Harmony Blog

Bisnis Waralaba: Kenali Jenis, Contoh dan Keuntungannya

Diposting Jun 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Bisnis WaralabaPin

Siapa yang tidak mengenal istilah bisnis waralaba? Secara umum Anda mengenalnya dengan kata franchise. Biasanya bisnis waralaba ini juga cukup menjanjikan karena Anda tidak perlu merintis bisnis dari awal lagi.

Bisnis waralaba adalah usaha franchise yang menggunakan nama merek dagang maupun logo perusahaan pihak lain untuk tujuan tertentu.Click to Tweet

Karena biasanya memiliki impian untuk memiliki bisnis ini terhalang dengan kendala, seperti dibutuhkannya modal, ide bisnis, sumber daya, dan studi kelayakan usaha. Sehingga bisnis waralaba inilah merupakan salah satu cara bagi semua orang yang ingin memiliki bisnis.

Selain itu dalam dunia bisnis waralaba adalah pihak yang menjadi terwaralaba franchise atau disebut sebagai pemilik modal, sedangkan franchisor atau pewaralaba merupakan pihak pemilik merek waralaba tersebut.

Apa Yang Dimaksud Bisnis Waralaba?

Berdasarkan pengertiannya bisnis waralaba adalah istilah dari bahasa inggris yaitu franchising yang mempunyai arti sebagai hak atau kebebasan untuk dapat menjual sebuah produk, layanan, dan jasa.

Sementara itu istilah lainnya bisnis waralaba adalah sebuah hubungan kerjasama dengan pemilik waralaba serta pembeli waralaba secara kontrak yang sudah disepakati.

Istilah bisnis waralabaPin

Sesuai dengan Peraturan Pemerintahan No. 42 Tahun 2007, bahwa waralaba ini merupakan hak khusus yang bisa dimiliki oleh seseorang, perorangan, hingga badan usaha.

Di mana sistem bisnis atau etika bisnis ini merupakan ciri khas untuk dapat memasarkan barang maupun jasa demi mencapai keuntungan.

Sedangkan dalam asosiasi franchise Indonesia bahwa pengertian waralaba ini merupakan sistem pendistribusian barang maupun jasa, kepada pelanggan atau pemilik waralaba yang sebelumnya sudah diberikan hak kepada individu maupun perusahaan.

Dengan demikian Indonesia kini sudah memiliki banyak pebisnis franchise atau waralaba yang dari skala kecil hingga besar.

Baca Juga: Mengetahui Perilaku Konsumen Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Apa Saja Jenis Bisnis Waralaba?

Supaya Anda tidak salah membedakan bisnis waralaba tersebut, berikut ini ada beberapa jenis waralaba yang bisa Anda ketahui:

  1. Bisnis Waralaba Berdasarkan Produknya

    Berikut ini ada beberapa jenis waralaba berdasarkan produknya adalah:

    • Waralaba ProdukPada produk waralaba yang sudah dijual dalam bentuk seperti produk waralaba makanan dan minuman. Misalnya, McDonald’s, KFC, Chatime, Boba, Kue, dll.
    • Waralaba LayananWaralaba pada jenis ini merupakan produk yang dijual sebagai layanan. Misalnya, biro perjalanan, studio foto, lembaga pendidikan, asuransi, dll.
    • Waralaba Bersama/GabunganPada jenis waralaba produk ini yang dijual sebagai joint franchise yang biasanya meliputi produk dan jasa gabungan.
  2. Waralaba Bisnis Berdasarkan Asalnya

    Berikut ini ada dua jenis waralaba berdasarkan asalnya adalah:

    • Bisnis Waralaba Domestik (Dalam Negeri)Usaha waralaba dalam negeri jenis ini paling cocok untuk memulai usaha, karena dari segi biaya waralaba dalam negeri tidak memerlukan modal yang banyak.Jenisnya mungkin berbeda-beda, namun kebanyakan berasal dari waralaba makanan dan minuman.
    • Bisnis Waralaba Internasional (Luar Negeri)Tentu saja, harga waralaba internasional ini sangat menguntungkan.Hal ini terjadi karena merek perusahaan sudah terkenal di seluruh dunia dan terorganisir dengan baik dalam hal kualitas, sistem dan kegiatan promosi.Jika Anda ingin bergabung, pastikan Anda memiliki dana yang cukup.

Ketahui Contoh Bisnis Waralaba

Dalam menambah pengetahuan Anda mengenai waralaba, maka berikut ini beberapa contoh bisnis waralaba yang sukses di sekitar Anda meliputi:

  • Waralaba Indomaret

    Siapa yang tidak kenal franchise pada Indomaret di sekitar lingkungan Anda? Tampaknya Indomaret ini sering muncul di sisi yang dekat dengan jalan utama.

    Pasar kecil seperti Indomaret dapat ditemukan di berbagai daerah, karena barang yang dijual adalah kebutuhan sehari-hari.

