Harmony Blog

Apa yang Dimaksud Dengan Distribusi Pendapatan?

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

distribusi pendapatanPin

Distribusi pendapatan merupakan bagian dari pembangunan ekonomi. Dengan pemerataan distribusi pendapatan di suatu wilayah maka tingkat kesenjangan antara si kaya dan si miskin pun tidak akan tinggi. Hasilnya setiap orang mendapatkan fasilitas dan penghidupan yang layak dan setara. Sayangnya pemerataan ini bukanlah perkara mudah.

Pengertian Distribusi Pendapatan

Distribusi pendapatan memiliki pengertian penyebaran pendapatan pada suatu wilayah geografis. Distribusi ini juga bisa memiliki makna penyaluran pendapatan melalui penyelesaian pekerjaan dalam pengadaan barang, jasa dan bidang niaga. Adapun yang mengartikannya sebagai suatu proses pembagian pada faktor produksi yang mengikuti pendapatan.

Distribusi pendapatan dikatakan adil bila merata ke seluruh lapisan masyarakat yang benar-benar membutuhkan dan sesuai target.

Hal ini dapat dikatakan efektif bila merata sehingga tidak terjadi ketimpangan. Apabila si miskin tidak mendapatkan fasilitas yang sama dengan lainnya maka pemerintah bisa memberikan bantuan baik tunai, skill dan kesempatan kerja maupun program pemerintah lainnya.

Tujuan Distribusi Pendapatan

Tujuan dari ini bukan hanya persoalan memperkecil kesenjangan sosial saja. Konsep distribusi pendapatan nyatanya memiliki beberapa tujuan sebagai berikut :

1. Meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik. Masyarakat bisa membangun kesejahteraan umum.

2. Memberikan hak dan keadilan bagi setiap warga negara. Setiap orang dapat menikmati fasilitas yang sama dan setara.

3. Menghindarkan dari resiko kriminalitas khususnya perampokan, penipuan maupun pencucian uang. Setiap orang mampu memenuhi kebutuhannya sehingga tindak kejahatan bisa dihindari.

4. Menumbuhkan rasa solidaritas dan sosial yang tinggi antar  lapisan masyarakat. Sebagai contoh berupa penyaluran zakat kepada yang membutuhkan.

Faktor yang Mempengaruhi Distribusi Pendapatan

Dalam distribusi ini ada faktor-faktor tertentu yang mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

• Pemerataan pembangunan di setiap wilayah juga berdampak pada distribusi ini. Infrastruktur nyatanya menjadi bagian dari transportasi, teknologi industri dan sistem pendidikan suatu wilayah

• Pertumbuhan penduduk juga ikut berpengaruh karea semakin tinggi pertumbuhan penduduk yang tidak diselingi dengan kenaikan pendapatan nasional akan membuat pendapatan per kapita lebih kecil.

• Nilai tukar mata uang mempengaruhi distribusi ini khususnya atas penyelesaian pekerjaan. Industri kecil yang membantu perekonomian negara kesulitan dalam melakukan produksi karena pengadaan barang impor diikuti dengan nilai tukar mata uang asing yang tinggi pula.

• Investasi juga bagian dari pendapatan. Investasi yang terlalu banyak pada proyek padat modal akan menghambat pendistribusian pendapatan kepada pekerja. Pengangguranpun bertambah dan kesenjangan ekonomi juga ikut meningkat.

• Kebijakan pemerintah seperti sistem ekonomi pancasila mempengaruhi pendistribusian pendapatan. Misalnya saja kebijakan subsidi pajak untuk jenis usaha UMKM untuk meningkatkan kapasitas produksi. Peran lembaga keuangan juga penting dalam menyalurkan dana untuk kebutuhan konsumsi maupun bisnis.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Indikator Pendeteksi Ketimpangan Distribusi Pendapatan

Ada beberapa indikator yang bisa digunakan untuk mendeteksi adanya ketimpangan distribusi pendapatan. Indikator tersebut bisa Anda simak sebagai berikut :

1. Indikator Lorez

Indikator ini memperhitungkan antara pendapatan aktual dengan prosentase jumlah pendapatan. Indikator ini digambarkan dengan kurva yang mana jumlah penerima pendapatan adalah sumbu horizontal dan pendapatan aktualnya adalah sumbu vertikal.  Jika garis horizontalnya memiliki jarak kurva yang jauh maka semakin tidak rata distribusinya.

2. Indeks Rasio Gini

Nilai rasio gini hanya mulai dari 0 hingga 1. Rasio ini mampu menggambarkan dengan sempurna pemerataan pendistribusian pendapatan. Bila hasilnya semakin kecil maka ketimpangan yang terjadi juga lebih kecil. Apabila hasilnya lebih besar maka kesenjangan yang terjadi juga lebih tinggi.

GR = 1 – ∑fi [Yi + Yi-1]

fi = jumlah penerima pendapatan kelas ke i dalam prosentase

Yi = jumlah kumulatif dalam bentuk prosentase pendapatan pada kelas ke i.

Berikut besaran level ketimpangan distribusi pendapatan menurut rasio Gini :

a. G < 0,3 → bisa dikatakan distribusi pendapatan memiliki ketimpangan rendah

b. 0,3 ≤ G ≤ 0,5 → ketimpangan sedang jika hasil rasio gini menunjukkan diatas 0, 3 dan dibawah 0.5

c. G > 0,5 → termasuk dalam golongan ketimpangan pendistribusian pendapatan yang tinggi

3. Distribusi ukuran

Terakhir, ketimpangan bisa pula dideteksi dari distribusi ukuran pendapatan yang diterima tiap orang. Indikator ini memeriksa distribusi  pendapatan dengan menjumlahkan seluruh pendapatan tanpa memandang sumbernya.  Pendapatan tiap orang tersebut kemudian diklasifikasikan berdasarkan total penerimaannya.

Dari sinilah pemerataan distribusi akan terlihat apakah pendapatan yang diterima satu dengan lainnya memiliki selisih yang tinggi ?Jika iya maka pendistribusian pendapatan belum maksimal.

Peran pengelolaan akuntansi juga berpengaruh pada distribusi pendapatan. Akuntansi merupakan bahasa manajemen yang mampu mengelola penerimaan dan pengeluaran dana pada keuangan individu atau badan.

Gunakan Harmony Smart Accounting software pembukuan canggih untuk kepentingan pengelolaan keuangan individu maupun korporasi. Anda juga bisa mencobanya secara gratis 30 hari penuh dengan daftar disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony