Bagaimana Cara Meningkatkan Omset Bisnis Tambak Dengan Cepat?
Harmony Blog
Marketing
Bagaimana Cara Meningkatkan Omset Bisnis Tambak Dengan Cepat?
September 3, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis dan Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Usaha tambak sekarang cukup banyak digeluti oleh pelaku bisnis. Mulai dari tambak udang, tambak ikan lele dan lain sebagainya. Pebisnis tambak harus belajar banyak tentang usaha ini seperti menjalankan operasional tambak, cara menghitung omset, memikirkan ide kreatif untuk meningkatkan penjualan dan cara meningkatkan penjualan sales. Tujuan semua itu adalah untuk meningkatkan omset bisnis tambak.

Meningkatkan omset bisnis tambak bukanlah perkara yang sederhana karena selain pemasaran yang berhasil, maka harus memiliki manajemen usaha yang baik. Pebisnis tambak  bisa menerapkan sistem balance scorecard untuk manajemen usahanya agar lebih baik.

Kalau Anda tau caranya maka meningkatkan omset bisnis tambak bisa dilakukan dengan cepat.

Banyak hal yang harus dipelajari secara detail tentang operasional bisnis tambak dan strategi pemasarannya yang efektif. Tapi kalau Anda tau caranya maka meningkatkan omset bisnis tambak bisa dilakukan dengan cepat.

Apakah Anda tertarik untuk menggeluti bisnis tambak? Mari tonton video kisah pembudidaya ikan lele asal Cirebon yaitu Pak Suganda dibawah ini agar bisa menjadi inspirasi Anda sebagai contoh usaha perikanan yang sukses.

Yuk..pelajari beberapa tips cara meningkatkan omset bisnis tambak dengan cepat berikut ini.

Tepat Memilih Benih Unggul

Hal pertama dan sangat penting yang harus dilakukan dalam upaya meningkatkan omset bisnis tambak adalah memilih benih unggul yang tepat. Karena produk tambak yang baik (udang atau ikan) dihasilkan dari benih yang unggul. Produk berkualitas tinggi yang akan dipilih konsumen untuk dikonsumsi.

Salah memilih benih maka akan membuang uang dan membuang uang akan membuat cashflow usaha Anda terganggu. Oh ya, sebaiknya gunakan aplikasi untuk membuat laporan keuangan bisnis tambak Anda dan jika Anda seorang yang sibuk gunakan juga jasa perusahaan lain untuk membuat laporan keuangan tersebut.

Untuk lebih detail tentang aplikasi dan jasa pembuatan laporan keuangan silahkan lihat disini.

Konsisten dalam Branding

Selain tepat memilih bibit unggul maka pebisnis tambak juga harus konsisten dalam branding. Sebelum memulai pemasaran termasuk branding lakukan strategi segmentation, targeting dan positioning (STP). Setelah tau STP tersebut maka lakukan branding secara tepat baik kata-katanya maupun media promosinya.

Dengan melakukan branding yang konsisten ditempat yang tepat maka hasil akan datang. Lakukan ini untuk meningkatkan omset bisnis tambak Anda. Jangan branding dengan cara dan tempat yang salah karena akan menghabiskan uang tanpa hasil maksimal. Sebagai UKM, maka bisnis tambak harus mempunyai strategi dalam menghadapi new normal akibat pandemi Covid-19 saat ini, termasuk pengelolahan keuangannya.

Baca juga : Strategi UKM Dalam Menghadapi Era New Normal

custom-form-newsletter


Berikan Pengalaman Menarik untuk Konsumen

Berikan pengalaman menarik untuk konsumen pada usaha tambak Anda. Sesuatu yang mempunyai nilai tambah pasti akan disukai oleh konsumen sehingga berkesan untuk mereka dan akan meningkatkan omset bisnis tambak Anda.

Pengalaman menarik itu misalnya membuat tour tambak untuk calon konsumen potensial sambil menjelaskan proses pembiakan ternak tambak Anda. Contoh lainnya adalah membuat kolam khusus dimana konsumen loyal bisa memancing atau memasak hasil tambak ditempat. Karena pada dasarnya semua orang suka dengan makanan enak maka ini bisa menjadi strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis tambak Anda.

Gunakan Search Engine Optimization (SEO) dan Google Ads

Optimalkan strategi SEO dibisnis tambak Anda karena saat ini sebagian besar konsumen mencari refrensi di internet. Buatlah artikel dengan keyword yang tepat yang berhubungan dengan bisnis tambak Anda. Konsisten membuat artikel, misal 1 artikel 1 hari akan mendatangkan traffic lebih banyak untuk orang mengetahui tentang bisnis tambak Anda.

Sesekali juga bisa beriklan dengan keyword yang tepat di Google Ads. Ini bisa meningkatkan omset bisnis tambak Anda karena orang yang mencari dengan keyword biasanya adalah calon konsumen potensial atau hot prospek. Strategi pemasaran ini banyak dilakukan juga oleh usaha lain seperti toko online, kerajinan, travel, properti, supplemen kesehatan dan lain sebagainya.

Menerapkan Social Media Marketing

Social media marketing juga merupakan sesuatu yang sangat efektif untuk meningkatkan omset bisnis tambak. Buatlah akun media sosial usaha tambak Anda diplatform ternama seperti Facebook, Instagram, Twiiter dan Youtube. Setelah itu harus konsisten membuat content yang menarik tentang seputar tambak.

Karena saat ini adalah era teknologi dan internet, tujuan social media marketing adalah agar orang yang mencari lewat internet dan media sosial bisa menemukan bisnis tambak Anda. Mereka bisa melihat tentang bisnis tambak Anda dari content-content yang Anda buat di sosial media.

Selain pemasaran, gunakan juga teknologi untuk pembukuan usaha Anda. Dengan menggunakan teknologi maka keuangan usaha akan terkelolah dengan cepat dan usaha perikanan Anda bisa berkembang. Gunakan software akuntasi online agar keuangan usaha Anda bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun.

Harmony adalah software akuntansi online yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat membuat laporan keuangan dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang  akuntan sekalipun.

Kenalan juga dengan Harmony dengan mengikuti media sosialnya untuk ikuti updatenya melalui sosial media Facebook, Instagram, dan Linkedin Harmony.

Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam mengelolah keuangan bisnis Anda. Jadi tunggu apalagi..yuk coba Harmony GRATIS 30 hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/