh brand essence, sangat penting mendukung kelancaran pembukuan bisnis Anda agar tetap berjalan sebagaimana mestinya. Kini, tim keuangan Anda bisa membuat laporan keuangan perusahaan dengan praktis dan cepat menggunakan Software Akuntansi Harmony.
Software Akuntansi Harmony adalah solusi pembukuan bisnis yang cepat dan modern. Dapat digunakan dengan mudah meskipun Anda tidak memiliki latar belakang di bidang accounting sekalipun. Tampilan yang simpel, praktis, dan mudah dimengerti.
Dengan Software Akuntansi Harmony berbasis Cloud, pembukuan keuangan agar lebih rapi, sistematis, dan mudah diakses kapan saja maupun di mana saja. Jangan tunda lagi, segera buktikan keunggulannya dengan daftar di sini untuk coba pakai Software Akuntansi Harmony GRATIS selama 30 Hari. Ingin informasi menarik lainnya, kami juga hadir di channel media sosial akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.