Bagaimana Cara Otomatisasi Rekonsiliasi Bank Dengan Teknologi?
Harmony Blog
Accounting
Bagaimana Cara Otomatisasi Rekonsiliasi Bank Dengan Teknologi?
October 31, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Rekonsiliasi bank merupakan proses penyesuaian antara catatan kas antara bank dan perusahaan. Cara rekonsiliasi bank biasanya membutuhkan rekening koran dalam periode tertentu untuk penyesuaian. Cara rekonsiliasi bank ini bisa menggunakan aplikasi akuntansi maupun secara manual.

Cara rekonsiliasi bank manual perlu melakukan rekening koran dari bank, melakukan penelusuran transaksi penyebab selisih saldo kas.

Cara rekonsiliasi bank secara manual memerlukan waktu dan tenaga lebih banyak. Penyebab rekonsiliasi bank sendiri adalah adanya selisih yang terjadi antara saldo kas bank dan saldo kas yang dicatat perusahaan. Penyebab selisih kas ini terjadi karena beberapa hal salah satunya karena adanya outstanding check.

Fungsi Rekonsiliasi Bank

Untuk dapat menyajikan laporan keuangan yang benar dan akurat tentu perlu melakukan rekonsiliasi bank.  Fungsi dari rekonsiliasi bank sendiri diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengetahui jumlah saldo kas sebenarnya dan mengetahui jumlah selisih saldo kas pada laporan bank dan pembukuan perusahaan.

2. Mengetahui penyebab apa saja yang membuat selisih saldo kas pada bank dan pembukuan perusahaan berbeda.

3. Memeriksa kesalahan pencatatan yang dilakukan oleh pegawai perusahaan serta memeriksa selisih kurs apabila transaksinya menggunakan valuta asing.

4. Kontrol atas penggunaan kas bank seperti pemakaian bilyet giro apakah sudah melewati batas yang ditentukan atau tidak.

5. Sebagai salah satu cara untuk mendeteksi adanya kecurangan akuntansi secara dini.

6. Mengkonfirmasi informasi dari pelanggan terkait pembayaran atas produk yang dipesannya. Tentunya rekonsiliasi bank memiliki pengaruh pula pada laporan laba rugi karena mencatat penjualan maupun pembelian.

Poin-Poin yang Diperhatikan Dalam Rekonsiliasi Bank

Memahami rekonsiliasi bank merupakan salah satu cara memahami konsep dasar laporan keuangan. Mengetahui cara rekonsiliasi bank membantu dalam pembuatan cash flow atau laporan arus kas dalam laporan keuangan baik disusun secara manual maupun melalui aplikasi. Cara rekonsiliasi bank pada dasarnya mudah dikerjakan bila mengetahui poin-poin dibawah ini :

Mengetahui Faktor Selisih Kas

Pada dasarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan saldo kas bank dan pembukuan perusahaan. Faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Adanya biaya administrasi yang dibebankan maupun pendapatan bunga bank.

2. Outstanding check atau adanya cek yang masih beredar yang mana belum dicairkan ke bank.

3. Terdapat setoran dalam perjalanan atau deposit on transit. Hal ini sering terjadi bila sudah memasuki akhir bulan.

4. Adanya cek kosong sehingga bank tidak bisa mencairkan uang karena dana untuk mencairkan kurang.

5. Terdapat piutang wesel yakni penerimaan kas melalui transfer bank yang belum dicatat oleh perusahaan.

Memahami Kapan Sebaiknya Melakukan Rekonsiliasi Bank

Mengetahui cara rekonsiliasi bank menjadi poin penting. Hal ini karena rekonsiliasi bank dilakukan setiap akhir bulan. Proses rekonsiliasi bank dilakukan setelah perusahaan mendapatkan laporan bank. Pengecekan transaksi bank juga bisa diakses melalui website perbankan tersebut.

custom-form-newsletter

Menggunakan Bukti Transaksi yang Tepat

Dalam melakukan rekonsiliasi bank tidak bisa sembarangan mencatat transaksi. Anda membutuhkan bukti transaksi yang tepat misalnya saja rekening koran.  Kegunaan rekening koran ini adalah menunjukan transaksi keuangan dalam akun bank perusahaan Anda. rekening koran biasa tersedia dalam 3 bulan atau 6 bulan  terakhir.

Biarpun begitu Anda juga bisa mendapatkannya setiap bulan. Selain itu ada baiknya setiap pembayaran dengan menggunakan transaksi bank menyertakan bukti transfer untuk membantu penyesuaian pembukuan antara bank dan perusahaan.

Inilah yang Bisa Dilakukan Harmony Untuk Rekonsiliasi Bank Anda

Jika menggunakan Harmony Accounting Software cara rekonsiliasi bank akan lebih mudah dan cepat. Anda bisa menghemat waktu dan tenaga untuk mengerjakan hal lainnya. Hal ini karena dalam Harmony cara rekonsiliasi bank didukung dengan fitur automatch yang memiliki kelebihan sebagai berikut :

• Transaksi bank dan kas akan secara otomatis dicocokan sehingga Anda tak perlu melakukan pelacakan transaksi untuk kebutuhan rekonsiliasi bank. Hal ini sangat menguntungkan untuk mengontrol outstanding check.

• Cara rekonsiliasi bank ala Harmony ini didukung oleh semua bank lokal sehingga memudahkan Anda dalam pencatatan transaksi yang berkaitan dengan perbankan

• Cara rekonsiliasi bank dengan Harmony juga bisa melalui pelacakan transaksi secara otomatis. Tak perlu khawatir bila Anda memiliki transaksi dengan mata uang asing karena Harmony dapat menggunakan mata uang berganda.

Software akuntansi Harmony juga bisa Anda gunakan Gratis selama 30 hari penuh dengan mendaftarkan akun  disini.

Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service. Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Jangan lupa untuk ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/