Harmony Blog

Blue Economy Adalah Konsep Baru Bagi Indonesia, Simak Selengkapnya

Diupdate Agu 27th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Blue EconomyPin

Blue economy atau ekonomi biru yang berkelanjutan sangat penting bagi Indonesia. Terutama, dalam mencapai mata pencaharian kelautan yang tangguh dan lingkungan alam bahari yang sehat.

Di Indonesia, blue economy adalah salah satu sektor yang sangat berpotensi besar. Lautan sudah menjadi pusat kemakmuran bangsa. Dengan sektor perikanan bernilai US$27 miliar, membuka 7 juta lapangan pekerjaan, mendukung distribusi pendapatan, serta  menyediakan lebih dari 50% kebutuhan protein hewani masyarakat.

Ide dasar blue economy adalah menyoroti hubungan erat antara laut, perubahan iklim, serta kesejahteraan masyarakat.Click to Tweet

Akan tetapi, menurut sistem ekonomi, ekonomi biru atau blue economy adalah konsep baru di Indonesia. Tak heran, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diperbaiki. Mulai dari cara menangkap ikan yang berlebihan, terumbu karang rusak, hingga destinasi wisata bahari yang infrastrukturnya tidak memadai.

Pengertian Blue Economy Adalah

Ekonomi biru atau blue economy adalah suatu konsep yang mendorong pengelolaan sumber daya laut yang lebih baik. Ide dasarnya adalah menyoroti hubungan erat antara laut, perubahan iklim, serta kesejahteraan masyarakat.

Pengertian blue economy adalahPin

Kehidupan bawah laut membutuhkan penanganan serius dari berbagai pihak agar tetap lestari. Sehingga, mampu memberikan manfaat ekonomi kreatif yang berkelanjutan bagi generasi sekarang maupun generasi akan datang.

Ekonomi biru atau blue economy adalah pandangan tentang ekonomi kelautan sebagai mekanisme pertumbuhan ekonomi. Negara maju telah melihat perkembangan ekonomi biru atau blue economy lewat eksploitasi sumber daya maritim dan kelautan. Akan tetapi, negara berkembang seperti Indonesia, hal ini masih terkesan wacana atau sebatas konsep.

Contoh blue economy adalah pengembangan potensi pelayaran, penangkapan ikan komersial, serta minyak, gas, mineral dan pertambangan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Konsep Ekonomi Biru Atau Blue Economy Di Indonesia

Pemerintah Indonesia menuju konsep ekonomi biru untuk meningkatkan tata kelola ekosistem kelautan dan pesisir. Program kelestarian laut melalui blue economy harapannya bisa menangani berbagai masalah lingkungan bahari.

Contoh ekonomi biru yang menjadi program pemerintah antara lain mengurangi sampah laut, melestarikan hutan bakau, menambah terumbu karang, dan banyak lagi.

Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan berupaya terus meningkatkan kolaborasi dengan mitra lain agar ekonomi biru atau blue economy semakin kuat.

Untuk mendukung strategi ekonomi biru, pemerintah memberikan rekomendasi. Contoh ekonomi biru yang disarankan adalah memakai sistem pengelolaan perikanan nasional dan memperluas kawasan taman laut nasional. Karena, keduanya bisa berpotensi menghadirkan dukungan dana besar dan kemitraan dari sektor swasta.

Harapannya, dengan investasi dari perusahaan swasta, nantinya akan muncul peluang ekonomi biru yang lebih lebar. Terbukti bahwa blue economy bisa memberikan manfaat finansial, mengatasi perubahan iklim, menjaga ketahanan pangan, dan keanekaragaman hayati.

Selain itu, setelah pandemi COVID-19, kegiatan konservasi dan restorasi pesisir dan laut dapat membantu menyediakan pekerjaan jangka pendek sekaligus memperkuat ketahanan jangka panjang.

Agar Indonesia mampu memperkuat strategi ekonomi biru, dibutuhkan koordinasi antar sektor melalui platform kelautan khusus yang modern dan berkelanjutan. Sehingga, mampu menjembatani lintas sektor kelautan untuk menumbuhkan ekonomi biru dengan kebijakan dan teknologi selaras perkembangan zaman.

Teknologi Cloud yang mendukung Software Akuntansi Online Harmony, memudahkan tata kelola keuangan dan pembukuan usaha Anda kapan saja. Aplikasi Harmony menawarkan solusi akuntansi digital yang mudah dipakai dan dipahami, meski tanpa keahlian teknis IT atau akuntansi sekalipun.

Sudah saatnya perusahaan dan bisnis berperan aktif dalam mendukung blue economy. Agar lebih fokus mengembangkan inti perusahaan di bidang lingkungan, tanpa terjebak dalam tugas administratif yang berulang, pakai Software Akuntansi Online dari Harmony.

Software Akuntansi Online dari Harmony sudah terbukti membantu berbagai industri di Indonesia menyelesaikan tugas pembukuan secara akurat, cepat, dan real time. Terlebih lagi, didukung teknologi Cloud, Anda bisa mengakses Software Akuntansi Harmony kapan saja. Cek fitur dan info terupdate Harmony dengan follow InstagramLinkedIn, dan  Facebook di media sosial.

Berminat menguji kecanggihan Software Akuntansi Harmony? Silakan FREE Trial 30 hari, tanpa kontrak dan tanpa biaya apapun klik di sini. Selanjutnya, biaya berlangganan per bulan sangat terjangkau bagi Anda pelaku UMKM.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK