Harmony Blog

Brand Essence (Esensi Merek), Pelajari Karakteristik, Manfaat dan Contohnya

Diposting Apr 27th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

Brand EssencePin

Berbicara tentang brand essence, mungkin Anda sudah sering melihat di berbagai tayangan iklan Televisi atau situs berbagi video, Youtube. Brand essence produk Coca cola, misalnya. Di setiap iklannya, coca cola selalu membawa suasana santai kebahagiaan hidup ditemani sebotol minuman ringan.

Lain halnya dengan brand essence Adidas, di setiap papan reklamenya mereka seolah berkata tanpa henti untuk berlari. Brand essence adalah trik dari semua perasaan saat merek-merek tersebut digunakan oleh konsumen. Lantas, apa sebenarnya brand essence itu?

Esensi merek sangat mempengaruhi kepribadian produk, sehingga membantu konsumen memilih produk yang akan mereka beli.Click to Tweet

Karakteristik Brand Essence

Esensi merek atau brand essence adalah karakteristik yang menggambarkan suatu merek, sifatnya sangat emosional sehingga tidak dapat dilihat wujudnya. Cara kerja esensi merek merupakan bagian dari strategi pemasaran produk dan strategi pemasaran kerajinan, guna menggaet hati konsumen.

Singkatnya brand essence adalah gabungan dari prinsip produk, proporsi nilai merek dan dieksekusi oleh perusahaan. Akhirnya terbentuklah esensi merk yang ringkas dan membekas pada perasaan konsumen. Brand essence yang dibuat harus original dan mempresentasikan perkembangan produk secara konsisten.

Beberapa karakteristik brand essence antara lain:

  • Tak berwujud : esensi merek berupa ikatan perasaan yang tak nampak
  • Unik : mempunyai ciri khas yang menonjol
  • Konsisten : kekonsistenan interaksi produk dengan konsumen
  • Definisi konsumen : perusahaan mengarahkan pandangan konsumen pada definisinya sendiri
  • Skalabel : esensi merek ini terus berkembang dan bersifat permanen
  • Berkelanjutan : esensi merk membawa ikatan perasaan yang berkelanjutan dan tidak terikat dengan nama merk maupun logo

Manfaat Penggunaan Brand Essence

Esensi merek sangat mempengaruhi kepribadian produk, sehingga membantu konsumen memilih produk yang akan mereka beli. Di pasaran seringkali terjadi persaingan merek dari produk-produk homogen. Karena itu brand essence digunakan sebagai strategi pemasaran untuk membangun ikatan antara konsumen dengan produk.

Contoh brand essencePin

Esensi merek yang kuat dan memenuhi ekspektasi konsumen lah yang dapat mempertahankan eksistensinya di pasaran dan mendongkrak citra produk di mata konsumen. Akhirnya merk yang terkenal mendorong tingginya tingkat penjualan.

Perpaduan visi, tujuan, ekspektasi dan esensi merk membantu konsistensi dari apa yang dijanjikan sebuah produk, apa yang dirasakan konsumen ketika mengambil tawarannya, dan bagaimana mempertahankan kesetiaan konsumen.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Brand Essence

Berikut ini terdapat contoh brand essence dari beberapa merk besar, dan mayoritas merk ini sangat terkenal di kalangan umum.

  • Apple

    Merk smartphone ini mengubah esensi mereknya beberapa tahun belakangan. Awalnya esensi merek apple adalah perasaan berbeda, namun apple menyadari teknologi terkini seharusnya lebih sederhana dan mudah dipahami. Maka lahirlah esensi merek terbaru, sederhana dan elegan.

  • Walt Disney

    Melalui sentuhan animasi warna-warni serta soundtrack yang menarik, Disney membuat para audiensnya, terutama anak-anak, larut dalam fantasi. Walt Disney melalui serial Disney cartoon membuat hal yang mustahil terjadi, menjadi mungkin terjadi, sesuatu yang ajaib. Perasaan ajaib ini tidak mungkin mereka temukan dalam kehidupan, karena itulah walt Disney membuat keajaiban.

  • L’Oreal Paris

    Perusahaan kosmetik ini tidak hanya berkutat pada riasan dan kecantikan, namun juga perasaan senang ketika konsumen menjadi diri sendiri. Perasaan percaya diri dan usaha untuk menampilkannya diwujudkan L’Oreal dalam panduan gayanya. Mereka berkomitmen pada kecantikan, kemandirian, dan kekuatan wanita sehingga lahirlah kepercayaan diri wanita.

  • BMWBayerische Motoren Werke (BMW) secara langsung berfokus membuat pengalaman menyetir mobil yang menyenangkan. Pengalaman ini lalu dimunculkan dalam esensi merek dan dapat menyaingi pasar otomotif global.

Selain mempelajari contoh brand essence, sangat penting mendukung kelancaran pembukuan bisnis Anda agar tetap berjalan sebagaimana mestinya. Kini, tim keuangan Anda bisa membuat laporan keuangan perusahaan dengan praktis dan cepat menggunakan Software Akuntansi Harmony.

Software Akuntansi Harmony adalah solusi pembukuan bisnis yang cepat dan modern. Dapat digunakan dengan mudah meskipun Anda tidak memiliki latar belakang di bidang accounting sekalipun. Tampilan yang simpel, praktis, dan mudah dimengerti.

Dengan Software Akuntansi Harmony berbasis Cloud, pembukuan keuangan agar lebih rapi, sistematis, dan mudah diakses kapan saja maupun di mana saja. Jangan tunda lagi, segera buktikan keunggulannya dengan daftar di sini untuk coba pakai Software Akuntansi Harmony GRATIS selama 30 Hari. Ingin informasi menarik lainnya, kami juga hadir di channel media sosial akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony