Bagaimana Cara Memulai Bisnis Makeup Artist dan Tips Suksesnya?
Harmony Blog
Business
Bagaimana Cara Memulai Bisnis Makeup Artist dan Tips Suksesnya?
October 1, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Tampil cantik adalah impian setiap wanita. Salah satu cara praktis untuk bisa tampil menarik dimata orang lain adalah dengan menggunakan jasa makeup artist (MUA) atau yang lebih familiar disebut dengan perias.

Dalam merias wajah memang menjadi sebuah kebutuhan bagi seorang perempuan. Mereka dapat tampil lebih percaya diri dengan rias dan make up yang sempurna. Tak heran jika makeup artist menjadi salah satu peluang bisnis yang memiliki potensi tinggi saat ini.

Bisnis makeup artist merupakan salah satu usaha bidang jasa menjanjikan bagi pelakunya, baik sebagai pekerjaan utama ataupun sampingan. Profesi yang mengandalkan keahlian merias wajah ini semakin populer seiring dengan perkembangan teknologi rias dan tren makeup artist yang beredar luas di berbagai platform media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Sebagai bisnis makeup artis akhir akhir ini memang banyak diminati oleh kalangan muda untuk meraih target keuntungan jasa bisnis mereka. Tentu Anda juga perlu menghitung berapa besar keuntungan yang dimiliki sebagai makeup artist profesional. Anda dapat menghitungnya dengan teknik bep dahulu, dimana menentukan titik impas pendapatan dan biaya dalam jasa ini.

 Dalam memulai bisnis makeup artist memang tidaklah mudah. Semua harus melalui proses panjang. Namun, hasil kerja keras Anda akan terbayar apabila Anda memegang komitmen dan mencintai pekerjaan Anda.

Jasa MUA makin dianggap penting dalam berbagai acara seperti wisuda, pre-wedding, pemotretan komersial, fashion show, sampai arisan dan pertemuan bisnis penting. Jasa MUA juga terbilang sangat menjanjikan karena pendapatan yang terbilang cukup tinggi, apalagi jika sudah terbilang menjadi profesional MUA.

Baca Juga : Bisnis Model Canvas: Pahami Konsep Praktis dan Manfaatnya

Cara Memulai Bisnis Makeup Artist dan Tips Suksesnya

Berikut cara dalam memulai bisnis makeup artist dan tips sukses yang ingin di dapat yaitu :

1. Tingkatkan Kemampuan Merias Anda

Umumnya, setiap wanita sudah pandai makeup untuk kebutuhannya sendiri. Namun apabila Anda ingin menjadi seorang MUA, tentunya Anda juga akan dituntut untuk mahir dalam mengaplikasikan makeup langsung pada wajah orang lain sebagai klien bisnis jasa Anda.

Apabila Anda ingin mendalami profesi ini, maka Anda perlu meningkatkan kemampuan merias wajah dengan mengikuti pendidikan formal seperti kursus atau workshop makeup artist. Untuk bisa mengikuti kelas ini, biasanya Anda akan dikenakan sejumlah biaya.

Namun bagi Anda yang masih dalam tahap pemula dan ingin mengetahui pengetahuan dasar tentang merias wajah, Anda bisa langsung mempelajarinya melalui platform online. Ada banyak media yang bisa digunakan untuk belajar merias wajah seperti Blog, Youtube, Pinterest, dan Instagram.

2. Siapkan Peralatan Makeup Yang Lengkap

Apabila menjadi seorang makeup artist Anda tidak hanya harus mengenal mengenai berbagai jenis makeup yang ingin di pakai seperti, foundation, bedak, eye shadow, mascara, lipstik, dan lainnya.

Namun Anda juga harus juga belajar memahami jenis makeup dan kegunaan dari masing-masing alat makeup serta waktu yang tepat untuk mengaplikasikan kepada wajah klien Anda. Setelah itu, barulah Anda mulai mengumpulkan secara perlahan dan pilihan kosmetik yang sesuai dan diperlukan oleh klien Anda

Sembari meningkatkan kemampuan merias Anda, maka secara tidak langsung peralatan make up semakin lengkap dan pilihlah perlengkapan make up yang berkualitas baik untuk menunjang bisnis Anda kedepannya.

3. Mengetahui Trend Makeup Terkini

Memutuskan untuk menjadikan makeup artis Anda juga harus update mengenai trend dalam gaya makeup yang sedang banyak diminati oleh banyak orang. Anda harus rajin dalam mencari tahu tentang perkembangan trend makeup terbaru untuk saat ini. 

Anda dapat dengan mudah mencari tahu tentang apa yang sedang tren lewat berbagai media baik itu koran, majalah atau media sosial. Namun tidak hanya trend makeup di Indonesia saja melainkan juga di luar negeri. Meski demikian, Anda perlu mempertimbangkan apakah trend tersebut cocok untuk klien Anda.

4. Temukan Ciri Khas Make Up Anda

Sebagai makeup artist, Anda perlu belajar untuk memiliki ciri khas makeup yang tidak dimiliki oleh makeup artist lainnya. Hal ini bertujuan sebagai strategi positioning yang tepat di benak konsumen.

Seperti contoh makeup yang Anda terapkan menghasilkan dewy makeup look yang tahan lama. Tidak mudah dalam melakukan hal ini, Anda harus sering mengupgrade skill makeup dan perkembangan tren saat ini.

custom-form-newsletter

5. Pahami Keinginan Klien

Mempunyai ciri khas tidaklah cukup untuk dapat bertahan di dunia makeup artist. Tentunya Anda juga harus bisa menguasai berbagai macam teknik makeup yang ada agar Anda dapat memenuhi keinginan klien. Anda perlu pahami bahwa Anda sebagai makeup artist bekerja untuk klien. Anda perlu mengalahkan ego pribadi Anda dan lebih memperhatikan perilaku konsumen terhadap jasa Anda.

Itu artinya Anda harus bisa memahami apa yang diharapkan oleh klien dan mampu mewujudkan keinginan pelanggan Anda. Dengan begitu maka klien pun akan merasa puas dengan layanan yang Anda berikan sehingga dapat berpotensi untuk menjadi langganan tetap di kemudian hari.

6. Gunakan Social Media Untuk Promosi

Seiring dengan kemajuan teknologi dan semakin pesat perkembangannya tentu saja ini mengancam keberlangsungan bisnis yang dilakukan secara offline. Namun dengan seiringnya perkembangan teknologi tersebut sudah banyak para bisnis offline beralih pada bisnis online yang sudah banyak diminati oleh para pebisnis lainnya.

Pada zaman serba digital, Anda juga harus memiliki sosial media sebagai alat sarana untuk promosi. Jangan lupa mengabadikan foto hasil makeup yang telah Anda hasilkan kepada wajah klien Anda, dan jadikan hasil foto tersebut menjadi portfolio untuk meyakinkan calon pelanggan.

Namun pastikan bahwa hasil tata rias yang diunggah nantinya adalah yang terbaik. Anda bisa mengunggah hasil portofolio di sosial media yang Anda miliki agar setiap orang yang melihatnya mengetahui hasil keterampilan dan jasa yang Anda miliki.

Dengan memanfaatkan akun media sosial, maka akan menarik para calon klien untuk mencoba jasa Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan klien atau job yang diharapkan.

7. Bekerja Sama Dengan Wedding Organizer

Selain dalam mengandalkan portofolio di akun media sosial, Anda dapat menambah relasi baru dengan mencoba untuk menawarkan jasa makeup pada wedding organizer. Selain menambah jam terbang, Anda juga dapat memperluas relasi bisnis makeup Anda. Maka dengan begitu Anda tidak perlu ribet lagi untuk mencari klien. Dengan menggunakan cara ini Anda cukup menunggu kabar dari wedding organizer tersebut.

Demikianlah cara memulai bisnis makeup artist khususnya bagi Anda yang masih pemula. Memang tidak mudah menjadi MUA terkenal yang memiliki keuntungan yang lebih, semua harus melalui proses panjang. Anda juga harus membangun relasi seluas mungkin, supaya semakin banyak yang mengenal Anda dan bahkan merekomendasikan Anda kepada orang lain.

Pengelolaan keuangan dalam profesi ini tidak kalah penting. Anda juga harus dapat memisahkan dana untuk keuntungan dan modal selanjutnya yang harus digunakan untuk membeli peralatan makeup  dan produk makeup secara terus menerus. Sebab Anda tidak cukup membeli peralatan tersebut satu kali saja.

Anda harus membeli yang baru dengan memutar uang penghasilan dari jasa MUA. Jika tidak memiliki laporan keuangan yang jelas, Anda akan kebingungan memperhitungkan berapa keuntungan yang sebenarnya Anda dapatkan dan berapa yang harus digunakan untuk membeli alat.

Tentunya dengan berkembangnya usaha yang Anda miliki, pastinya keuangan yang Anda miliki pun semakin sulit untuk Anda hitung, baik itu keuangan yang bersangkutan mengenai pengeluaran, ataupun pemasukan.

Anda tidak perlu khawatir lagi untuk memikirkan hal tersebut, kini sudah ada software akuntansi online Harmony yang dapat membantu usaha Anda untuk menganalisis keuangan yang baik bagi usaha Anda. Harmony menyediakan berbagai fitur yang mudah digunakan walau Anda tidak memiliki background sebagai seorang akuntan sekalipun.

Dengan menggunakan Harmony penghitungan dan pelaporan keuangan perusahaan akan mudah Anda dapatkan. Daftar Harmony sekarang juga, dapatkan GRATIS 30 Hari dengan klik banner coba gratis dibawah ini, atau klik disini.

Jika Anda adalah pebisnis yang sibuk maka bisa menggunakan Harmony Accounting Service untuk pembuatan laporan keuangan dan analisanya. Ikuti update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/