  • Waralaba Apotek K24

    Kebutuhan masyarakat akan obat-obatan pada saat itu tidak dapat diprediksi, bahkan terkadang pada malam hari Anda harus menemukan obat yang Anda cari.

    Maka dari sinilah muncul ide untuk menjaga apotek tetap buka 24 jam sehari, menurut dokter Gideon Hartono, pemilik Apotek K-24.

    K-24 berarti “24 jam selesai”, jadi jika orang mencari obat setiap saat akan selalu tersedia dan buka. Bagaimana Anda tertarik membuka usaha apotek K-24 di dekat rumah Anda?

  • Waralaba KFC

    Siapa yang tidak tahu KFC? Restoran cepat saji dengan ayam goreng yang renyah dan enak ini selalu membuat orang tertarik untuk membeli.

    Waralaba kfcPin

    Untuk waralaba makanan ini ternyata dari luar negeri, jadi tidak perlu khawatir dengan mereknya, karena semua orang sudah mengetahuinya.

  • Jco Donuts

    Banyak orang mengira Jco Donuts adalah toko franchise asing, tapi ternyata ini salah besar. Jco Donuts murni dari Indonesia dan diproduksi oleh pengusaha salon ternama Indonesia Johnny Andrean.

    Tidak hanya donat, contoh bisnis waralaba seperti Jco juga menjual donat, yogurt, burger, kopi dan minuman lainnya. Proses pendirian Jco ini tidak mudah, butuh waktu untuk melakukan riset pasar dan menyelidiki donat yang diinginkan masyarakat Indonesia.

    Baca Juga: Inilah Tujuan Dan Manfaat BEP (Break Even Point) Bagi Bisnis Anda

Tipe-Tipe Bisnis Waralaba

Agar tidak salah dalam pemilihan bisnis waralaba, adapun beberapa tipe bisnis waralaba yang harus Anda ketahui.

  1. Waralaba Nama Dagang (Trade Name Franchising)

    Tipe waralaba bisnis ini adalah salah satu metode waralaba yang dapat memperoleh hak dari pemberi waralaba, yang mana kegiatan ini untuk melakukan produksi langsung dan perlu dilakukan pengawasan pemberi waralaba.

  2. Waralaba Distribusi Produk (Product Distribution Franchising)

    Waralaba distribusi produk adalah metode waralaba yang hanya memiliki hak untuk mendistribusikan produk di wilayah tertentu. Kalaupun produknya sama, mungkin ada perusahaan distribusi yang berbeda di setiap daerah.

  3. Waralaba Murni (Pure Franchising)

    Sekarang tipe waralaba yang terakhir adalah waralaba murni, yaitu jenis waralaba yang dimulai dari proses produksi, penjualan, pengelolaan, dan distribusi, serta memperoleh semua hak dari pemberi waralaba.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Pahami Keuntungan dan Kerugian Pada Bisnis Waralaba

Dari setiap bisnis waralaba ini tentu akan memiliki keuntungan dan kerugiannya, oleh karena itu berikut penjelasannya.

  1. Keuntungan Waralaba

    • Proses pembukaan toko lebih cepat
    • Sistem yang dibuat telah berhasil, jalankan saja
    • Merek komersial terkenal
    • Manajemen bisnis yang sempurna
    • Pengelolaan keuangan yang lebih mudah
    • Kerjasama bisnis yang kuat dengan mitra bisnis
    • Dukungan pemilik waralaba yang kuat
    • Risiko kegagalan rendah
  2. Kerugian Waralaba

    • Kewajiban membayar biaya waralaba (franchise fee)
    • Kewajiban membayar royalti (diskon keuntungan)
    • Harus mematuhi aturan yang ditetapkan oleh franchisor
    • Pembeli waralaba kurang memiliki kendali atas bisnis
    • Pembeli waralaba terhubung dengan pemasok pemilik waralaba

Seperti itulah pembahasan mengenai bisnis waralaba, serta contoh dan jenis waralaba yang bisa Anda ketahui melalui sekitar lingkungan Anda.

Sebagai pebisnis yang ingin melakukan bisnis waralaba tentunya akan mengeluarkan biaya waralaba bukan?

Oleh karena itu adanya biaya waralaba ini tentunya juga mempengaruhi jurnal serta laporan keuangan lainnya.

Namun dengan pembukuan atau penjurnalan yang secara manual melalui excel ataupun dengan pembukuan lainnya, dapat menimbulkan resiko salah pencatatan serta selisih perhitungan.

Sehingga data keuangan yang Anda ingin lihat juga tidak selalu terupdate ataupun secara real time. Nah, sekarang Anda bisa memanfaatkan teknologi akuntansi Harmony.

Apa sih itu Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Harmony juga mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time.

Agar lebih optimal cobalah gunakan Harmony software secara Gratis selama 30 Hari di sini.

Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony